DETERMINASI PILIHAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK BERLABEL HALAL DI KOTA PADANGSIDIMPUAN

Safitri Harahap* -  Univeritas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Sry Lestari -  Univeritas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor agama, budaya, psikologi, dan pribadi terhadap keputusan masyarakat Batunadua dalam mengonsumsi produk berlabel halal. Sebagai masyarakat mayoritas Muslim, perhatian terhadap kehalalan produk merupakan aspek penting sesuai dengan ajaran agama Islam yang mewajibkan konsumsi makanan dan minuman yang halal dan baik (thayyib). Faktor budaya dan kebiasaan yang terbentuk dari lingkungan sekitar dapat memengaruhi pola konsumsi masyarakat, begitu pula faktor psikologis dan karakteristik pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang dikumpulkan melalui angket. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden masyarakat Batunadua berusia 15–65 tahun. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26, meliputi uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, faktor agama tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat dalam mengonsumsi produk berlabel halal. Sebaliknya, faktor budaya, psikologi, dan pribadi secara parsial menunjukkan pengaruh signifikan. Secara simultan, keempat faktor tersebut (agama, budaya, psikologi, dan pribadi) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat Batunadua dalam mengonsumsi produk berlabel halal.

 

Kata Kunci: Konsumsi, Produk Halal, Agama, Budaya, Psikologi, Pribadi

  1. Badan Pusat Statistik Kota Padangsidimpuan. (2020). Kecamatan Padangsidimpuan Batunadu Dalam Angka 2020.
  2. Choiriyah, U. N. (2018). Konsumsi Dalam Pandangan Imam Al-Ghazali.. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
  3. Dalimunthe, S. F, Eka, S., & Amimah, O. (2022). Analisis Perilaku Konsumsi Penggemar K-Pop Berdasarkan Teori Konsumsi Al-Ghazali. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Volume 1 (2), Juni.
  4. Hadiyanti Pratiwi, S. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesadaran Mahasiswa Muslim Terhadap Produk Makanan Berlabel Halal. Skripsi, Universitas Diponegoro Semarang.
  5. Harahap, D., & Alfadri, A. (2021) Ekonomi Mikro Islam. Padangsidimpuan: CV. Merdeka Kreasi Group.
  6. Harahap, D., Farizal, N., dan Nasution, M. PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MI INSTAN PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN.
  7. Harahap, D., & Lubis, R., H. (2021). Problematika Perilaku Konsumen Lembaga Keuangan dan Perbankan Islam” Human Falah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 8 (1), 137-153.
  8. Harahap, M., S, Siregar, A., F dan Harahap, D. (2021). Tracing the Dynamic Spectrum of Religious Moderation in the Local Custom of North Sumatera, QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), Vol. 11 (1), 65-102.
  9. Ibrahim, A., Amelia, E., Akbar, N., Kholis, N., Utami, S. A., & Nofrianto. (2021). Pengantar Ekonomi Islam. Jakarta: Departemen Ekonomi dan Keuangan Islam.
  10. Ihsana, K., Hakim, R., & Sulistyono, S., W. (2021) “Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembeli Produk Makanan Berlabel Halal di Kalangan Masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh.” Internationa Journal of Islamic Economics Development and Innovation (IJIEDI) Volume 1 (1), September.
  11. Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). AL-MAJID Al-Qur’an Terjemah Dan Tajwid Warna. Jakarta Pusat: Beras.
  12. Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
  13. Lubis, A., Lubis, D. S., & Murroh, A. (2022). Faktor Penentu Keputusan Pembelian Makanan Halal Di Desa Tambangan Tonga. Profetik Jurnal Ekonomi Syariah Volume 1 (1), Juni.
  14. Minta, S. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi Konsumsi Masyarakat Di Provinsi Aceh.
  15. Muljawan, D., Suseno, P., Purwanta, W., A.Husman, J., Yumanita, D., Nurdin B, M., Hartono, B., Khairanis, Syaerozi, Kusumah, W., & Dewi, S. P. (2020). Ekonomi Syaiah. Departemen Ekonomi dan Keuangan Islam.
  16. Nainggolan, N. T., Munandar, Sudarso, A., Nainggolan, L. E., Fuadi, Hastuti, P., Ardiana, D. P. Y., Sudirman, A., Gondasari, D., Mistiani, N., Kusuma, A. H. P., Rumondang, A., & Gusman, D. (2020). Perilaku Konsumen di Era Digital. Yayasan Kita Peduli.
  17. Nur, F. (2021). Jaminan Produk Halal di Indonesia terhadap Konsumen Muslim.” Jurnal Likuid Volume 1 (1), Januari.
  18. Nurfadilah, S., D. (2021). Analisis Faktor Perubahan Perilaku Konsumen E-Commerce Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Konsumen Shopee Di Kota Sukabumi). International Journal Administration, Business and Organization Volume 2 (1).
  19. Nisrina Aulia, F., Hermawan Adunugraha, H., & Setiawan, D. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Beli Produk Berlabel Halal. Tsarwah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Volume 8,No. 1.
  20. Rasyid, A. (2019). Dinamika Pelaksanaan Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Di Kota Medan, Sibolga, Dan Padangsidimpuan. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. 43 (2). 167-201.
  21. Rukiah, R., Nuruddin, A., & Siregar, S. (2019). Islamic Human Development Index Di Indonesia (Suatu Pendekatan Maqhasid Syariah),” Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 18(2).
  22. Siregar, I., P. Khairiyahtussolihah, A., & Fauzan, M. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Mahasiswi Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Terhadap Pembelian Suatu Barang Secara Online.” Journal of Sharia Economic and Business Volume 1 (1).
  23. Siregar, I. dan Rangkuti, S., S. (2023) Eco-Spritual Based On Maqasid Syari’ah: The New Relationship Of Man With The Environment AL-Tahrir, Vol. 23 (1) : Islamic.
  24. Tumanggor, B. & Damanik, D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi air bersih di PDAM Tirtauli Kota Pematangsiantar.” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Volume 5 (2), Juni.
  25. Wardhana, A. Budiastuti, E. & Novianti. (2022). Perilaku Konsumen (Teori dan Implementasi). Bandung-Jawa Barat: CV. Media Sains Indonesia.
  26. Zaki, A., B. (2021). Teori Ekonomi Islam. Ilmu Akuntansi dan Bisnis Syariah Volume 3 (2), Juli.