INTEGRASI ILMU DAN REVOLUSI MENTAL DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN PADA JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU (JSIT) SERTA IMPLEMENTASI DI WILAYAH SUMATERA UTARA

Irwan Saleh Dalimunthe* -  Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia
Maslina Daulay -  Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia

Abstrak

Arikel ini bertujuan untuk mentahui integrasi ilmu dan revolusi mental dalam kurikulum pendidikan pada jaringan sekolah Islam terpadu (JSIT) serta implementasi di Wilayah Sumatera Utara melalui bentuk integrasi ilmu dalam kurikulum pendidikan, model pembinaan menuju revolusi mental, capaian hasil dan masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan analisis deskriftif. Sedangkan informannya adalah kepala Sekola, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Pembina lain yang berkaitan dengan bidang kurikulum dan siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu deep interveiu. Hasil penelitian bisa dilihat bahwa bentuk integrasi kurikulum pada pendidikan pada JSIT berintegrasi pada standar kurikulum nasional dan ditambah lagi kurikulum yang ada pada JSIT dengan delapan standar, model pembinaan munculnya revolusi dilaksanakan dengan mengembangkan kegiatan ektstra dan intra kokulikuler yang ada disekolah tersebut serta kuatnya dukungan orang tua dalam pelaksanaan kedua kegiatan tersebut. Biarpun mendapatkan dukungan yang kuat dari orang tua murid dalam mengembangkan kurikulum di sekolah JSIT masih terlihat kendala yaitu belum terlihat adanya komitmen baik dari orang tau murid dalam mewujudkan visi dan misi sekolah JSIT dan adanya ke luar masuk guru yang mengajar di sekolah tersebut.

 

Kata kunci: integrasi ilmu; revolusi mental; kurikulum.

Abstract

 

This article aims to introduce the integration of science and mental revolution in the education curriculum on the integrated Islamic school network (JSIT) as well as implementation in the North Sumatra Region through the form of integration of knowledge in the educational curriculum, a model of coaching towards a mental revolution, achievement of results and problems encountered in implementing activities. education. This type of research is qualitative using descriptive analysis. Meanwhile, the informants were the head of the school, the vice-principal for the curriculum, other supervisors related to the curriculum and students. The data collection used is a deep interview. The results of the study can be seen that the form of curriculum integration in education at JSIT is integrated with the national curriculum standards and added to the existing curriculum at JSIT with eight standards, the model for fostering the emergence of a revolution is carried out by developing extra and intra-cocurricular activities at the school and strong parental support. in the implementation of these two activities. Despite getting strong support from parents in developing the curriculum at JSIT schools, there are still obstacles, namely, there is no visible commitment from both parents and students in realizing the vision and mission of the JSIT school and the entry and exit of teachers who teach at the school.

 

Keywords: knowledge integration; mental revolution; curriculum.

Keywords : Keywords: knowledge integration; mental revolution; curriculum.

  1. Erwanto. (2019). Penerapan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (Jsit) Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Smpit Khoiru Ummah Rejang Lebong. Al-Bahtsu : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 4(1), 71–84. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/albahtsu/article/view/1994

    Hanipudin, S. (2019). Pendidikan Islam di Indonesia dari Masa ke Masa. Matan : Journal of Islam and Muslim Society, 1(1), 39. https://doi.org/10.20884/1.matan.2019.1.1.2037

    Naibin, Edi Nurhidin, M. R. A. (2546). PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF. Proseding, Muktamar PMII, 0355, 1028–1040.

    Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2014

    Muhibbin Syah, Psikologi dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

    Amin Abdullah, Muhammad, Multidisiplin, Interdisiplin, Transdisiplin, Metode Studi Agama dan Studi Islam di Era Kontemporer, Yogyakarta, IB Pustaka PT Litera Cahaya Bangsa, 2020

    Baqir, Haidar, Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia, Meluruskan Kembali Falsafah Pendidikan Kita, Bndung, Mizan, 2019

    Bagir, Haidar dan Ulil Abshar Abdalla, Saintis Religius, Agama Saintifik, Dua Jalan Mencari Kebenaran, Bandung, Mizan, 2020

    H.D, Kaelany, Islam dan Aspek-Aspek Kemasyarakatan, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

    Langgulung, Hasan. Beberapa Aspek Pendidikan Islam, Mizan, Bandung, 1999

    M Echols, John dan Hasan Shadily, An English Dictionary, Jakarta: Gramedia, 1976

    Munir Mulkhan, Abdullah, Nalar Spiritual Pendidikan Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002.

    Musthofa, Agus, Bersyahadat Didalam Rahim, PADMA press, Surabaya 2015

    Moleong, Laksy J, Metoologi, Penelitian Kualitatif, Bandung, PT. Rosdakarya, 1994.

    Nasution, S. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

    Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

    Saefuddin, AM, Islamisasi Sains dan Kampus, Jakarta, PT. PPA Consultansts, 2010

    Imelda Frimayanti, Ade, Latar Belakang Sosisl Berdirinya Lembaga Pendidikan Islam


Open Access Copyright (c) 2022 Irwan Saleh Dalimunthe, Maslina Daulay
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats