إستخدام طريقة الغناء في ترقية إتقان المفردات التلامذ فصل الخامس في المدرسة الإبتدائية الحكومية الثانية بادانج سيدمبوان

Muhammad Yusuf Pulungan* -  pendidikan bahasa arab IAIN Padangsidimpuan, Indonesia
Khoirun Nisa Nasution - 

Mengajar kosakata Di MIN II Padangsidimpuan, kosakata digunakan dalam mengajar siswa dengan cara menerjemahkan, dan mereka kurang digunakan dalam proses pengajaran. Hasil belajar siswa rendah karena metode guru mengajar yang sedikit bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas V di MIN i II Padangsidimpuan.

Jenis penelitian ini adalah “penelitian melalui proses mengajar di kelas” dan metode penelitiannya adalah metode deskriptif dan analitik. Jumlah siswa terdiri dari tiga puluh tujuh siswa. Alat pengumpul data adalah ujian. Analisis data dilakukan dengan observasi, wawancara dan ujian. Peneliti meneliti dengan melakukan penelitian tindakan kelas, yang berlangsung pada pra siklus, siklus pertama, dan siklus kedua. Sebelum pra siklus memperoleh nilai 37%, dan siklus pertama memperoleh nilai 62%, sampai siklus kedua 91% dari nilai.

Keywords : metode menyanyi, penggunaan metode untuk meningkatkan penguasaan kosakata

  1. عبد العزيز بن عبد الله المشاري،" الوسائل التعليمية".
  2. محمد مزمل،" مدخل الى المناهج و طريقة التدريس"، (سعودية : جميع الحقوق محفوظة 1995 )
  3. محمود كنمل الناقة "طرائق تدريس اللغة العربية لغير الناطقين بها" (مصر: أيسيسكو، 2003 )
  4. Fathul Mujib & Nailur Rahmawati, Metode Permainan-Permainan Dalam Belajar Bahasa Arab, (Yogyakarta: Diva Press, 2011 )
  5. Istarani, 58 model Pembelajaran Inivotif, (Medan: Cv Iscom Medan, 2012)
  6. Jasa Ungguh Muliawan, 45 Model Pembelajaran Spektakuler, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017)
  7. Jasa Ungguh Muliawan, 45 Model Pembelajaran Spektakuler, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017)
  8. Novi Mulyani, M.Pd.i, Pengembangan Seni Anak Usia Dini, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017)
  9. Nur Saidah Lubis, Guru Bahasa Arab Di MIN 2 Padangsidimpuab, “Wawancara” Pada Tanggal 28 Oktober 2019.
  10. Ridwan & A. Fajar Awaluddin, “penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan mufradat dalam pembelajaran bahasa Arab di raodhatul Athfal” Jurnal Kependidikan, Vol. 13 NO. 1, Juni 2019 (ttps:llscholar.google.com, diakses 25 oktober 2019 pukul 09.10 WIB)
  11. Syaiful Mustofa, Bahasa Arab Inovatif, ( Uin Maliki Press, 2011).
  12. Tukiran Taniredja, Irma Pujiati, & Nyata, Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: Alfabeta, 2013)

Open Access Copyright (c) 2020 Muhammad Yusuf Pulungan, Khoirun Nisa Nasution
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN

ISSN Print : 2355-8717 ISSN Online : 2721-8406

Jalan T. Rizal Nurdin,KM 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan Tenggara Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

 


View My Stats Counter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.