PERAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS ANAK DI DESA PARTIHAMAN SAROHA, PADANGSIDIMPUAN HUTAIMBARU

Anny Nadiyaturrizki Pane (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Akhiril Pane (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Anita Angraini Lubis (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah orangtua yang sibuk bekerja dalam mencari nafkah, anak yang masih belum lancar dalam membaca dan menulis dikarenakan peran orangtua yang berbeda-beda. Peran orangtua sangat penting dalam proses belajar anak, orangtua adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Maka, diharapkan orangtua memiliki upaya-upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak, apa saja faktor yang mempengaruhi peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak di Desa Partihaman Saroha, Padangsidimpuan Hutaimbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan faktor orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak di Desa Partihaman Saroha, Padangsidimpuan Hutaimbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan data menggunakan triangulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Responden dalam penelitian ini adalah orangtua anak di Desa Partihaman Saroha, Padangsidimpuan Hutaimbaru. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak di Desa Partihaman Saroha, Padangsidimpuan Hutaimbaru sudah menjalankan perannya dengan baik, dapat dikatakan orangtua sudah menjalankan kewajiban mereka dalam mendidik, mengajari anak mereka dalam pembelajaran dengan beberapa kendala yang mereka hadapi terutama dalam membaca dan menulis. Peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak yaitu sebagai pendidik, motivator, dan fasilitator. Adapun faktor yang mempengaruhi peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak antara lain profesi orangtua, latar belakang pendidikan, dan tingkat ekonomi orangtua.

Kata kunci : Peran Orangtua, Kemampuan Membaca dan Menulis Anak

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adrian dan Muhammad Irfan Syaifuddin. (2017). Peran Orangtua Sebagai Pendidikan Anak Dalam Keluarga. Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan Jilid 3 Terbitan 2, 1(1): 147-167.

Ahmad dan Alek. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Asep, Muhyidi. Odin Rosidin, Dan Erwin Salpariansi. (2018). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1):30-42.

Asriana Harahap, Mhd Latip Kahp Nasution. (2019). Pendidikan Anak Dalam Keluarga (Al-Muaddib). Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 4(2): 165-177.

Byrne,. (2015). Psikologi Sosial. PT Glotra Aksara Pratama,.

Dewi Kusumaningsih, dkk,. (2013). Trampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Diana Mutiah. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dradjat, Zakiah, dkk. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendri Guntur Tarigan,. (2008). Menulis sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung; Angkasa Bandung.

Jauhari Muchtar dan Heri. (2000). Fiqih Pendidikan. Bandung; PT Remaja Posdakarya.

Lestari, Karunia Eka dan Mohammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan. Bandung; Refika Adiatama.

Musaheri. (2007). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta; IRCiSoD.

Soekanto, Soejono. (2002). Teori Peranan. Jakarta; Bumi Aksara.

Torang, Syamsir. (2014). Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi).Bandung; Alfabeta.

Wijayanti, Try Indah dan Ratnasari Dyah Utami. (2022). Mengembangkan Keterampilan Membaca dan Menulis Melalui Berbagai Metode dan Media Pembelajaran yang Bervariasi. Jurnal Basicedu, 6(3): 5104-5114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anny Nadiyaturrizki Pane, Akhiril Pane, Anita Angraini Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Islamic and Scientific Education Research has indexed by: