Peran Guru dalam Melatih Kemandirian Anak di Pocenter

Satna Satna (Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia)
Nurtina Irsad Rusdiani (Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi peran guru dalam melatih kemandirian anak di pocenter dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat perkembangan kemandirian anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian berupa guru di pocenter. Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam melatih kemandirian anak di pocenter dianggap sangat baik. Guru menjalankan enam peran kunci yang berkontribusi pada pengembangan kemandirian anak. Berikut adalah enam peran tersebut: memberikan pemahman positif, membiasakn anak untuk rapi, memberikan permainan, memberikan anak pilihan sesuai minatnya, membangun komunikasi dengan orang tua, dan membangun komunikasi dengan anak.

Keywords


Kemandirian, pocenter

Full Text:

PDF

References


Hariwijaya. (2009). PAUD Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini.,

M. Hariwijaya & Bertiani Eka. (2009). Paud Melejitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini (Yogyakarta). Mahadika Publishing.

//lib.ipmafa.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D5605%26keywords%3D

Khotijah, Irul, et al. "Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK GMIT Syaloom Airnona Kota Kupang." Jurnal Golden Age 7.1 (2023).

Pahruda, dkk. (2020). PERAN GURU DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KRISTEN IMMANUEL II SUNGAI RAYA | Paruha | Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15685

Khotijah, Irul, et al. "Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK GMIT Syaloom Airnona Kota Kupang." Jurnal Golden Age 7.1 (2023).

Sugiyono. (2016). Memahami penelitian kualitatif / Sugiyono | Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=15364

Adriana, R., Marmawi, M., & Miranda, D. (2022). PERAN GURU MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BRUDER MELATI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(10), 2072-2078.

Wiyani (2013). (2013). Bina karakter anak usia dini: Panduan orangtua & guru dalam membentuk kemandirian & kedisiplinan anak usia dini / Novan Ardy Wiyani; editor, Rose Kusumaning Ratri | OPAC Perpustakaan Nasional RI. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=887185




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i1.10572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurtina Irsad




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205