PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR IPA DENGAN PENERAPAN PROJECR BASED LEARNIG

Lelya Hilda* -  Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia
Ghifari Raihan Arafah -  Universitas Brawijaya Malang, Indonesia

Abstract

Students' thinking ability is still low, there is a lack of strategies, approaches or models used to improve high old thinking skills (HOTS), one of which can be used is the project base learning approach. This study aims to determine the use of the base learning project approach. This research was conducted with a quantitative approach with a quasi-experimental model, with an experimental class and a control class. The results showed the average control class was 65 and the experimental class was 80, and from the T test = -24,504 with a significance of 0.001 <0.005. These results indicate that the hypothesis is accepted.Keywords: creative thinking; problem base learning; HOTS.

 

Abstrak

Kemampuan berfikir kreatif siswa masih rendah kuragnya strategi, pendekatanb atau model yang digunkan untuk meningkatan kemampuan berfikir hight older thinking skill (HOTS), salah satu yang daapt digunakan adalah pendekatan project base learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan projek base learning.  Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan model quasi eksperimen, dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kelas kontrol 65 dan kelas eksperimen 80, dan dari uji T test =  -24.504 dengan signifikan 0.001 < 0.005.  Hasil ini menunjukkan bahwa hiptesis diterima.

Kata kunci: berfikir kreatif;  problem base learning; HOTS.

Keywords : creative thinking; problem base learning; HOTS.

  1. Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Project-based learning and problem-based learning: Are they effective to improve students’ thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346–355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100

    Dwi Sambada. (2012). Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37–47.

    Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). BERPIKIR KREATIF DALAM FISIKA DENGAN PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) BERBANTUAN LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 24. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.319

    Fitrina, T., Ikhsan, M., & Munzir, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Debat. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 87–95. https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4753

    Jalinus, N., Nabawi, R. A., & Mardin, A. (2017). The Seven Steps of Project-Based Learning Model to Enhance Productive Competences of Vocational Students. January. https://doi.org/10.2991/ictvt-17.2017.43

    Johnson, C. S., & Delawsky, S. (2013). Project-based learning and student engagement. Academic Research International, 4(4), 560–571.

    Koparan, T., & Güven, B. (2008). The Effect on the 8th Grade Students’ Attitude towards Statistics of Project-Based Learning. European Journal of Educational Research, 3(2), 73–85.

    Olivia-Dumitrina, N., Casanovas, M., & Capdevila, Y. (2019). Academic writing and the internet: Cyber-plagiarism amongst university students. Journal of New Approaches in Educational Research, 8(2), 112–125. https://doi.org/10.7821/naer.2019.7.407

    Sari, D. S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20. https://doi.org/10.30738/natural.v6i1.4073

    Tambunan, H. (2020). Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Strategi Heuristik. Sepren, 1(02), 28–33. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.209

    Uziak, J. (2016). A project-based learning approach in an engineering curriculum. Global Journal of Engineering Education, 18(2), 119–123.

    Wibowo, A. (2012). Plagiarisme merupakan perbuatan salah yang serius sebab mengambil karya orang lain dan mengakuinya sebagai karya sendiri. Tindakan plagia_risme menurunkan moral dan harkat pelaku serta berdampak pada disin_tegritas sivitas akademik karena tindakan menguti. Kesmas, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 6(5), 195–200.


Open Access Copyright (c) 2021 Lelya Hilda, Ghifari Raihan Arafah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats