Pengaruh Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pertama terdapat 25 dari 36 anak perkembangan motorik halus anak masih rendah. Hal ini ditandai dengan anak belum bisa mengkoordinasikan kerja mata dan tangan secara bersamaan. Anak belum mampu melenturkan jari-jemarinya saat memegang alat tulis. Sehingga anak belum mampu memegang alat tulis dengan baik. Anak belum bisa menjiplak bentuk gambar sederhana dari buah apel. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada Pengaruh Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di RA Jannah Al Rayyan Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ekperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun kelompok B di RA Jannah Al Rayyan Kecamatan Padangsidimpuan Selatan yang berjumlah 36 orang, 23 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil penelitian yang dilakukan pada data awal pretest di kelas ekperimen menunjukkan setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas kelas tersebut berdistribusi normal dan homogen, yaitu terdapat pengaruh yang singnifikan dengan menggunakan kegiatan finger painting dapat meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di RA Jannah Al Rayyan Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan rumus uji t yang dilakukan diperoleh bahwa Thitung = 5,286 > Ttabel = 2,120 dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menerapkan kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di RA Jannah Al Rayyan Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afina Zhafrani, “Skripsi: Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah”, Madiun: Stikes Bhakti husada Mulia, 2020.
Asriana Harahap dan Mhd. Latip Kahpi Nasution, Pendidikan Anak dalam Keluarga, jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, Vol. 4, No. 2, (2019).
Hasil Observasi Tanggal 28 Oktober 2023 di RA Jannah Al Rayuan Padangsidimpuan Selatan.
Ike Ayu Lestari, “Skripsi: Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah di TK IT Sakinah Kabupaten Bengkulu Utara,” Bengkulu: Poltekes, 2021, 3.
Laila Izzatul Kamila, dkk. Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun TK Dharma Wanita Tegal Gede Jember. PERNIK Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 6, No. 2 (2023).
Nidaun Nabila dan Sakinah Siregar, “Nidaun Nabila & Sakinah Siregar, ‘Penerapan Sistem Bermain Sambil Belajar Dalam Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Gusnita’, Jurnal PIAUD, Vol. 1, No. 1, 2022.,” t.t.
Nursyaidah, “Perkembangan Motorik Anak-Anak Ditinjau dari Perkembangan Bahasa, Bermain, Menggambar, dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya,” Jurnal PAEDAGODIK 8, no. 2 (2016).
“Permendikbud Nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).,” t.t.
Rahmat Hidayat dan Abdillah, Ilmu Pendidikan Konsep Teori dan Aplikasinya (Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia LPPPI, 2019), 24.
Sakinah Siregar, “Penggunaan Media Gambar Dalam Menstimulasi Konsentrasi Anak Usia 4-5 Tahun di TK Arafah Padangsidimpuan,” Jurnal Al Abyadh 4, no. 2 (2021).
Sakinah, dan Dewi Shara Dalimunthe, Pentingnya Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 1, No. 1, 2022.
Santrok J, Masa Perkembangan Anak Buku 1 (Jakarta: Erlangga, 2011).
Santrok J, Perkembangan Anak (Jakarta: Erlangga, 2016).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2016), 7.
Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30829/raudhah.v4i2.52
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep Teori dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia LPPPI.
J, S. (2011). Masa Perkembangan Anak Buku 1. Erlangga.
J, S. (22007). Perkembangan Anak Jilid 1. Erlangga.
Jamilah, J. (2019). Kemitraan Pendidikan Anak Usia Dini (Sinergi Tiga Pilar Pendidikan: Keluarga, Sekolah dan Masyarakat). Simulacra, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.21107/sml.v2i2.6045
Khairiah, D., Dalimunthe, E. M., & Nasution, I. N. (2020). Meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 dengan media gambar. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(01), 40–48.
Lestari, I. A. (2021). Skripsi: Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah di TK IT Sakinah Kabupaten Bengkulu Utara. Bengkulu: Poltekes, 3.
Nabila, N., & SIregar, S. (n.d.). Nidaun Nabila & Sakinah Siregar, “Penerapan Sistem Bermain Sambil Belajar Dalam Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Gusnita”, Jurnal PIAUD, Vol. 1, No. 1, 2022.
Nursyaidah. (2016). Perkembangan Motorik Anak-Anak Ditinjau dari Perkembangan Bahasa, Bermain, Menggambar, dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurna; PAEDAGODIK, 8(2).
Permendikbud Nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). (n.d.).
Siregar, S. (2021). Penggunaan Media Gambar Dalam Menstimulasi Konsentrasi Anak Usia 4-5 Tahun di TK Arafah Padangsidimpuan. Jurnal Al Abyadh, 4(2).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i2.12416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 eva indriani, Nursyaidah Nursyaidah, Sakinah Siregar
Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:
Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733
e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com