Pembiasaan Refleksi Nilai-Nilai Islam Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afnita, J., & Latipah, E. (2021). Perkembangan Moral Anak Usia Dini Usia 0-6 Tahun dan Stimulasinya. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 16(2), 289–306. https://doi.org/10.24090/yinyang.v16i2.4421Aini, A. (2022). Stretching: Definisi, Teknik, Manfaat, dan Tips Melakukannya. Glints. https://doi.org/https://glints.com/id/lowongan/refleksi-diri-adalah/#:~:text=Dilansir%20dari%20Swhelper%2C%20self%20reflection,diri%20sendiri%20lebih%20baik%20lagi.Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28Anggraeni, C. E. & M. S. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung jawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100–109.Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak, The Importance of Childhood Education for Child Development, Jurnal Dinamika Pendidikan dasar, Volume 8, No.1, Maret 2016, hlm. 50. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 51. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/943Borgias, F. (2016). Arti Penting Refleksi dalam Dunia Pendidikan. Universitas Katolik Parahyangan. https://unpar.ac.id/arti-penting-refleksi-dalam-dunia-pendidikan/Gianoutsos, J. (2006). Locke And Rousseau: Early Chilhood Education. Baylor University, 4(1). https://www.baylor.edu/pulse/index.php?id=42091Khodijah, N. (2014). Reflective Learning sebagai Pendekatan Alternatif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 180. https://doi.org/10.15642/islamica.2011.6.1.180-189Kohlberg, L. (1958). The development of modes of moral thinking and choice in the years 01 to 01 [The University of Chicago]. In Unpublished doctoral dissertation, university of Chicago (Issue 9). https://www.proquest.com/openview/c503bf59d762abe5818e1b24c484d41a/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750&diss=yMaharani, L. (2014). Perkembangan Moral Pada Anak. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 93–98. https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.1483Mardiyati, I. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Dasar Islami. At-Turats, 9(1), 35–47.Mathematics, A. (2018). Metode Pembiasaan. The Japanese Journal of Gastroenterological Surgery, 12(2), 1–23.Muhammad, H. (2012). Pedoman Penyelenggaraan PAUD Terpadu (Pertama). Bee Media Pustaka.Muntakhib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Agama Islam di TK ABA Petarukan (Kajian Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di TK ABA Petarukan). Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi Dan Tradisi Volume, 04(02), 247–262.Nugroho, N. (2015). Pendidikan Moral menurut John Locke Perspektif Pendidikan Agama Islam (Vol. 16, Issue 1994) [Uinversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga]. http://eprints.ums.ac.id/37501/6/BAB II.pdfNurhayati, E. (2015). PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN BAGI ANAK USIA DINI (Studi di RA Al-Ishlah Cirebon - Jawa Barat). http://repository.syekhnurjati.ac.id/3373/1/4. HKI %26 Laporan Penelitian 2015.pdfNurindah, S. (2018). Efektifitas Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Anak di TK Permata Bunda Kecamatan Kemiling Bandar Lampung (Vol. 6, Issue 1) [UIN Raden Intan, Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/7338/1/SKRIPSI PDF.pdf#Prasetiawan, A. Y. (2019). Perkembangan Golden Age Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 100–114. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.3829Putri, R. F. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Al-Muttaqin Pekanbaru. https://repository.uin-suska.ac.id/13212/Rifa’i Achmad, & Anni Tri Catharina. (2016). Psikologi Pendidikan (A. S. Wardan (ed.); 23rd ed.). PT Remaja Rosdakarya.Rowiyati, S. (2021). Implementasi Program Anak Sholeh untuk Menanamkan Nilai Moral Agama pada Anak Usia Dini Di RA ’Aisyiyah Bancar [Universitas Muhammadiyah Ponogoro]. In Repository Muhammadiyah University of Ponogoro. http://eprints.umpo.ac.id/8348/2/1. HALAMAN DEPAN.pdfRubini, R. (2019). Pendidikan Moral Dalam Perspektif Islam. Al-Manar, 8(1), 225–271. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.104Rufaedah, E. A. (2017). Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam. Risâlah,Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 14–30. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550518Setiardja, A. G., & Nederlandse Raad voor Juridische Samenwerking met Indonesië. (1990). Dialektika hukum dan moral dalam pembangunan masyarakat Indonesia. In Pustaka filsafat.Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (26th ed.). Alfabeta.Syekhnurjatiا. (2006). Konseling Perorangan. In Universitas Muhammadyah Jakarta (Vol. 1999, Issue December). Universitas Ahmad Dahlan.Tan, C. (2009). Reflection for Spiritual Development in Adolescents. International Handbooks of Religion and Education, 397–413. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-9018-9_22Wahyuni, W., & Al Rasyid, H. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034–3049. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2301Yanuarti, E. (2017). Developing reflective practice [Curtin University, escape - Curtin’s institutional repository]. In Developing reflective practice. https://doi.org/10.2307/j.ctt1t897pfZaini, A. H. F. (2013). Pilar-pilar Pendidikan Karakter Islami (L. Romli & Y. . Winarmo (eds.)). Gunung Djati Press dan Sahifa.
DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i1.11042
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nurwiyanti Nurwiyanti
Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:
Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733
e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com