EVALUATION OF THE RALPH TYLER MODEL CURRICULUM IN THE MA'HAD AL-JAMIAH ARABIC LANGUAGE LEARNING PROGRAM AT UIN SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN

Irsal Amin Lubis* -  Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addari Padangsidimpuan, Indonesia
Rahmawati Rahmawati -  Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
Yasmadi Yasmadi -  Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
Perguruan tinggi keagamaan Islam, khususnya Negeri mempunyai unit Ma'had Al-jamiah dan mempunyai program pembelajaran bahasa arab karena merupakan bahasa asing yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Banyak problematikan yang dihadapi dalam melaksanakan program pembelajaran ini sehingga perlu adanya tinjauan ilmiah dalam konteks evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan evaluasi program pembelajaran bahasa arab dalam konteks kurikulum menggunakan pendekatan model Ralph Tyler yang terfokus pada aspek desain, implementasi dan evaluasi dan bagaimana evaluasi pada aspek desain, implementasi secara detail. Metode penelitian ini menggunakan pendekaran kualitatif deskriptif analitis terhadap teks kurikulum dan proses pembelajaran yang diamati secarara langsung. Untuk mendapatkan data menggunakan Teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain program pembelajaran bahasa arab di Ma’had Al-jamiah Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan terdiri dari tiga aspek utama yaitu tujuan program, indicator, dan target capaian mufrodat yang harus di distribsikan. Kemudian pada implementasi program pembelajaran mencakup pada Indicator pelaksanaan, Pelaksanaan, Materi ajar, metode pembelajaran, pelaksanaan Sanksi Pelanggaran Bahasa, Kegiatan Tambahan diluar program pembelajaran. Sedangkan evaluasi program mencakup pada evaluasi ide, evaluasi desain, evaluasi implementasi, dan evaluasi factor pendukung. temuan utama pada aspek penyediaan mufrodat yang terlalu monoton sehingga menjadikan pengajar menjadi kurang kreatif dalam memberikan mufrodat baru, dan aspek mahasiswa dan pembimbing asrama banyak yang tidak menggunakan bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari akibat dari kuatnya pengaruh budaya setempat dalam menggunakan bahasa daerah.

Keywords : Evaluasi, Kurikulum, Program, Pembelajaran.

  1. Ahmad Fared Mohd Din, dan Hj. Mohammad Seman. “Strategi Penghayatan Budaya Untuk Meningkatkan Kemahiran Bertutur Bahasa Arab.” JALL | Journal of Arabic Linguistics and Literature, 2022. https://doi.org/10.59202/jall.v1i2.364.

    Arcanita, Rapia. “PROGRAM MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN CURUP: SOLUSI MENGATASI RENDAHNYA KEMAMPUAN MAHASISWA MEMBACA AL-QUR’AN.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 2021. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.816.

    Ashari, Riza, Ishomuddin Ishomuddin, Tobroni Tobroni, dan Khozin Khozin. “From Theory to Practice: Ralph W. Tyler’s Perspective on the Curriculum Transformation.” Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 2023. https://doi.org/10.35723/ajie.v7i2.410.

    Avendaño, Henry Alonso González. “Educational actors and their participation in curriculum development from the application of systems.” RISTI - Revista Iberica de Sistemas e Tecnologias de Informacao, 2023.

    Aziz, Mahbub Humaidi. “Pembelajaran Maharah Kalam pada Program Kursus Bahasa Arab Pondok Pesantren Darul Lughah wad Dirasatil Islamiyah.” Nady Al-Adab, 2020. https://doi.org/10.20956/jna.v17i1.8630.

    Farobi, Ahmad Dzulfikar Al, Moh. Ainin, Muassomah Muassomah, dan Eko Bowo Wicaksono. “Manajemen Kesesuaian Indikator Pencapaian Kompetensi dengan Kompetensi Dasar pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Permendikbud 37.” Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2022. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i3.16479.

