Intervensi Guru terhadap Perilaku Tantrum Anak Usia Toddler di Daycare Pocenter

Farida Isma Nanda (Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia)
Nurtina Irsad Rusdiani (Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia)

Abstract


Abstrak
Usia toddler adalah rentan usia anak 1-3 tahun dimana pada usia tersebut sering dikenal dengan masa golden age (masa keemasan), pada masa ini anak mulai merangkak, berjalan hingga berlari dengan cepat. Pada masa kanak-kanak, anak mulai merasakan dan mengekspresikan emosinya. Tantrum yang tidak segera diatasi oleh orang tua atau pengasuh akan menyebabkan anak mengalami perilaku abnormal lainnya, seperti agresi, melukai diri sendiri, atau menyakiti orang lain. Kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor seperti komunikasianak, pola asuh orang tua dan lingkungan anak. Karena siswa di Pocenter Ponorogo yang masih memasuki usia toddler, sedikit banyak anak di Pocenter Ponorogo sering mengalami tantrum dengan berbagai alasan. Peneliti memilih Day Care Pocenter Ponorogo dengan alasan agar mengidentifikasi faktor penyebab tantrum dan tindakan intervensi yang diambil dalam mengatasi tantrum adalah penting. Oleh karena itu, pendidik perlu memahami karakter dan permasalahan individu setiap anak, serta berupaya menangani dan memberikan dukungan terhadap berbagai masalah perkembangan anak, termasuk masalah tantrum.
Kata Kunci : intervesi, balita, tantrum, Pocenter Ponorogo.

Abstract
Toddler age is the vulnerable age of children 1-3 years old, where this age is often known as the golden age, at this time children start to crawl, walk and run quickly. In childhood, children begin to feel and express their emotions. Tantrums that are not immediately resolved by parents or caregivers will cause children to experience other abnormal behavior, such as aggression, self-harm, or hurting others. This condition is caused by many factors such as child communication, parenting patterns and the child's environment. Because students at Pocenter Ponorogo are still at toddler age, quite a number of children at Pocenter Ponorogo often experience tantrums for various reasons. Researchers chose Day Care Pocenter Ponorogo on the grounds that identifying the factors that cause tantrums and the intervention measures taken to deal with tantrums is important. Therefore, educators need to understand the individual character and problems of each child, and try to handle and provide support for various children's development problems, including tantrum problems.
Keywords: intervention, toddler, tantrums, Pocenter Ponorogo.


Keywords


Intervesi, Balita, Tantrum, Pocenter Ponorogo

Full Text:

PDF

References


Wati, D. W., Asfiyak, K., & Dewi, M. S. (2021). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Tantrum Pada Anak Usia Dini Di Day Care Sekolah Dolan Perumahan Villa Bukit Tidar Malang. Jurnal Dewantara, 3(1), 82-90.

Sari, M., & Sitepu, J. M. (2024). Peran Guru dalam Mengatasi Anak Temper Tantrum melalui Metode Time Out pada Aktivitas Pembelajaran. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 230-241.

Utama, A. A. (2023). Perilaku Tantrum Pada Anak Usia Dini di TK ABA Sumbawa. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 374-378.

Nurfadilah, M. F. I. (2021). Modifikasi perilaku anak usia dini untuk mengatasi temper tantrum pada anak. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 69-76.

Fikriyah, A. T., & Syafi’i, I. (2021). Peran Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Anak Temper Tantrum. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 127-140.

Rohmah, N. A. N. (2021). Modifikasi Perilaku Tantrum Melalui Permainan dan Metode Time-Out pada Anak Usia Dini. Early Childhood Education and Development Journal, 3(2), 93-101.

Zainuddin, Z., Mulyadi, M., Muhibuddin, M., Nasir, M., & Susilawati, S. (2023). Strategi Orang Tua Dalam Mengatasi Kebiasaan Temper Tantrum Pada Anak Usia Dini di Kecamatan Langsa Baro. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001).

Jiu, C. K., Hartono, H., Amelia, L., Surtikanti, S., Gusmiah, T., Wuriani, W., ... & Putra, G. J. (2021). Perilaku Tantrum pada Anak Usia Dini di Sekolah. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 262-267.

Herawati, N. I. (2012). Menghadapi anak usia dini yang temper tantrum. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).

Lestari, W. A., Putri, C. E., Sugiarti, R., & Suhariadi, F. (2021). Pengelolaan Perilaku Tantrum Oleh Ibu Terhadap Anak Usia 12-48 Bulan. Proyeksi, 16(2), 208-219.

Irchamni, A. (2022). Strategi Program Bimbingan Konseling Islam Sebagai Upaya Terapi Dan Antisipasi Perilaku Tantrum Pada Anak Usia Dini. JURNAL PEDAGOGY, 15(1), 150-163.

Yulia, R., Suryana, D., & Safrizal, S. (2021). Manipulatif Tantrum: Strategi untuk Mewujudkan Keinginan Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(1), 1-10.

Setyarini, D. I., Rengganis, S. G., Ardhiani, I. T., & Mas’udah, E. K. (2023). Analisis Dampak Screen Time terhadap Potensi Tantrum dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2496-2504.

Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan sosial emosional anak usia dini di nusa tenggara barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484-493.

Sukatin, Q. Y. H., Alivia, A. A., & Bella, R. (2020). Analisis psikologi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156-171.

Mashar, R. (2015). Emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya. Kencana.

Zakiyah, N. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Usia Toddler Di Dukuh Pelem Kelurahan Baturetno Banguntapan Bantul. Interest: Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1), 62-71.

Herlina, L., Kurniasih, U., Triwahyuni, N., Sutarna, A., Herlina, N., & Yunita, I. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Pra Sekolah Di Paud Nurul Islam Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2674-2681.

Perdani, Z. P., & Al-afghani, J. (2019). Parenting Style of Parents and Temper Tantrum at the Age of 1-3 Years at Pakuhaji Health Center, Tangerang Regency in 2018. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI), 2(2), 41-50.

Sadita, A. A., & Sa’adah, N. (2023). Temper Tantrum Behavior in Early Childhood as Communication with Parents. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 45-52.

Gea, N. Y. K., & Bunga, D. N. F. H. (2024). THE RELATIONSHIP OF PARENTS USING THERAPEUTIC COMMUNICATION WITH TEMPER TANTRUM BEHAVIOR IN PRESCHOOL CHILDREN AT RT 021 RW 006 SUKAJAYA VILLAGE. Jurnal Medicare, 3(1), 1-11.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i1.10579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Farida isma nanda




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205