Analisis Pemberian Reward Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini

Dwi Afriliani (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Rahmadani Tanjung (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Efrida Mandasari Dalimunthe (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini menganalisis dampak pembelajaran berbasis hadiah, khususnya hadiah bintang, terhadap motivasi anak kelompok B3 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode observasi dan wawancara. Observasi dilakukan terhadap 15 anak sebelum dan sesudah penerapan sistem penghargaan, sementara wawancara dilakukan dengan guru dan kepala sekolah untuk menilai efektivitasnya. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengevaluasi perubahan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan setelah pemberian penghargaan. Sebelum penerapan reward, banyak anak berada dalam kategori Belum Berkembang (BB) dan Mulai Berkembang (MB), dengan kesulitan dalam ketekunan, pemecahan masalah, dan kepercayaan diri. Setelah menerima penghargaan, sebagian besar anak menunjukkan kemajuan dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), dengan peningkatan dalam penyelesaian tugas, ketahanan, partisipasi kelas, dan kepercayaan diri. Penelitian ini menyoroti efektivitas sistem reward dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Guru dapat menerapkan metode ini untuk mendorong partisipasi aktif, namun perlu perencanaan agar penghargaan tidak menjadi satu-satunya faktor motivasi.    

Keywords


Motivasi Belajar; Reward; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Anawaty, M. F., & Pratiwi, E. (2023). Teori Dan Praktik Pembelajaran STEAM Pada Anak Usia Dini. Bayfa Cendekia Indonesia.

Burhaein, E. (n.d.). Bentuk Dukungan dan Aktivitas Fisik untuk Anak Usia Dini dengan Disabilitas Penglihatan—Jejak Pustaka. Jejak Pustaka.

Dalimunthe, E. M. (2021). Penanaman nilai-nilai melalui konseling anak usia dini. http://repo.uinsyahada.ac.id/id/eprint/752

Delia, A. S., & Yeni, I. (2020). Rancangan Tari Kreasi terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1071–1079. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.570

Dina Khairiah, Anisa Putri, Darul Arifin, Nur Asrima, Ali Wardhana, & Manalu. (2024). MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 118–129.

dkk, H. I., M. Psi. (2017). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai (Edisi Pertama). Prenada Media.

Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30829/raudhah.v4i2.52

Firdaus, F. (2020). Esensi Reward dan Punishment dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882

Hamalik. (2015). Proses Belajar Mengajar. Pt. Bumi Aksara.

Kirana, D. A., & Ghani, M. A. (2024). UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATERI SEGITIGA SEGIEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WORDWALL PADA SISWA KELAS VIII. SEMNASFIP, 0, Article 0. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/23748

Laili, N. F. (2024). Mengoptimalkan Kesehatan Kognitif: Eksplorasi Mendalam tentang Vitalitas Kesehatan Mental di Institusi Pendidikan dan Dunia Kerja. The Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education, 4(1), Article 1.

M.A.B, M. N. S., S. Pd, CDM, A. P. L. A. A., S. Kom ,. M. M. ,. MTA, M.Pd.I, D. M., MM, M.Si, D. A. I. A., S. Psi, Rakhmawati, I., Pd, D. P. J. P., S. Pd ,M, M.Si, D. H. I. H. K., S. Sos, M.Si,Ak.CA, D. R. H., SE, M.Si, D. I. P. Y. B. P., S. Sos, Rela, I. Z., isma, A., M.Si, D. D., SE, & M.Kom, D. R. A. H., S. E. ,. M. M. (2024). Metode Penelitian Kualitatif (Konsep & Aplikasi). Mega Press Nusantara.

Ni Putu Cahyani Putri Utami, Putu Nadea Ayu Sarashita S. (2024). EFEKTIVITAS REWARDSEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAKUSIA DINIDICHEEKY MONKEYS LEARNING CENTRE. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FAKULTAS BAHASA ASING UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR (SENADIBA) 2021, 414–426.

S, S., Natuna, U., & Rahimin, S. M. (2024). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI SENI TARI MELAYU. Jurnal Agilearner, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56783/ja.v2i1.63

Sunaring Retno Astrini. (2021). Penggunaan Modifikasi Perilaku Tipe Reward Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5, 104–110. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3295

Warmansyah, J., Utami, T., Faridy, F., Syarfina, Marini, T., & Ashari, N. (2023). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Bumi Aksara.

Zulaika, S., & Wathon, A. (2021). Implementasi Metode Reward Dan Punishment Dalam Upaya Pengembangan Disiplin Anak Kelompok A (No. 2). 4(2), Article 2.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v5i1.12474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dwi Afriliani, Rahmadani Tanjung, Efrida Mandasari Dalimunthe




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205