    Fauzi, Moh. Fery, Ahmad Fatoni, dan Irma Anindiati. “PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS INFORMATION DAN COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) UNTUK PENGAJAR BAHASA ARAB.” Jurnal Terapan Abdimas, 2020. https://doi.org/10.25273/jta.v5i2.5620.

    Fauzobihi, Fauzobihi, Rustomo Rustomo, Fristi Bellia Annishia, dan Retno Ramadhina. “Evaluation of Study of Research Methodology Courses (Implementation of Ralph W. Tyler’s Goal-Oriented Model Program Evaluation).” Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2022. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3267.

    Hadiyanto, Andy, Siti Maria Ulfah, dan Cendra Samitri. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Buku al-lisan al-Umm.” Satwika : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2022. https://doi.org/10.21009/satwika.020101.

    Hamdan Hasibuan, Irsal Amin, dan Achmad Yani. “Internalization Values of Religious Moderation Using Theoanthropoecocentric Pradigma at Ma’had Al-Jamiah at IAIN Padangsidimpuan.” Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 2022. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.2631.

    Hani syifa, dan Khizanatul Hikmah. “Arabic Day Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Krian Sidoarjo : Program Unggulan Pengembangan Bahasa Arab bagi Peserta Didik.” Jurnal Mu’allim, 2024. https://doi.org/10.35891/muallim.v6i1.4504.

    Hartati, Endang Dwi. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Tamyiz pada Siswa di SMP IT Al Munadi Medan.” EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2023. https://doi.org/10.56832/edu.v3i1.328.

    Herdah, Firmansyah, dan Ali Rahman. “Pendekatan Tes Diskret dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 2020. https://doi.org/10.35905/alishlah.v18i1.1258.

    Hlebowitsh, Peter. “Ralph Tyler, the Tyler Rationale, and the Idea of Educational Evaluation.” In Oxford Research Encyclopedia of Education, 2021. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190264093.013.1036.

    Ibeh, Athanatius. “Curriculum Theory By Ralph Tyler and Its Implication for 21St Century Learning.” Unizik Journal of Education Research and Policy Studies 4, no. 2 (2021): 52–61. https://unijerps.org.

    Ihsan, Ihsan. “Program Arabic Club dalam Meningkatkan Komunikasi-Produktif Bahasa Arab Santri MTs Qudsiyah Putri.” Arabia, 2020. https://doi.org/10.21043/arabia.v12i1.7460.

    Ismail, Ahmad. “Peran Ma’had Al-Jami’ah Walisongo dalam Mewujudkan Pendidikan Berbasis Islam Rahmatan Lil ‘Alamin.” Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 2022. https://doi.org/10.21580/dms.2021.212.9363.

    Linur, Rahmat. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Mursyidi Sialogo.” AL-WARAQAH Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2022. https://doi.org/10.30863/awrq.v3i1.2946.

    Mughal, Arsalan Manzoor, dan Muhammad Umar. “Evolution of Post Graduate Curricula in Pakistan.” Journal of Rawalpindi Medical College, 2022. https://doi.org/10.37939/jrmc.v25i4.1884.

    Mujahid, Imam, Muhammad Nasiruddin, dan Kartika Hudayana. “EVALUASI PROGRAM ‘KEMBARA’ SEBAGAI UPAYA DASAR PENINGKATAN PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR.” VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2022. https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1420.

    Munif, Abdul, M I N Kotawaringain Timur, Firdayanti, Syarifah, Muhamad, Mahasiswa Sekolah Tinggi, Agama Islam, dan Negeri Majene. “Jurnal Paedagogie STKIP Muhammadiyah Sampit Jurnal Paedagogie STKIP Muhammadiyah Sampit DOI :” Penerbit Gawe Buku, 2021.

    Novalinda, Rina, Ambiyar Ambiyar, dan Fahmi Rizal. “Pendekatan Evaluasi Program.” Edukasi: Jurnal Pendidikan, 2020.

