Implementasi Program Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Speech Delay

Hulailah Istiqlaliyah (Institut Ilmu Al-Qur'an, Indonesia)
Hasanah Hasanah (Institut Ilmu Al-Qur'an, Indonesia)
Liah Rosdiani Nasution (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Keterlambatan berbicara (speech delay) merupakan ketidakmampuan anak dalam menggunakan bahasa, hal tersebut merupakan masalah yang serius dan segera ditangani. Maka dari itu penerapan literasi sangat penting agar memberikan manfaat terhadap kemampuan berbahasa anak, karena kemampuan berbahasa anak mempengaruhi kehidupan masa depan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan tentang penerapan program literasi dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak speech delay. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian yaitu, kepala sekolah dan guru kelas TK B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program literasi dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak speech delay di TK Islam Pembangunan Tangerang Selatan dapat berjalan dengan baik dengan melakukan pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Dalam pembiasaan, anak speech delay dapat membaca buku cerita dengan buku yang bergambar. Dalam pengembangan, melalui evaluasi anak dapat menjawab pertanyaan dari guru. Dalam pembelajaran, anak speech delay selalu berinteraksi dapat berbicara dengan jelas meskipun dalam proses pembelajaran dengan anak normal dibedakan.

Keywords


Program Literasi, Meningkatkan Kemampuan Bahasa, Anak Speech delay

Full Text:

PDF

References


Adheni, M., Puspitasari, R., & Ningtyas, A. R. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Dengan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) di Ra Tunas Literasi Qur’ani [PhD Thesis, IAIN Curup]. http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1778

Devi, M. (2021). Penerapan Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung [PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14553

Dwilestari, N. P., & Putra, N. (2012). Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta: Raja F Grafindo Persada.

Ednanda, K. (2023). Implementasi Terapi Wicara dalam Meningkatkan Kemamuan Komunikasi Verbal pada Anak Speech Delay Kota Samarinda. https://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3205

Fauzia, W., Meiliawati, F., & Ramanda, P. (2020). Mengenali dan menangani speech delay pada anak. Jurnal Al-Shifa Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 102–110.

FITRI, E. (2024). PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HIP HOP BANDAR LAMPUNG [PhD Thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG]. http://repository.radenintan.ac.id/32476/

Hurlock, E. B. (2020). Perkembangan anak jilid 1.

Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan keterlambatan berbicara (speech delay) pada anak usia 6 tahun. Preschool: Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 206–216.

Kurniawan, H., Apri Lindawati, T., Ernia Sari, M. D., & Dea Ariyanti, A. (2019). Pembelajaran Literasi Menuju Society 5.0. Penerbit Deepublish.

Masitoh, I., Novalinda, N. A., & Ramadhani, P. A. (2022). Penerapan pra literasi pada anak usia dini di TK fajar. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 1(1), 40–49.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. http://library.stik-ptik.ac.id/detail?id=7251&lokasi=lokal

Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Novrani, A., Caturwulandari, D., Purwestri, D., & Eka Annisa, I. F. (2021). Pengembangan Literasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. 64.

Robingatin, Z. U. (2019). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (Analisis Kemampuan Bercerita Anak). Cetakan I.

Sirjon, S. (2021). Keterlambatan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Panrita, 2(1), 28–37.

Wiedarti, P., Laksono, K., & Retnaningsih, P. (2018). Desain induk gerakan literasi sekolah. https://repositori.kemdikbud.go.id/8612/




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i1.11043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hulailah Istiqlaliyah




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205