Hubungan Antara Pembiasaan Budaya Antri dengan Kedisiplinanan Anak Usia Dini
Abstract
Pentingnya mengajarkan disiplin kepada anak usia dini tidak hanya terkait dengan kepatuhan mereka terhadap hukum, tetapi juga berfungsi sebagai sarana untuk mengidentifikasi potensi masalah di masa mendatang. Melalui pendidikan disiplin, setiap orang dapat mempelajari pentingnya tanggung jawab, keteraturan, dan kerja keras. Pentingnya pendekatan ini terletak pada kemampuannya untuk mencegah sikap malas yang terjadi di masa mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami hubungan antara disiplin anak-anak di Kelompok B RA dan pengasuhan anak-anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek penelitian ini adalah 23 anak Kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan. Hubungan antara pendidikan antri dengan kedisiplinan anak di B RA An Nuur Cigadung Kota Bandung menunjukkan koefisien sekitar 0,72 yang didasarkan pada interval koefisien korelasi 0,600-0,799 dengan kategori kuat/tinggi. Hasil uji signifikan jika harga thitung sebesar 4,751 > ttabel 2,080. Artinya H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Dengan kata lain, penelitian antriologi memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kedisiplinan anak di kelompok B RA An Nuur Cigadung Kota Bandung. Selain itu, perhitungan determinasi pembiasaan budaya antri memberikan kontribusi sekitar 31% terhadap kedisiplinan anak di kelompok B RA. Di sisi lain, 69% responden masih percaya bahwa ada faktor lain yang memengaruhi kedisiplinan anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A K, M. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta.
Aulia, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Pedagogia, 2(1), 37-38.
Ayub, D. (2022). Karakter Disiplin Anak Usia Dini: Analisis Berdasarkan Kontribusi Pola Asuh Orangtua. Jurnal Obsesi, 7293-7301.
Chairilsyah, D. (2015). Metode dan Teknik Mengajarkan Budaya Antri Pada Anak Usia Dini. Educhild, vol 4 No 2 : 81.
Diana, N., & Mesiono. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Efirlin, M., & Fadillah, M. (2014). Penanaman Perilaku Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Primanda Untan Pontianak. 3.
Lianasari, C. (2019). Pembiasaan Budaya Antri Untuk Meningkatkan Disiplin Anak Pada Kelompok A di TK PKK 62 Tridaya Canden Bantul Yogyakarta. Skripsi.
Lilis Dewi Sartika, Y. T. (2023). Budaya Antri Dapat Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini di TK Kids Holistik Manokwari. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.
Lusina. Ali, M. M. (2018). Penerapan Perilaku Disiplin Pada Anak Kelompok A di TK Kristen Immanuel Pontianak. 1.
Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. Thufula.
Melati, R., & Ardianti, S. D. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Pendidikan.
Mentri, A. ,. (1993). Raudatul Athfal BAB 1 tentang Ketentuan Umum Pasal 1 Poin 1.
Mutakin. T. Z, D. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Edutech.
Nurlina Jalil, H. P. (2023). Upaya Meningkatkan Pembiasaan Antri Pada Anak Kelompok B RA DDI Bernteng Kecamatan Petampanua Kabupaten Pinrang. Al-Athfal, 3.
Rahmayani, S. (2020). Urgensi Budaya Antri dalam Perkembangan Sikap Sosial Anak Usia Dini. Skripsi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau , 17-18.
SISDIKNAS, U.-U. (2003). Pendidikan Anak Usia Dini Pasal 01.
Siska Ayunita, K. E. (2023). Penerapan Budaya Antri Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 241.
Sonia Faujiah, S. M. (2022). Analisis Perilaku Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 347.
Sugianto, S. (2012). Kedudukan Raudatul Athfal dalam Undang-Undang No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sujiono, Y. (2013). Konsep Dasar Pendididkan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Supendi. (2015). Internalisasi Nilai-nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. At-Turats.
Suryana, D. (2014). Hakikat Anak Usia Dini.
Sutarti, T. (2018). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV. Aksara Media Pratama.
Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Elex Media Komputindo.
Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. Jurnal Asatiza jurnal Pendidikan , vol 1 No 1 : 51-52DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i2.11077
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Siti Nabilah Khairiyyah
Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:
Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733
e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com