Analysis of Students' Mathematical Literacy Ability in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problem
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiani, E. D. (2020). Guru IPA dan Calon Guru IPA Menghadapi Soal-Soal Berkarakter PISA. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 67–86.
Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56.
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan, 4(1), 1063–1073.
Desiriah, E., & Setyarsih, W. (2021). Tinjauan Literatur Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Fisika Di Sma. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 79.
Febrianti, S., Rahmat, T., Aniswita, A., & Fitri, H. (2023). Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Pisa pada Siswa Kemampuan Tinggi Berdasarkan Gender. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 10100–10109.
Harpeni, A. (2019). Soal Matematika Model Pisa: Alternatif Materi Program Pengayaan. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 197–213.
Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) : Konsep Dan Implikasi Dalam Pembelajaran. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(2), 217–232.
Hoiriyah, D. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam, 7(02), 201–212.
Jatmiko, J. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, 3(1), 17–20.
Maharani, D. A. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Serta Kaitannya Dengan Soal Matematika PISA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 850–857.
Mahsarah Rahadatul Aisy-Stevanus Budi Waluya-Zaenuri, N., Mahsarah Rahadatul Aisy, N., & Budi Waluya, S. (2021). Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Aplikasi Android Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbantuan Aplikasi Android Bernuansa Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman, 1, 2830–3059.
Murtadlo, A., Muslimahayati, M., Sahanata, M., & Ramli, M. N. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Soal Hots Konteks Etnomatematika Budaya Jambi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3172.
Muti’ah, R., & Irmayanti, I. (2020). Gambaran Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 106–118.
Neky, N., Hamdani, H., & Bistari, B. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi pada Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Number Sense di SMP. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4638–4647.
Reflina, R., & Rahma P, F. L. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal Programme for International Student Assessment (Pisa). Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 10(1), 11.
Santoso, R. M., & Setyaningsih, N. (2020). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Hots Bentuk Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematika. Prosiding, 62–71.
Sari, L. N. I., & Aulia E, I. R. (2022). Development of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Assessment Instruments to Improve Students’ Mathematical Creative Thinking Skills. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 10(2), 255–270.
Setiasih, E., Asikin, M., & Mariani, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Strategi REACT Berpendekatan SPUR. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2015.
Sumardi, S., & Aslami, W. N. (2022). Analisis Tingkat Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1453.
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v13i1.12540
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Irma Rizki Aulia, Nur Fauziah Siregar, Diyah Hoiriyah -

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
Tadris Matematika FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN: 2338-8706 (print), 2580-7145 (online)
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: logaritma.tmm@gmail.com