    ———. “PENDEKATAN EVALUASI PROGRAM TYLER: GOAL-ORIENTED.” Edukasi: Jurnal Pendidikan, 2020. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644.

    Noviani, Marinda, dan Moh. Abdul Kholiq Hasan. “Problematika dan Solusi Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di UIN Raden Mas Said Surakarta.” Rayah Al-Islam, 2023. https://doi.org/10.37274/rais.v7i1.662.

    Permana, Insan, Rohanda Rohanda, dan Ateng Ruhendi. “Ansyithah Al-Thalabah fī Istī’āb Al-Mufradāt wa Al-Muhādlarah wa ‘Alāqatuhā Biqudratihim ‘Alā Al-Muhādatsah Al-‘Arabiyyah.” Tadris Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2023. https://doi.org/10.15575/ta.v2i1.24402.

    Rachmawati, Miatin. “PEMBENTUKAN LINGKUNGAN BAHASA ARAB BERBASIS ‘BI’AH LUGHOWIYYAH’ MAHASISWA PBA (PENDIDIKAN BAHASA ARAB) UHAMKA JAKARTA (STRATEGI DAN IMPLEMENTASI).” Al-Fakkaar, 2021. https://doi.org/10.52166/alf.v2i2.2632.

    Rijal, Fakhrul, Tasnim Idris, dan Husni. “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Ptkin Di Aceh.” Jurnal MUDARRISUNA, 2020.

    Rohhani, Imam, dan Istikomah Istikomah. “IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI KURSUS BAHASA ARAB AL-IMAN SURABAYA.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2021. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.20884.

    Sa’diyah, Miftahus. “Sinergitas Mukhoyyam Araby Dan Bi ’ Ah Arabiyah Dalam Meningkatkan Maharah Kalam Mahasiswa PBA IAIN Jember.” Prosiding Semnasbama IV UM, 2020.

    Salam, Muhammad Yusuf, dan Suharmon. “THE IMPLEMENTATION OF MA’HAD AL-JAMI’HCURRICULUM IN IMPROVING THE ABILITY OF ARABIC LANGUAGE IN UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.” In PROCEEDING IAIN Batusangkar, 2018.

    Saragih, Muhammad Rizki Dermawan, Faisal Faisal, dan Neliwati Neliwati. “Manajemen Pengembangan Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2022. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2162.

    Stufflebeam, D. L., & Coryn, L. C. Evaluation Theory, Models, and Applications. San Fransisco: Jossey Bass, 2014.

    Sumo, Amat Tarop bin. “Evaluation of the Implementation of Curriculum for Teaching Elementary School Malay Language Skills to Malay Language Teacher Students at the Teacher Education Institute (IPG).” Journal Civics and Social Studies, 2023. https://doi.org/10.31980/civicos.v7i1.2240.

    Takdir, Takdir. “PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 2020. https://doi.org/10.47435/naskhi.v2i1.290.

    Ulfiah, Umi Hanik, dan Muhammad Misbahul Munir. “KORELASI BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI NON ARAB .” An-Nuur, 2022. https://doi.org/10.58403/annuur.v12i1.92.

    Yunita, Yenni, dan Rojja Pebrian. “Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Kalam di Kelas Bahasa Center for Languages and Academic Development.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5838.

    العيني, نور. “إستراتيجية تعليم مهارة الكلام باستخدام برنامج الخطابة المنبرية في مدرسة العزة الإسلامية العالمية بمدينة باتو.” التدريس, 2022.


Open Access Copyright (c) 2024 Irsal Amin Lubis, Rahmawati Rahmawati, Yasmadi Yasmadi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN

ISSN Print : 2355-8717 ISSN Online : 2721-8406

Jalan T. Rizal Nurdin,KM 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan Tenggara Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

 


View My Stats Counter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.