Pembiasaan Refleksi Nilai-Nilai Islam Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak

Nurwiyanti Nurwiyanti (UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia)
Fadilla Ayuningtyas (UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia)
Heri Hidayat (UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia)
Zaenal Muftie (UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia)

Abstract


AbstrakAnak usia dini merupakan anak yang berusia 0-6 tahun. Pada usia tersebut anak dikenal dengan masa keemasan atau Golden Age. Masa keemasan adalah masa perkembangan yang sangat penting bagi kehidupan anak karena pada masa ini segala potensi yang dimiliki anak akan berkembang dengan optimal. Terdapat aspek perkembangan anak usia dini yakni perkembangan nilai agama dan moral yang merupakan kemampuan anak dalam bersikap dan bertingkah laku. Bersikap baik dalam ajaran islam dapat dilakukan melalui pembiasaan nilai-nilai islam yang bermanfaat. Oleh karena itu dalam mengoptimalkan perkembangan nilai agama dan moral erat kaitannya dengan sikap anak. Penelitian ini didasarkan pada asumsi para ahli yang menyatakan mengenalkan nilai-nilai islam dapat menunjang perkembangan nilai agama dan moral. Mengenalkan nilai-nilai islam melalui metode pembiasaan dengan refleksi yakni proses mengingat kembali secara mendalam melalui stimulus yang rutin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan desain pre-test post-test with non equivalent control grup design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata post-test diperoleh 94,8. Selain daripada itu, dilakukan uji independent sample t-test dengan perolehan nilai sig (2-tailed) 0,000, dapat disimpulkan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah pemberian pembiasaan refleksi nilai-nilai islam.

Keywords


Refleksi, Nilai-Nilai Islam, Perkembangan Nilai Agama dan Moral

Full Text:

PDF

References


Afnita, J., & Latipah, E. (2021). Perkembangan Moral Anak Usia Dini Usia 0-6 Tahun dan Stimulasinya. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 16(2), 289–306. https://doi.org/10.24090/yinyang.v16i2.4421Aini, A. (2022). Stretching: Definisi, Teknik, Manfaat, dan Tips Melakukannya. Glints. https://doi.org/https://glints.com/id/lowongan/refleksi-diri-adalah/#:~:text=Dilansir%20dari%20Swhelper%2C%20self%20reflection,diri%20sendiri%20lebih%20baik%20lagi.Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28Anggraeni, C. E. & M. S. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung jawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100–109.Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak, The Importance of Childhood Education for Child Development, Jurnal Dinamika Pendidikan dasar, Volume 8, No.1, Maret 2016, hlm. 50. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 51. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/943Borgias, F. (2016). Arti Penting Refleksi dalam Dunia Pendidikan. Universitas Katolik Parahyangan. https://unpar.ac.id/arti-penting-refleksi-dalam-dunia-pendidikan/Gianoutsos, J. (2006). Locke And Rousseau: Early Chilhood Education. Baylor University, 4(1). https://www.baylor.edu/pulse/index.php?id=42091Khodijah, N. (2014). Reflective Learning sebagai Pendekatan Alternatif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 180. https://doi.org/10.15642/islamica.2011.6.1.180-189Kohlberg, L. (1958). The development of modes of moral thinking and choice in the years 01 to 01 [The University of Chicago]. In Unpublished doctoral dissertation, university of Chicago (Issue 9). https://www.proquest.com/openview/c503bf59d762abe5818e1b24c484d41a/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750&diss=yMaharani, L. (2014). Perkembangan Moral Pada Anak. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 93–98. https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.1483Mardiyati, I. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Dasar Islami. At-Turats, 9(1), 35–47.Mathematics, A. (2018). Metode Pembiasaan. The Japanese Journal of Gastroenterological Surgery, 12(2), 1–23.Muhammad, H. (2012). Pedoman Penyelenggaraan PAUD Terpadu (Pertama). Bee Media Pustaka.Muntakhib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Agama Islam di TK ABA Petarukan (Kajian Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di TK ABA Petarukan). Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi Dan Tradisi Volume, 04(02), 247–262.Nugroho, N. (2015). Pendidikan Moral menurut John Locke Perspektif Pendidikan Agama Islam (Vol. 16, Issue 1994) [Uinversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga]. http://eprints.ums.ac.id/37501/6/BAB II.pdfNurhayati, E. (2015). PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN BAGI ANAK USIA DINI (Studi di RA Al-Ishlah Cirebon - Jawa Barat). http://repository.syekhnurjati.ac.id/3373/1/4. HKI %26 Laporan Penelitian 2015.pdfNurindah, S. (2018). Efektifitas Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Anak di TK Permata Bunda Kecamatan Kemiling Bandar Lampung (Vol. 6, Issue 1) [UIN Raden Intan, Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/7338/1/SKRIPSI PDF.pdf#Prasetiawan, A. Y. (2019). Perkembangan Golden Age Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 100–114. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.3829Putri, R. F. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Al-Muttaqin Pekanbaru. https://repository.uin-suska.ac.id/13212/Rifa’i Achmad, & Anni Tri Catharina. (2016). Psikologi Pendidikan (A. S. Wardan (ed.); 23rd ed.). PT Remaja Rosdakarya.Rowiyati, S. (2021). Implementasi Program Anak Sholeh untuk Menanamkan Nilai Moral Agama pada Anak Usia Dini Di RA ’Aisyiyah Bancar [Universitas Muhammadiyah Ponogoro]. In Repository Muhammadiyah University of Ponogoro. http://eprints.umpo.ac.id/8348/2/1. HALAMAN DEPAN.pdfRubini, R. (2019). Pendidikan Moral Dalam Perspektif Islam. Al-Manar, 8(1), 225–271. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.104Rufaedah, E. A. (2017). Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam. Risâlah,Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 14–30. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550518Setiardja, A. G., & Nederlandse Raad voor Juridische Samenwerking met Indonesië. (1990). Dialektika hukum dan moral dalam pembangunan masyarakat Indonesia. In Pustaka filsafat.Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (26th ed.). Alfabeta.Syekhnurjatiا. (2006). Konseling Perorangan. In Universitas Muhammadyah Jakarta (Vol. 1999, Issue December). Universitas Ahmad Dahlan.Tan, C. (2009). Reflection for Spiritual Development in Adolescents. International Handbooks of Religion and Education, 397–413. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-9018-9_22Wahyuni, W., & Al Rasyid, H. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034–3049. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2301Yanuarti, E. (2017). Developing reflective practice [Curtin University, escape - Curtin’s institutional repository]. In Developing reflective practice. https://doi.org/10.2307/j.ctt1t897pfZaini, A. H. F. (2013). Pilar-pilar Pendidikan Karakter Islami (L. Romli & Y. . Winarmo (eds.)). Gunung Djati Press dan Sahifa.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i1.11042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurwiyanti Nurwiyanti




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205