Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andinny, Y. (2015). Pengaruh konsep diri dan berpikir positif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).
Astuti, D., Susilo, G., & Sari, T. H. N. I. (2018). Pengaruh konsentrasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 42-53.
Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 48-54.
Egok, A. S. (2016). Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 186-199.
Gunawan, A. W. dan Setyiono, A. (2007). Manage Your Mind for Success. Jakarta: Gramedia
Gusmania, Y., & Leni, M. (2015). Pengaruh Minat Belajar dan Emotional Quotient Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 4 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. PYTHAGORAS, 4(1), 63–69.
Hamzah, A. (2014). Muhlisrarini, Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Johnson. (2009). Contextual Teaching & Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar-mengajar dan Mengasyikan dan bermakna, Terj. Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).
Legi, M. Y. (2020, November). PENGARUH KONSEP DIRI, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. In Forum Pendidikan (Vol. 1, No. 2, pp. 85-94).
Magfirah, I., Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 6 Bontomatene kepulauan Selayar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 103-116.
Manurung, A. S., & Halim, A. (2020). PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN KENARI 07 PAGI JAKARTA.
Nana Sudjana, (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sagala, S. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sumarmo, U. (2004, July). Kemandirian belajar: apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. In Makalah pada Seminar Tingkat Nasional. FPMIPA UNY Yogyakarta Tanggal (Vol. 8).
Sunarti, S. (2017). Penerapan pembelajaran menggunakan hand out dan peta konsep untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 5(1), 8-14.
Susilo, G., & Pertiwi, A. B. W. S. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP di Balikpapan. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 21-34.
DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v9i02.3905
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Liana Widya Astuti, Heni Pujiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
Tadris Matematika FTIK UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN: 2338-8706 (print), 2580-7145 (online)
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan
Sumatera Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: logaritma.tmm@gmail.com