PENERAPAN PEMBELAJARAN BILINGUAL DI TINGKAT TK
Fenomena penerapan pembelajaran bilingual pada anak usia dini sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari sebagai antisipasi dari persaingan global. Anak yang diberikan pembelajaran bilingual sejak dini akan mampu bersaing dengan dunia luar dikarenakan bisa mempelajari kebudayaan luar yang notabene menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bilingual pada anak usia dini di TK Al Azhar, Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek dilakukan sesuai dengan kebutuhan peneliti. Subjek penelitian ini adalah, Kepala Pengelola TK Al Azhar, guru kelas, perilaku peserta didik, dan orang tua. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi,wawancara, serta dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakanmodel Miles dan Huberman selama berada di lapangan. Aktivitas dalam analisis data meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap anak mampu mengembangkan bahasa secara alami. Namun, pengembangan bahasa juga dipengaruhi oleh orang tua, lingkungan dan dunia pendidikan, terutama dalam pembelajaran dua bahasa (bilingual).Pembelajaran bilingual pada anak usia dini tidak boleh dengan paksaan dan harus dilakukan dengan kegiatan yang menyenangkan seperti, bernyanyi, bermain, danpembiasaan.
Keywords : Pembelajaran, Bilingual, Anak Usia Dini.
- Artini, Luh Putu, dan Putu Kerti Nitiasih. 2014. Bilingualisme dan Pendidikan Bilingual,
- Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Bogor: Ghali Indonesia.
- Linda M. Espinosa. 2012. Pembelajar Muda Bahasa Inggris. George S. Morrison.
- Morrison, George S.. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, terj., Jakarta: PT. Indeks. Mu‟adalah. 2013. Peran Lingkungan terhadap Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia
- Dini, Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol 1, Januari-Juni.
- Grosjean. 2013. Perilaku Sosial pada Anak Usia Dini yang Mendapat Pembelajaran Bilingual, Jurnal Character, Volume 1 No 03
- Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.