جهود المعلم في ترقية الإنجاز التعلم للتلاميذ بمعهد مرضات الله

Ali Asrun Lubis* -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia
Sri Rezeki Siagian - 

Supp. File(s): Research Instrument
Masalah dalam penelitian ini adalah apa bentuk upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran nahwu di pondok pesanteren mardatillah, dan problem apa yang dihadapi guru  dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran nahwu di pondok pesanteren mardatillah. Metode penelitian yang peneliti gunakan akan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan cara menggambarkan fenomena-fenomena dan fakta-fakta dengan cara mengumpulkan data-data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini guru menyempurnakan upayanya dalam pembelajaran nahwu dengan menggunkan metode yang layak, dan menentukan tujuan pembelajaran pembelajaran dengan tujuan pribadi, memberikan rangsangan pada siswa, memeberikan hadian pada siswa, lalu factor-faktor yang dihadapi guru ada dua factor internal seperti perbedaan kemampuan dan perhatian dan motivasi siswa dan factor eksternal  metode cenderung monoton pada metode ceramah, Tanya jawab dan media pembelajaran dan kekurangan biaya.

Supplement Files

  1. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Tarjamahnya, (Jakarta :Toha Putra, 1989)
  2. Google, Syamsul Ma’arif, Pesantren Vs Kapitalisme Sekolah (Semarang: Need‟s press, 2008),hlm.63
  3. H.M. Sulthon Masyhud. Dan Moh. Khusnur dilo, Manajemen Pondok Pesantren, (Jakarta, DIVA Pustaka, 2003), hlm. 1,2
  4. Hamzah, Guru Nahwu, WawancarapadaTanggal 20 September 2018, di PondokPesantren Mardhotillah Tano Ponggol
  5. Ismail S. Ag. Guru Nahwu, Wawancara Pada Tanggal 20 September 2018, di Pondok Pesantren Mardhotillah Tano Ponggol.
  6. Itmamul Umam, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Nahwu di Madrasah Diniyah At-thohiriyah”, Skiripsi (IAIN Purwokerto 2015),Minggu 01 November 2017
  7. Muhammad Arsyad, Guru Nahwu,Wawancarapadatanggal 21 September 2018, di PondokPesantrenMardhotillahTanoPonggol
  8. Nana Sujana.Cara Belajar Siswa Aktif, ( Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1996)
  9. Observasi Guru NahwuTanggal 20 September 2018, di Pondok Pesantren Mardhotillah Tano Ponggol
  10. Observasi, Dokumen Nilai Pondok Pesantren Mardhotillah Tano Ponggol, PadaTanggal 20 September 2018.
  11. Observasi,PadaTanggal 20 September 2018, di Pondok Pesantren MardhotillahTanoPonggol
  12. Pilhanuddin, Mudir, Wawancara Pada Tanggal 20 September 2018, di Pondok Pesantren Mardhotillah Tano Ponggol.
  13. Rabiatul Adawiyah, Santriah Kls III, Wawancara PadaTanggal 21 September 2018, di Pondok Pesantren Mardhotillah Tano Ponggol
  14. Ramlan Ependi Tanjung, Santri kelas II, Wawancara Pada tanggal 21 September 2018, di Pondok Pesantren Mardhotillah Tano Ponggol
  15. Soewondo dkk. Pembelajaran Remedial,(Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan, 2003)

Open Access Copyright (c) 2020 Ali Asrun Lubis, Sri Rezeki Siagian
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN

ISSN Print : 2355-8717 ISSN Online : 2721-8406

Jalan T. Rizal Nurdin,KM 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan Tenggara Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

 


View My Stats Counter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.