Implementasi Metode Bermain Konstruktif dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini

Farida Ismananda Rukmatin (Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia)
Nurtina Irsad Rusdiani (Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia)

Abstract


Permainan konstruktif adalah jenis permainan di mana anak terlibat dalam kegiatan membangun, mengonstruksi, dan memperbaiki, menggunakan berbagai bahan untuk menciptakan sesuatu. Tujuan utama dari permainan ini bukanlah menciptakan sesuatu yang berguna, melainkan untuk memberikan kegembiraan kepada anak selama prosesnya. Permainan konstruksi mengembangkan keterampilan motorik halus anak. Perkembangan motorik halus melibatkan kemampuan anak dalam melakukan gerakan-gerakan yang melibatkan bagian tubuh tertentu yang dilakukan oleh otot-otot kecilnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitataif dengan metode deskripsi yang dimana peneliti memaparkan hasil observasi yang dilakukan. Tujuan pembelajaran adalah permainan konstruktif yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak. Dimana, Lembaga Pocenter Ponorogo menerapka pembelajaran konstruktif namun belum maksimal dalam melakukannya. Hasil dari observasi yang dilakukan peneliti metode bermain konstruktif dengan media cotton bud fruits di Pocenter Ponorogo, anak dibebaskan dalam melatih krratifitas serta memiliki daya fikir secara kreatif dan inovatif sesuai dengan kemampuan anak.

 


Keywords


Bermain konstruktif, motorik halus, media cotton bud, Pocenter Ponorogo

Full Text:

PDF

References


Malau, D. S., & Handayani, A. T. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Bermain Konstruktif Menggunakan Kertas Kokoru Kelompok B Di TK Santa Lusia Sei Rotan TA 2021-2022. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 70-79.

Novela, R. Bermain Konstruktif dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus di Pendidikan Anak Usia Dini (PUAD) Al Falah Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Jember).

Oktaria, R. (2013). Implementasi Pendekatan Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nizham: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 174-184.

Sa’adah, L., & Mufid, A. (2022). Implementasi model bermain konstruktif dengan media balok untuk meningkatkan kognitif anak. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(1), 215-228.

Utami, F. (2017). Pengaruh Permainan Konstruktif Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Pada Kelompok A Ra Mutiara Sunnah Palembang Tahun 2016. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Wulandari, F., Muslihin, H. Y., & Nur, L. (2020). Penerapan Bermain Konstruksi Magic Sand Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 63-72.

Zanirahmabeti, Z., & Wasidi, W. (2020). Penerapan metode bermain konstruktif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus dan kreativitas (Studi Pada Anak Kelompok B di TK Negeri 19 Bengkulu Selatan). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2), 234-244.

Damayanti, R., & Fatimah, A. (2017, December). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Lego Konstruktif. In Prosiding Seminar Nasional PG PAUD Untirta 2019 (pp. 193-204).




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i1.10577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Farida isma nanda




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205