Analisis Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini di Tempat Penitipan Anak (Pocenter)

Umul Fitri (Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia)
Nurtina Irsad Rusdiani (Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia)

Abstract


Anak usia dini merupakan anak yang berada pada tahap pertumbuhan dan perkembangan, baik secara fisik, kognitif, sosial emosional, kreatif, linguistik dan komunikatif. Masa ini memerlukan banyak rangsangan perkembangan, termasuk keterampilan interaksi sosial, untuk mencapai titik optimal. Interaksi sosial penting dalam kehidupan sehari-hari, karena tanpa adanya sebuah interaksi akan sangat menyulitkan semua orang dalam hidup di lingkungan masyarakat. Keterampilan komunikasi sosial sangat penting pada anak usia dini, karena dalam berinteraksi anak diajarkan untuk hidup bermasyarakat di lingkungannya. Selain itu, melalui interaksi sosial, anak dapat belajar mengungkapkan perasaan dan secara tepat menantang perilaku moralnya sendiri, serta mengenalkan anak pada pola pikir orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi sosial anak pada pendidikan anak usia dini di lembaga anak POCENTER. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan observasi. Sumber data berupa data primer yaitu: peneliti melakukan pengamatan langsung di lapangan yaitu di Tempat Penitipan Anak POCENTER. Data sekunder berupa buku-buku, jurnal, sumber internet, dan hal-hal lain yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak Pocenter mempunyai kemampuan komunikasi sosial yang baik antara lain kerjasama, tolong menolong, menghargai dan berbagi.


Keywords


Kemampuan interaksi sosial, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Lely Halimah, Perkembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, (Bandung: Refika Aditama, 2016

Elizabeth B.Hurlock, Perkembangan Anak Jilid I, (Jakarta: Erlangga, 1995), h.250

Batinah. 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi InteraksiSosial Pada Anak Usia Dini: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 9(1)

Ballerina, Ratunesi. 2020. Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Among Siwi Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 5 Tahun ke-9.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta

Setiawan, Hery Yuli. 2016. Permainan Kooperatif Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Udia Dini. Jurnal AUDI, 1(1)

Hayati, Siti Nur. 2021. Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1)

Mayar, F. 2013. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Jurnal Al-Ta’lim, 6

Nugroho, dkk. 2014. Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Nurhabibah, dkk. 2016. Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Di Paud Nurul Hidayah, Desa Lampuuk, Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1):60-67

Wijaya, Erik dkk. 2023. Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1)

Wijayanti, R. 2014. Permainan Tradisional sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).

Syafrina, M. 2014. Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak melalui Permainan Ular Naga di PAUD Harapan Bangsa Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Padang Pariaman. Spektrum PLS. Vol.11, No.1, hlm. 50-59.

Perdani, P. A. 2013. Peningkatan keterampilan sosial melalui metode bermain permainan tradisional pada anak TK B. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 234-250




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i1.10584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 umul fitri




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205