Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Generasi Z Di Kota Padangsidimpuan Dengan Pendapatan Orang Tua Sebagai Variabel Moderating

Yulia Safitri Lahagu* -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Aliman Syahuri Zein -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah keinginan generasi Z untuk diakui dengan gaya hidup yang hedonis di lingkungan sosial menimbulkan perilaku konsumtif, peran orang tua dalam memenuhi kebutuhan generasi Z tidak terlepas dari tingkat pendapatan yang dihasilkan. Tidak semua orang tua mampu memenuhi gaya hidup generasi Z yang cenderung konsumtif, orang tua yang berpendapatan rendah akan kesulitan memenuhinya sehingga menimbulkan perilaku negative yang muncul dalam diri generasi Z seperti berbohong kepada orang tua untuk mendapatkan apa yang ia inginkan, sifat yang boros sampai menggunakan cara instan lain untuk memenuhi gaya hidupnya. Realita tersebut bertentangan dengan teori James Dusenberry yakni pengeluaran konsumsi masyarakat ditentukan oleh tingginya pendapatan yang dicapai. Karakteristik gaya hidup generasi Z yang diukur dengan activity, interest, opinion (AIO) cenderung konsumtif tidak ditentukan oleh besarnya pendapatan orang tua. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan perilaku konsumsi yang membahas tentang teori gaya hidup dan pendapatan orang tua.

            Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS V.23. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang diambil dari generasi Z di Kota Padangsidimpuan. Uji analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji instrument : uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik : uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolineritas, uji regresi moderasi (MRA), uji hipotesis : uji t, uji f dan uji R2.

            Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara persial gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi, begitupula secara persial pendapatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumsi. Pendapatan orang tua memoderasi hubungan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi. Secara simultan gaya hidup dan pendapatan orang tua berpengaruh terhadap perilaku konsumsi.

 

Kata Kunci: Gaya Hidup, Pendapatan Orang Tua, Perilaku Konsumsi

 

  1. Amstrong, Gary & Kotler, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: Prenhalindo, 2002.
  2. Asmadi Alsa, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Serta Kombinasinya dalam Penelitian
  3. Psikologi, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2014.
  4. Rahma Sugiarti, Membaca Gaya Hidup dan Kapitalisme, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
  5. Reksoprayitno, Sistem Ekonomi dan Demokrasi Ekonomi, Jakarta : Bina Grafika, 2004.
  6. Ujang Sumarwan, Perilaku Konsumen Jilid X : Teori dan Penerapanya Dalam Pemasaran, Bogor :
  7. Ghalia Indonesia, 2019.
  8. Deti Wulandari, "Sumbangan Pendapatan Ibu Rumah Tangga Pekerja Terhadap Tingkat
  9. Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Purbalingga", Purwokerto : Skripsi UMP, 2015.
  10. Badan Pusat Statistik, "Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin”.
  11. Badan Pusat Statistik, "Laju Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Menurut Pengeluaran
  12. (Persen)".
  13. Dwi Hadya Jayani, "Proporsi Populasi Generasi Z dan Milenial Terbesar di Indonesia".