Metode Pelaksanaan Kegiatan Madrasah Diniyyah

Latifa Annum Dalimunthe* -  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

Madrasah diniyah merupakan salah satu jenis pendidikan non formal menjadi pendamping untuk menambah wawasan anak-anak tentang ilmu agama. Dasar yuridisnya dasar-dasar pelaksanaan pendidikan agama yang berasal dari peraturan perundang-undangan secara langsung ataupun tidak langsung. Program pengajaran madrasah diniyah ada beberapa bidang yang diajarkan seperti: Al-Qur’an hadits, aqidah akhlak, fiqih, sejarah kebudayaan Islam, bahasa Arab, praktek ibadah. Kegiatan madrasah diniyah terdiri dari kegiatan kurikuler, ekstrakurikuler. Metode pembelajaran madrasah diniyah adalah metode sorogan, wetonan atau bandongan, musyawarah, dan ceramah.

Abstract

Madrasah Diniyah is one type of non-formal education that serves as a companion to broaden children's knowledge about religious knowledge. The juridical basis is the basics of the implementation of religious education that comes directly or indirectly from statutory regulations. The teaching program at Madrasah Diniyah teaches several areas, such as: Al-Qur'an hadith, aqidah morals, fiqh, Islamic cultural history, Arabic, religious practices. The learning methods at Madrasah Diniyah are the sorogan, wetonan or bandongan methods, deliberation, and lectures.

Keywords : Metode pembelajaran, Madrasah diniyyah

  1. A. W. Munawwir. 1984. KAMUS AL-MUNAWIR ARAB-INDONESIA TERLENGKAP. Yogyakarta: Pustaka Progressif.
  2. Amin, Haidar. 2004. Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren Dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Diva Pustaka.
  3. Departemen Agama RI. 2000. Pedoman Penyelenggaraan Dan Pembinaan Madrasah Diniyah. Jakarta: DEPAG RI.
  4. Dofier, Zamakhsari. 2001. Tradisi Pesantren. Jakarta: LKIS.
  5. Drajat, Zakiah. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Hasbullah. 2001. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  7. Hasibuan, Zainal Efendi. 2013. Metode Pembelajaran Berbasis Al-Qur’an Dan Hadits. Medan: CV Mitra.
  8. Langgulung, Hasan. 2000. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Al-Husna Zikra.
  9. Raharjo. 2013. Pemberdayaan Madrasah Diniyah. Semarang: IAIN Walisongo.
  10. Riyadi, Ali. 2006. Politik Pendidikan: Menggugat Birokrasi Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  11. Wahab, Rochidin. 2004. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Open Access Copyright (c) 2021 Jurnal Kajian Gender dan Anak
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Flag Counter