TATHBIQ AL-IKHTIBAR AL-QAIM ‘ALA AL-HASUB ISTINAADAN ‘ALA NAMADZIJ GOOGLE FI IKHTIBAR AL-LUGHAH AL-‘ARABIYAH AL-‘AMMAH

Afrina Refdianti* -  UIN Syekh ALi Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Afwan Afwan -  UIN Syekh ALi Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Nur Hasnah -  Universitas Islam Negeri Djmail Djambek Bukittinggi, Indonesia
Irhas Salam -  Universitas al-Azhar, Kairo Mesir, Egypt
Perkembangan zaman dan tuntutan penggunaan teknologi dalam uji kompetensi siswa memberikan peluang untuk terus berinovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem CBT (Computer based Test) menggunakan Google Forms pada tes bahasa Arab (Ikhtibar al-Lughah al-Arabiyah al-'Ammah) di kelas ILA-AL Pusat Bahasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian adalah mahasiswa kelas ILA-AL di Pusat Bahasa UIN Syahada Padangsidimpuan. Penelitian menggunakan metode deskriptif analitis—teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan kuesioner.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi CBT berbasis Google Form efektif digunakan sebagai standar tes bahasa Arab bagi siswa. Perkembangan zaman dan tuntutan penggunaan teknologi dalam tes bakat siswa memberikan peluang untuk inovasi yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi sistem ujian berbasis komputer menggunakan model Google pada Ujian Bahasa Arab Umum di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hassan Ahmad Aldari Padang Sedembawan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE Subyek penelitian adalah siswa kelas Tes Bahasa Arab Umum dari Pusat Pengembangan Bahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi tes berbasis komputer berbasis model Google efektif digunakan sebagai standar tes bahasa Arab bagi siswa. Pengembangan aplikasi sangat penting untuk kemajuan digitalisasi di Pusat Bahasa Syekh Ali Hassan Ahmad Dari Padang UIN Sidemawan.
  1. Amalia, Thoyyibatul. “Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, no. 5 (2019): 318–23. Annisak, Wiricha, and Haerul Pathoni. “Desain Pengemasan Tes Diagnostik Miskonsepsi Berbasis CBT ( Computer Based Test ).” Jurnal Edufisika 02, no. 01 (2017): 1–12. Arsyad Itsarl Ikhwan, Syihabuddin, Mad.Ali. “Problematika Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Masa Pandemi Covid-19 Pendahuluan.” Al-Ma’rifah (Jurnal Budaya, Bahasa Dan Sastra Arab) 18, no. 2 (2021): 121–26. https://doi.org/10.21009/almakrifah.18.02.01. Choiroh, Muhimmatul. “Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media E-Learning.” NASKHI (Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab) 3, no. 1 (2021): 41–47. Dwi Lestari, Akhmad Arif Musadad, Sri Wahyuni. “Penggunaan Computer Based Test (CBT) Sebagai Sarana Evaluasi Dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Penilaian Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Sma Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016.” Jurnal CANDI 19, no. 1 (2019): 125–37. Dwi Purwati, Alifi Nur Prasetia Nugroho. “Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di SMAN 1 Prambanan” 4, no. 1 (2018). Eldarni, Eldarni, and Novrianti Novrianti. “Pengembangan Computer Based Test

Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYEKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN

ISSN Print : 2355-8717 ISSN Online : 2721-8406

Jalan T. Rizal Nurdin,KM 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan Tenggara Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

 


View My Stats Counter


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.