FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN HALAL DI DESA TAMBANGAN TONGA

Amarullah Lubis* -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Delima Sari Lubis -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Adanan Murroh -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

Konsumsi dalam agama menjadi persoalan penting sebab konsumsi diatur dalam agama. Namun tingkat kehalalan yang dikonsumsi tidak diperhatikan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana faktor budaya, faktor sosial dan faktor pribadi mempengaruhi keputusan pembelian makanan halal di Desa Tambangan Tonga.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif, dengan metode pendekatan kuantitatif yang menjadi faktor penentu keputusan pembelian makanan halal di Desa Tambangan Tonga. Subjek penelitian berjumlah 88 orang. Instrument pengumpulan data terdiri dari observasi, angket dan dokumentasi dari lapangan.  Analisis data dengan menggunakan analisis  faktor dan  metode analisis faktor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial dan faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan halal di Desa Tambangan Tonga. Dan berdasarkan nilai eigenvalues menunjukkan bahwa jumlah angka eigenvalues untuk variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi masing-masing faktor memiliki nilai korelasi eigenvalues yang bisa dijadikan indikator sebagai faktor dengan kriteria bahwa angka dibawah 1 tidak digunakan.  

Kata Kunci :   Faktor Budaya,  Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Keputusan Pembelian

  1. Abdurrahman bin Ishaq Al-Sheikh, Abdullah bin Muhammad bin. Tafsir Ibnu Katsir. 1. Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafii, 2004.
  2. Abdul Hamid,. “Teori Konsumsi dalam Peningkatan Ekonomi Ummat.” J-Ebis . 3, no. No. 2 (2018).
  3. Abdurrohman Kusdi. “Tafsir Ayat-Ayat Konsumsi dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Ekonomi Islam.” Equilibrum Vol. 1, No. 1 (2013).
  4. Ali Baroroh. Analisis Multivariat dan Time Series dengan SPSS 21. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2013.
  5. Aulia Muflih dan Muh Fitrah. “Perspektif Konsumsi Masyarakat dalam Islam di Kelurahan Barombong Kota Makassar.” Laa Maisyir : Jurnal Ekonomi Islam Vol. 5, no. No. 1 (2018).
  6. Burhanuddin. Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumsi dan Sertifikasi Halal. Malang: UIN: Maliki Press, 2011.
  7. Didin Kartikasari. “Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian.” UB Fakultas Ilmu Administrasi, 2013.
  8. Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
  9. Nur Asnawi dan Masyhuri. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN: Maliki Press, 2011.
  10. Dyah Budiastuti dan Agustinus Bandur. Validitas dan Reliabilitas Penelitian Dilengkapi Analisis dengan NVIVO, SPSS, dan AMOS. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2018.
  11. Jonathan Sarwono. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
  12. Kaharuddin. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada Yayasan Sahabat Bunda Kota Makassar.” FORECASTING: Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 2, No. 1 (2020).
  13. Kotler dan Gary. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2011.
  14. Kurniati. “Teori Perilaku Konsumen Prespektif Ekonomi Islam.” Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia Vol. 4, No. 1 (Juni 2016).
  15. Mangkunegara. Perilaku Konsumen. Bandung: PT.Refika Aditama, 2002.
  16. Muhammad Muflih. Perilaku Konsumen dalam Persfektif Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
  17. Muhammad. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
  18. Muhammad Riyadhi dan Nur Azizah. Perilaku Konsumsi Masyarakat, Agustus 2021.
  19. Nugroho. Perilaku Konsumen perspektif Kontemporer pada motif, tujuan, dan keinginan konsumen. Jakarta: Penerbit Prenadamedia Group, 2010.
  20. Rahmat Ilyas. “Etika Konsumsi dan Kesejahteraan dalam Persfektif Islam.” At-Tawassuh Vol. 1, No. 1 (2016).
  21. Rahmat Ismail dan Ansori Nasution. Perilaku Konsumsi Masyarakat, Ahad, Agustus 2021.
  22. Sudaryono. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI, 2016.
  23. Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
  24. Suharyono. “Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Islam.” AL-INTAJ Vol. 4, no. 2 (September 2018).
  25. Sutisna. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT.Remaja Rodayaksa, 2002.
  26. Suwarman. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
  27. Swastha, dan Handoko. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BFFE, 2012.
  28. Tengku Putri Lindung Bulan . “Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang.” Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol. 5, No. 1 (Mei 2016).
  29. Teti Indrawati. “Sertifikasi dan Labelisasi Produk Pangan Halal dalam Rangka Perlindungan Konsumen Muslim di Indonesia.” Jurnal- Istinbath Vol.3, no. 1 (Desember 2015).
  30. Totok Subianto. “Studi Tentang Perilaku Konsumen beserta Implikasinya.” Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol.03, No.03 (2017).
  31. Vinna Sri Yuniarti. Perilaku Konsumen. Jakarta: Pustaka Setia, 2015.
  32. Wibowo, Sukarno. Ekonomi Mikro Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2013.