SEJARAH MADRASAH DI INDONESIA (PENDEKATAN SEJARAH DAN PERKEMBANGANNYA)
Abstrak
Perkembangan madrasah di Indonesia sudah sangat pesat. Hal ini tidak terlepas dari perjalan sejarah madrasah yang cukup dinamis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah perkembangan madrasah di Indonesia. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan analisis yang bersifat deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berkembangnya madrasah di Indonesia memiliki kaitan dengan sejarah madrasah itu sendiri. Terjadinya peralihan dari pola konfensional ke moderen telah dimulai dari gerakan-gerakan yang muncul dari sudut internal maupun sudut eksternal. Dalam mengahadapi masa pandemi madrasah tetap menjaga protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah.
Kata Kunci: sejarah; madrasah; indonesia.
Abstract
The development of madrasas in Indonesia has been very rapid. This is inseparable from the dynamic history of the madrasa. This study aims to determine the history of the development of madrasas in Indonesia. This research method is qualitative using descriptive analysis. The results show that the development of madrasas in Indonesia is related to madrasas' history. The transition from conventional to modern patterns has started with movements that appear from an internal as well as an external angle. In facing the pandemic, madrassas maintain the health protocols implemented by the government.
Keywords: history; madrasa; Indonesia.
Keywords : history; madrasah; indonesia.
- Al-mishri, D. A. N. I. B. N. N., Suryana, D., Agama, F., Fai, I., & Ibnu, U. (n.d.). Asosiasi Dosen DPK UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 0554.
- Alawiyah, F. (2014). Islamic School Education in Indonesia. Jurnal Aspirasi, 5(1), 51–58. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/449
- Hakiki, M. (2015). Konsep pendidikan islam modern menurut pemikiran Dr. Mohammad Natsir.
- Holifatulbarkah, & Zakiyah, Q. Y. (2013). Manajemen Tenaga Pendidik Di Madrasah. ISEMA Islamic Educational Management, 2(2), 17–15.
- Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
- Lubis, M., & Yusri, D. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–18.
- Mulyanto, Didin Saefuddin, Adian Husaini, T. A. B. (2019). Modernisasi Madrasah Awal Abad XIX … Modernisasi Madrasah Awal Abad XIX …. 08(02), 369–396.
- Romly, M. (2012). Sejarah Madrasah Dan Perkembangannya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 1–15. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/12
- Salahuddin, M. (2013). Reposisi Dan Eksistensi Madrasah Salafiyah Di Era Global. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 11(2), 215. https://doi.org/10.21154/cendekia.v11i2.201
- Satria, R. (2019). Dari Surau ke Madrasah : Modernisasi Pendidikan Islam Di Minangkabau 1900-1930 M. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 277. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i2.2860
- Solihin, I. (2018). Madrasah Dan Pertumbuhan Keilmuan Dunia Islam: Sebuah Kajian Sosio-Historis. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 97. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1080
- Yudhistira, R., Rifaldi, A. M. R., & Satriya, A. A. J. (2020). Pentingnya Perkembangan Pendidikan Di Era Modern. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, Juni, 1–6.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.