POLA PERILAKU IBU RUMAH TANGGA SEBAGAI PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI KOTA MEDAN

Emilia Ramadhani* -  Universitas Sumatera Utara, Indonesia
Fauzia Agustini -  Universitas Negeri Medan, Indonesia
Dita Amanah -  Universitas Pendidikan Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media sosial yang sering digunakan ibu rumah tangga di Medan, rata-rata lama penggunaan media sosial dan mengetahui pendapat mereka tentang kegunaan media sosial. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan penyebaran angket. Sampel berjumlah 210 orang. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden adalah ibu rumah tangga yang bekerja baik di pemerintah maupun swasta, paling sering menggunakan situs online shop untuk menunjang kebutuhan dengan rata-rata penggunaan media sosial 3-4 jam sehari. Ibu rumah tangga di kota Medan berpendapat bahwa media sosial sangat berguna untuk pencarian informasi. Secara umum mereka menyatakan puas karena media sosial telah memberikan banyak manfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Hasil ini mengindikasikan bahwa telah terjadi pola pergeseran perilaku pengguna media sosial bagi ibu rumah tangga. Saat ini, Facebook sangat jarang digunakan oleh ibu rumah tangga dan ini berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya dimana Facebook sangat populer di kalangan ibu rumah tangga yang bekerja maupun tidak bekerja. Perubahan perilaku konsumen ini dapat disebabkan oleh perubahan dan situasi gaya hidup terutama pada masa pandemi yang mengakibatkan ibu rumah tangga di kota Medan paling sering mengakses toko online karena mereka merasa lebih aman berbelanja online daripada berbelanja offline.

Kata Kunci : Media Sosial, Ibu Rumah Tangga, Kota Medan

Abstract

This study intended to determine the social media that is often used by housewives in Medan, the average length of use of social media and to find out their opinion about the use of social media. Data was collected through observation, interviews, literature study and distributing questionnaires. The sample was 210 people. Data were analyzed using Microsoft Excel. The results showed the majority of respondents were housewives who work in the government and the private sector, they most often used online shop sites to support their needs with an average use of social media 3-4 hours a day. Housewives in Medan thought that social media is very useful for finding information. In general, they expressed satisfaction because social media has provided many benefits for fulfill the needs of daily life. These indicate that there has been a shift in the behavior pattern of social media users for housewives. Currently, Facebook is an application that is rarely used by housewives and this is different from the previous few years where Facebook was very popular among working and non-working housewives. This change in consumer behavior can be caused by changes and lifestyle situations, especially during the pandemic which housewives in Medan most frequently accessing online stores because shopping online is safer than shopping offline.

Keywords : Social Media; Housewife; Medan City

  1. Anggraeni, Elly dan Setiaji, Khasan. (2018). Pengaruh Media Sosial Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal 7(1): 172-180
  2. Anwar, Rully Khairul dan Rusmana, Agus. (2017). Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial Dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, Dan Tenaga Pengelola Perpustakaan (Studi Kasus Pada Sekolah/Madrasah Di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat 6(3): 204-208
  3. Assegaff, Setiawan. (2017). Evaluasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Knowledge Sharing. Jurnal Manajemen Teknologi 16(3): 271-293
  4. Augustinah, Fedianty dan Widayati. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika 4(2): 1-20
  5. Barus, Rehia K. I. (2015). Pemberdayaan Perempuan melalui Media Sosial. Jurnal Simbolika 1(2): 113-124
  6. Cahyono, Anang Sugeng. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana 9(1): 140-157
  7. Dijk, Van. (2013). The Network Society. London: SAGE Publications.
  8. Gantiano, Hadianto Ego. (2017). Fenomena Facebook Sebagai Sarana Komunikasi Sosial. Jurnal Dharma Duta 15(1): 1-11
  9. Khairah, Himmatul dan Tambunan, Shuri Mariasih Gietty. (2019). Teknologi Digital sebagai Media Objektifikasi Perempuan:Kajian Kritis Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni 3(2): 503-508
  10. Lotulung, Leviane Jackelin Hera dan Runtuwene, Anita. (2020). Literasi Media Sosial bagi Ibu-Ibu PKK di Kecamatan Sario Kota Manado. Acta Diurna Komunikasi 2(1): 1-5
  11. Limilia, Putri dan Prasanti, Ditha. (2016). Representasi Ibu Bekerja Vs Ibu Rumah Tangga Di Media Online: Analisis Wacana Pada Situs Kompasiana.Com. Kafa’ah Journal of Gender Studies 6(2): 133-153
  12. Lubis, Evawani Elysa. (2014). Potret Media Sosial dan Perempuan. Jurnal Parallela 1(2): 89-167
  13. Maryani, Eni dan Arifin, Hadi Suprapto. (2012). Konstruksi Identitas melalui Media Sosial. Journal of Communication Studies 1(1): 1-12
  14. Meifitri, Melvia dan Susanto, Elik. (2020). Perubahan Dari Media Lama Ke Media Baru: Telaah Transformasi Platform Multimedia. Jurnal Ilmu Komunikasi 9(3): 302-311
  15. Murtopo, Bahrun Ali. (2018). Peranan Perempuan dalam Media Sosial. Jurnal Cakrawala IAINU Kebumen 2(2): 14-24
  16. Nia, Lea dan Loisa, Riris. (2019). Pengaruh Penggunaan New Media Terhadap Pemenuhan Kebutuhan (Studi Tentang Media Sosial Facebook Dalam Pemenuhan Informasi di Kalangan Ibu Rumah Tangga). Prologia 3(2): 489-497
  17. Prihandono. (2019). Pemanfaaatan Media Sosial oleh Ibu Rumah Tangga untukMenunjang Aktivitas Bisnis. JIA SANDIKTA 5(6): 101-109
  18. Puspitasari, Dewi Cahyani. (2012). Modal Sosial Perempuan dalam Peran Penguatan Ekonomi Keluarga. Jurnal Pemikiran Sosiologi 1(2): 69-80
  19. Rosini dan Nurningsih, Siti. (2018). Pemanfaatan media sosial untuk pencarian dan komunikasi informasi kesehatan. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi 14(2): 226-237
  20. S, Shanmuga Priya dan Sakthi. (2015). Social media a tool for economic empowerment of women. International Journal of Applied Research 1(5): 157-160
  21. Siapera, Euginia. (2017). Understanding New Media. London: SAGE Publications
  22. Soecipto dan Holik, Abdul. (2018). Pemanfaatan Media Sosial bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga dan Pemuda di Desa Arjasari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 8(1): 52-57
  23. Thadi, Robeet. (2014). Citra Perempuan dalam Media. Syi’ar 14(1): 27-38
  24. Warahma, Mawaddah; Alam, Syamsu; Rahayu, Ade. (2020). Pengaruh Media Sosial Facebook terhadap Perilaku Pelajar di Desa Pasiang Kecamatan Matakali Kabupaten Polewali Mandar. Journal Peqguruang: Conference Series 2(2): 41-46
  25. Yeni, Manovri dan Yanti, Ira Dama. (2021). Pemanfaatan Media Sosial bagi Ibu Rumah Tangga dalam Berbisnis Online di Masa Pandemi Covid-19. BIDIG:Jurnal Bisnis Digital 1(1): 80-88

Open Access Copyright (c) 2022 Jurnal Kajian Gender dan Anak
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Flag Counter