PENGARUH PENGUASAAN IT GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI

Novia Ayya Shofia -  Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia
Eva Luthfi Fakhru Ahsani* -  Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia
Abstract

The purpose of this study is to find out the reader regarding the importance of the influence of teacher's IT mastery on the quality of learning during this pandemic, because of covid-19 causing all learning to be done online, with this if the teacher does not have expertise in the IT field, learning becomes constrained. For this reason, the author raises this title with the aim that the skills of teachers in making and delivering teaching materials using technology-based learning media can be improved and learning is not constrained even though it is only through virtual. This type of research uses descriptive qualitative research. The results of the study are used to show that technology has an important role in the implementation of learning during a pandemic like this, therefore it is important for educators to be able to master technology. Because technology plays a role as a medium in interacting between educators and students in the implementation of online learning so that the learning process is not hampered due to technology that makes it easier for students to still study even though it is not carried out face-to-face. In the implementation of online learning, there are challenges for educators who must be prepared in various ways so that the knowledge provided can be understood and accepted by students even though it is virtual. Other obstacles to online learning include signal constraints, declining attitude values, low knowledge, and readiness of technological facilities and infrastructure.

 

Keywords: influence; IT teacher; quality of learning; pandemic

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui pembaca terkait pentingnya pengaruh penguasaan IT guru terhadap kualitas pembelajaran pada masa pandemi ini, karena dari covid-19 mengakibatkan seluruh pembelajaran dilakukan secara daring, dengan ini jika guru tidak memiliki keahlian dalam bidang IT membuat pembelajaran jadi terkendala. Untuk itu penulis mengangkat judul ini dengan tujuan agar keterampilan guru dalam membuat maupun menyampaikan materi ajar menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dapat meningkat serta pembelajaran tidak terkendala walaupun hanya melalui virtual. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian digunakan untuk menunjukkan teknologi mempunyai peran yang penting terhadap pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi seperti ini maka dari itu pentingnya bagi pendidik untuk bisa menguasai teknologi. Karena teknologi berperan sebagai media dalam melakukan interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring sehingga proses pembelajaran tidak terhambat dikarenakan adanya teknologi yang memudahkan para pelajar masih bisa menuntut ilmu meskipun tidak dilaksanakan secara tatap muka. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini terdapat tantangan tersendiri bagi para pendidik yang harus siap berbagai cara agar ilmu yang diberikan dapat dipahami dan diterima bagi peserta didik meskipun melalui virtual. Hambaatan yang lain dari pembelajaran daring ini seperti terkendala sinyal, nilai sikap semakin menurun, rendahnya pengetahuan serta kesiapan sarana dan prasarana teknologi.

 

Kata kunci: pengaruh; IT guru; kualitas pembelajaran; pandemi

 

 

Keywords : influence; IT teacher; quality of learning; pandemic

  1. Ahsani, E. L. F. 2020. “Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19”. JurnalAl_Athfal. Vol. 3 No. 1. 37-46. Hamidaturrohmah&Mulyani. 2020. “Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sd Inklusi Era Pandemi Covid-19”. Elementary Islamic Teacher Journal. Vol. 8. No. 2. 247-278 Diakses di : http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary Ibnu Rusydi. 2017. “Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan”. Jurnal Warta Edisi : 53 ISSN : 1829 - 7463 Marryono Jamun, Yohannes. 2018. “Dampak Teknologi Terhadap Pendidika”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Vol. 10, No. 1. Nurhayati, T. (2016). Problematika Guru dalam Menguasai TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Solusinya di MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Kabupaten Pati. [Skripsi]: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang. Putro, Khamim Zarkasih, Muhammad Adly Amri, Nuraisah Wulandari, and Dedek Kurniawan. “Pola Interaksi Anak Dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran Di Rumah.” Fitrah: Journal of Islamic Education (FJIE) 1, no. 1 (2020): 126. https://jurnal.staisumateramedan.ac.id/index.php/fitrah/article/view/12/8 Rahmayanti. 2015. “Penggunaan Media It Dalam Pembelajaran”. Jurnal Jurnal Ilmiah CIRCUIT Vol. 1 No. 1. Sudibyo, Lies. 2011. “Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia”. Jurnal WIDYATAMA Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Vol. 20, No.2: 175-185. Sukmawati, Nensia. The Role of Google Classroom in ELT. Int J Educ Vocat Stud. 2019;1(2):142–5. Suryana, D. (2012).Mengenal Teknologi. Jakarta: Gramedia. Tekege, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 2(1), 40-58.

Open Access Copyright (c) 2021 Novia Ayya Shofia, Eva Luthfi Fakhru Ahsani
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats