PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Kasus pada Prodi TMM STAIN Padangsidimpuan)
Abstract
Matematika dipelajari mulai dari pendidikan dasar sampai ke Perguruan Tinggi. Di Perguruan Tinggi ilmu matematika dikaji lebih mendalam. Hasil observasi di Prodi Tadris Matematika menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar mahasiswa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui pemanfaatan Tutor Sebaya. Hipotesis penelitian ini adalah pemanfaatan Tutor Sebaya dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Action Research), yang dilakukan terhadap 33 orang mhs lokal 2 Prodi TMM STAIN Padangsidimpuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa pada akhir penelitian mencapai 80,10 dan persentase aktivitas belajar positip mahasiswa menunjukkan peningkatan.
Full Text:
PDFReferences
Abdillah Hanapi. (1988). Prinsip-Prinsip Belajar Untuk Pengajaran. Surabaya: Usaha Nasional.
E Mulyasa. (2005). Menjadi Dosen Propesional Menciptakan Pembelajaran Kreatip dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosda Karya
Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Common Textbook. JICA.UPI Bandung.
Ginnis Paul. (2008). Trik dan Taktik Mengajar. Jakarta: Indeks
Howe, Michael J.A. (2005). Memahami Belajar di Sekolah. Alih bahasa H.M. Kaoy Syah. Banda Aceh: Yayasan PeNa
Herman hudoyo. (1988). Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Dirjen Dikti P2LPTK
IGAK Wardani, dkk. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Kasihani Kasbolah. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : Dirjen Dikti Proyek PGSD
Karso,dkk. (2006). Pendidikan Matematika I. PGSD 2303. Modul 1-9. Jakarta : Universitas Terbuka : Indeks
Kaueldt Martha. (2008). Wahai Para Dosen, Ubahlah Cara Mengajarmu!. Jakarta
Lisnawati Simanjuntak. (1993). Metode Mengajar Matematika. Jakarta : Rineka Cipta.
Moh. Uzeer Usman. (2000). Menjadi dosen Propesional. Bandung : Remaja Rosda Karya
Nur Akhsin & Heni Kusumawati. (2007) Matematika untuk kelas II SD/MI. Yudhistira
Oemar Hamalik. (2000). Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi aksara
Rochiati wiriaatmadja (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Ruseppendi. (1992). Pendidikan Matematika III. Jakarta. Depdikbud.
Sardiman. (2006). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grapindo
Silberman, Melvin L. (2006). Active Learning, 101 Cara Belajar Mahasiswa Aktip. Terjemahan oleh Raisul Muttaqin. Bandung: Nusamedia.
Suharsimi Arikunto. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukidin, dkk. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendekia.
Suwarsih Madya. (2006). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Yogyakarta : Alpabeta
Sukidin. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendekia
Syaipul Bahri Djamarah.(2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
S. Nasution. (1995). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Syaparuddin. (2005). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v1i02.228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Suparni Suparni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
Tadris Matematika FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN: 2338-8706 (print), 2580-7145 (online)
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: logaritma.tmm@gmail.com