TANTANGAN GURU DALAM MENGIMPLEMTASIKAN STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH
This paper aims to explore the planning, implementation evaluation of education management standards, and alternative solutions to problems it faces. The principal must be able to supervise and direct teachers to always maximized the management of education. This study uses descriptive qualitative research methods by using questionnaires and instruments as tools to obtain information in the form of data or document information. The results of this study indicate that the understanding of Islamic education and non-Islamic education teachers regarding the standard of management of education in one of the SMP Negeri in Bandung, the average result range is not too significant, namely 2.3. Indicators that become problems of Islamic Education teachers are regarding curriculum management standards and learning activities, while non-Islamic Education teachers are regarding the implementation of annual activities. An alternative solution to improve curriculum management standards and learning activities is by conducting training or guidance on understanding curriculum management standards and learning activities. As for increasing the standard for implementing annual activities, namely by being active in the school structure as the curriculum, students, or staff in the school structure.
Abstrak
Makalah ini bertujuan untuk mengeksplorasi perencanaan, evaluasi pelaksanaan standar manajemen pendidikan, dan alternatif pemecahan masalah yang dihadapinya. Kepala sekolah harus mampu mengawasi dan mengarahkan guru agar selalu maksimal dalam penyelenggaraan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan kuesioner dan instrumen sebagai alat untuk memperoleh informasi berupa data atau informasi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman guru Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Non Agama Islam tentang Standar Manajemen Pendidikan di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung rata-rata rentang hasil tidak terlalu signifikan yaitu 2,3. Indikator yang menjadi permasalahan guru Pendidikan Agama Islam adalah mengenai standar manajemen kurikulum dan kegiatan pembelajaran, sedangkan guru nonpendidikan Islam terkait dengan pelaksanaan kegiatan tahunan. Solusi alternatif untuk meningkatkan standar pengelolaan kurikulum dan kegiatan pembelajaran adalah dengan mengadakan pelatihan atau bimbingan tentang pemahaman standar pengelolaan kurikulum dan kegiatan pembelajaran. Adapun untuk meningkatkan standar penyelenggaraan kegiatan tahunan yaitu dengan aktif dalam struktur sekolah sebagai kurikulum, siswa, atau staf dalam struktur sekolah.
Kata kunci: pengelolaan; pendidikan; guru.
Keywords : Keyword: education; management; teacher.
- Anwar, Aep Saepul. “Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan MTs Negeri 1 Serang.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2020): 147–73.
- Anwar, Herson. “Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Perspektif Pengelolaaan Madrasah Aliyah Swasta.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 2 (2017): 15–27.
- Basri, Hasan. “Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Studi Pada Ppmg Dinas Pendidikan Aceh).” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 9, no. 1 (2019): 108–34.
- Fanani, Ahmad Aziz, Imam Mashuri, and Dina Istiningrum. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Membentuk Budaya Religius Di SMA Negeri 1 Genteng Tahun Pelajaran 2017/2018.” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 2, no. 01 (2019): 1–15.
- Haq, Muhammad Faishal. “Analisis Standar Pengelolaan Pendidikan Dasar Dan Menengah” 1, no. 1 (2017): 26–41.
- Hidayah, Naa’imatul. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Surya Buana Kota Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2019.
- Jannah, Miftakhul. “Partisipasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar Anak.” Universitas Negeri Semarang, 2020.
- Maqfirah. “Efektivitas Pengelolaan Administrasi Akademik Fakultas Syariah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh.” Jurnal Mudarrisuna 3, no. 2 (2013): 328–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v3i2.274.
- Mutia. “Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung.” UIN Raden Intan Lampung, 2019. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
- Nasution, Mulyadi Hermanto. “Manajemen Mutu Terpadu (MMT) Dalam Pendidikan Islam.” Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 4, no. 2 (2019): 228–48.
- Prambudi, Rizky. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Edukator Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung.” UIN Raden Intan Lampung, 2019.
- Rahayu, Mugi. “Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 8, no. 1 (2015): 62–79. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4929.
- Rohman, Arief Nur. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kasokandel Kecamatan Kasokandel Kabupaten Majalengka.” Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, 2019.
- Sujanto, Alex. “Strategi Peningkatan Mutu Manajemen Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Melalui Akreditasi.” INFOKAM 15, no. 2 (2019).
- Suprijanto, Edi, and Suharsimi Arikunto. “Efektivitas Pengelolaan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (Kkg) Di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 9, no. 2 (2017): 141. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12914.
- Susanti, Novi. “Kebijakan School Based Management (Sbm) Dalam Pengelolaan Pendidikan Islam.” Al-Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2019): 58–83.
- Tuasikal, Askam. “Fenomenologis Perencanaan Dan Penganggaran Pemerintah Daerah.” Jurnal Akuntansi Universitas Jember 11, no. 2 (2013).
- Wardani, Krisma Widi, Lobby Loekmono, and Supramono Supramono. “Keterlaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sma Terakreditasi.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 4, no. 1 (2017): 12. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p12-27.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.