Penerapan Pembelajaran Life Skill di Pocenter

Satna Satna (Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia)
Nurtina Irsad Rusdiani (Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi cara life skills diajarkan di pocenter. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengumpulkan data yang memberikan gambaran tentang sistem pendidikan life skills, langkah-langkah dalam proses pembelajaran life skills, serta hasil yang diperoleh peserta didik dalam pembelajaran life skills di pocenter. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam pengembangan life skill, terdapat penekanan pada beberapa elemen utama, yaitu penguasaan kemampuan yang relevan bagi peserta didik, penyajian materi pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik, penyelenggaraan kegiatan pembelajaran serta partisipasi aktif peserta didik dalam mencapai kompetensi, ketersediaan fasilitas, peralatan, dan sumber pembelajaran yang memadai, serta penerapan kemampuan-kemampuan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Dalam penelitian ini, pendekatan yang dipergunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan Metode analisis deskriptif dengan maksud untuk mendeskripsikan peristiwa, perilaku orang atau suatu keadaan dalam bentuk narasi secara lebih mendalam dan rinci. Pendekatan dan metode ini dipilih karena sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian, yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana di pocenter mengimplementasikan pendidikan life skills dalam meningkatkan kemandirian para santri. Dalam penyusunan program pembelajaran, kolaborasi antara guru dan kepala sekolah menjadi suatu hal yang sesuai. Ini disesuaikan dengan penelitian yang menemukan bahwa jenis pengajaran yang efektif bagi anak adalah yang menempatkan guru dan siswa di pusatnya. Kurikulum dimulai dengan perencanaan pembelajaran dan tujuan pembelajaran. Dalam setiap program pembelajaran yang disajikan oleh guru, nilai-nilai berbasis keterampilan hidup seperti kemandirian dan tanggung jawab pada siswa dipromosikan. Namun, pendekatan ini disesuaikan dengan perkembangan individu siswa, sehingga mereka dapat menguasai keterampilan dasar yang sesuai dengan tahap usia mereka.

 


Keywords


Pembelajaran life skill, penerapan Life Skill

Full Text:

PDF

References


Anti, J. F. (2023). Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa. Unisan Jurnal, 2(5), 247-257.

Arifian, A. (2018). Model Implementasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Life Skill Siswa Sdit At-Taufiq Bogor. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 74-94.

Muzaini, M. C., Rahayu, R., Rizky, V. B., Najib, M., Supriadi, M., & Prastowo, A. (2023). Organisasi Integrated Curriculum Dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Life Skill Di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 598-612.

Rina, G., & Karmila, M. (2020). Pendidikan Keterampilan Hidup (Life skill) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Keluarga. Tematik, 6(2), 53-61.

Rakhman, A., & Alam, S. K. (2020). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Meningkatkan Life Skill Pada Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 9-17.

Robiah, S., Ratnasih, T., & Ht, M. A. C. C. Penerapan Kecakapan Hidup (Life Skill) Di RA Al-Muhajir Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak.

Suprihatin, Y., & Dewi, E. L. (2018). Implementasi Pendidikan Lifeskill Sejak Dini Dalam Pembelajaran Enterpreneurship. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 85-96.

Umam, N. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter dan Life Skill di SD Saat Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 4(2), 71-78.

Nursafitri, A. D., Balqis, F., & Suryadi, M. D. E. (2020). Penerapan Life Skill pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Jurnal Ortopedagogia, 6(2), 100-103.

Nugrahani, D., Senowarsito, I. K. I. P., Egar, N., Sumardiyani, L., & Wardoyo, S. L. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Life Skills. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 20-23.

Rahmawati, I. Y. (2016). CD Interaktif sebagai media pembelajaran berbahasa bagi anak usia dini di Ponorogo. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 1(1).

Rahmawati, I. Y. (2016). CD Interaktif sebagai media pembelajaran berbahasa bagi anak usia dini di Ponorogo. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 1(1).

Wulansari, B. Y., & Sugito, S. (2016). Pengembangan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kualitas proses belajar anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 16-27.

Wulansari, B. Y. (2019). Pemahaman Konsep “Wall-Less-Ness” dalam Pembelajaran Berbasis Alam di Kindergarten Green School Bali. JDPP Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 86-98.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i1.10571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurtina Irsad




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205