Pendidikan karakter penting dalam kehidupan untuk membangun kepribadian peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan prinsip-prinsip etis dan moral yang mempengaruhi perasaan dan tindakan seseorang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan komunikatif . Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi kelas di SMAI Bawari Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan komunikasi meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab serta meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami kosakata dan struktur kalimat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa berkomunikasi dalam pembelajaran bahasa dapat memperbaiki kualitas pembelajaran di era digital. Penerapan pendekatan komunikatif telah berimplikasi pada peserta didik untuk terlibat aktif dalam interaksi yang relevan, tidak hanya belajar bahasa, tetapi juga nilai-nilai moral dan karakter positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi antara pendidikan karakter dan pembelajaran bahasa Arab sangat penting dalam konteks global saat ini, di mana penguasaan bahasa dan pembentukan karakter saling terkait dan tidak dapat dipisahkan
Supplement Files
Keywords :
pendidikan,pendekatan komunikatif, bahasa arab
Arsyad, M. Husni. “Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa.” Shaut Al-’Arabiyah 7, no. 1 (June 27, 2019): 13. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.8269.
Astuti, Retno Hidayah. “Pembelajaran Bahasa Arab Dan Pengembangan Karakter Siswa Kelas V MI Qurrota A’yun Blotan Wedomartani (Perspektif Psikolinguistik).” UIN Sunan Kalijaga, 2016.
Burhanuddin. “Pengembangan Materi Ajar Berbasis Komunikasi dalam Pendidikan Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Indonesia 4, no. 12 (December 2023): 1318–28. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i12.2583.
Farinda, Fera Umi, and Syahraini Nursyifa Camila. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Tantangan di Era Revolusi Society 5.0.” In Prosiding Samasta: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 297–305. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2021.
Fauziah, Jihan, Masnuripa Siregar, Nurul Syakirah Srg, Nurul Wardani Fadhila Lubis, and Yunita Syahfitri. “Transformasi Pendidikan Karakter: Pengaruh Kurikulum Merdeka Terhadap Peserta Didik.” Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) 2, no. 8 (August 2024): 1119–29.
Fitri, Titi, and Renni Hasibuan. “Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah dasar Islam Terpadu Alam Talago: Pendekatan Kurikulum Berbasis Teknologi.” Jitera - Journal In Teaching And Education Area 1, no. 1 (February 29, 2024): 113–29.
Hakim, Arif Rohman. “Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia.” Journal on Education 06, no. 01 (December 23AD): 2361–73.
Hasnida, Sindi Septia, Ridho Adrian, and Nico Aditia Siagian. “Tranformasi Pendidikan di Era Digital.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI) 2, no. 1 (February 29, 2024): 110–16. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2488.
Hikmasari, Dyan Nur, Happy Susanto, and Aldo Redho Syam. “Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona dan Ki Hajar Dewantara.” AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education (AJBE) 6, no. 1 (December 16, 2021): 19–31.
Iskandar, Akbar, Widia Winata, Farid Haliti, Muqarramah Sulaiman Kurdi, Putra Hendra Sitompul, Musyarrafah Sulaiman Kurdi, Sri Nurhayati, Mila Hasanah, and Ma’rifani Fitri Arisa. Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Edited by Akbar Iskandar. 1st ed. Sulawesi: Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia, 2023.
Jabbar, Mujahid Abdul, Fitrayani Kahar, and Wahyudin. “Penggunaan Media YouTube dalam Meningkatkan Keterampilan Mendengar Bahasa Arab Kelas X MA Al-Ikhlas Labunti Raha Sulawesi Tenggara.” ELJOUR: Education and Learning Journal 3, no. 2 (July 31, 2022): 108–16. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.176.
Mahyudin Ritonga et al., “The Effect of Technology on Arabic Language Learning in Higher Education,” Journal of Education and Learning 18, no. 1 (2024): 116–27, https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i1.20867.
Muhammad Nur et al., “Transforming Education To Prepare Future” 02, no. 02 (2024): 1539–45.
Muradi, Ahmad. “Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 1, no. 1 (May 30, 2014): 29–48.
Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Edited by Dwi Nini Sutini. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Prayoga, Fatkhul Ibnu, Nisaul Masruroh, and Nur Vina Safitri. “Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia.” Social, Humanities, and Educational Studies; Universitas Sebelas Maret 7, no. 3 (2024): 613–22. https://jurnal.uns.ac.id/shes.
Putri, Aidah Novianti, and Moh. Abdul Kholiq Hasan. “Penerapan Kecerdasan Buatan Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0.” Tarling : Journal of Language Education 7, no. 1 (June 30, 2023): 69–80. https://doi.org/10.24090/tarling.v7i1.8501.
Savira, Liza. “Peran Guru Pada Transformasi Pendidikan dalam Menyongsong Generasi Emas 2045.” Al-Madaris 4, no. 2 (2023): 28–36.
Subur. “Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan 13, no. 2 (August 2008): 1–9.
Syahnaidi, Muhammad Amin Qodri, and R. Umi Baroroh. “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Muhammadiyah.” Arabi: Journal of Arabic Studies 3, no. 2 (December 31, 2018): 181–95. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i2.97.
Triatmanto. Tantangan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Dies Natalis UNY. Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan, 2010.
Triyanto. “Peluang dan Tantangan Pendidikan Karakter di Era Digital.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 17, no. 2 (November 11, 2020): 175–84. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476.