Analisis Upaya Penanganan Anak Speech Delay di Rumoh Terapi Tabina

Eliza Sapitri (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia)
Hijriati Hijriati (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia)
Rizka Adelya (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia)
Syifa Shahiba Tajuddin (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia)

Abstract


Speech Delay (terlambat bicara) didefinisikan sebagai keterlambatan berbicara atau komunikasi yang tidak sesuai dengan umur anak. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat upaya-upaya yang dilakukan oleh para Terapis di Rumoh Terapi Tabina dalam menangani dan mengatasi anak-anak yang mengalami keterlambatan bicara (Speech Delay). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara jenis semi struktur dengan melibatkan seorang Terapis yang menangani speech delay di Rumoh Terapi Tabina. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan di Rumoh Terapi Tabina guna membantu anak yang mengalami Speech Delay ialah dengan menggunakan terapi wicara yang di dalamnya sudah mencangkup metode terapi verbal dengan materi-materi seperti: (1) Massage oral, (2) Latihan pernapasan, (3) Latihan oral motor (seperti latihan membuka mulut, menggembungkan pipi, menjulurkan lidah, menggerakkan lidah ke kanan dan kek kiri, menggerakkan lidah ke atas dan ke bawah), (4) Materi imitasi (seperti meniru, meniru huruf vokal, dan meniru suku kata), (5) Latihan motorik halus, (6) Mengidentifikasi benda, (7) Mengidentifikasi kartu gambar, (8) Melabel kartu gambar, (9) Bernyanyi lagu anak serta (10) Belajar menyatakan keinginan dengan bahasa yang benar sesuai dengan bantuan Terapis jika diperlukan


Keywords


Upaya Penanganan; Speech Delay, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Alfin, J., & Pangastuti, R. (2020). Perkembangan Bahasa pada Anak Speechdelay. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 76–86. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.572

Ardiyansyah, M. (2021). Perkembangan Bahasa Dan Deteksi Dini Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Uisa Dini. Guepedia.

Desiarna, S. (2023). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Sastra, Bahasa, Dan Pendidikan, 2(2), 97–105. https://journal.uir.ac.id/index.php/sajak

Fatmawati, & Pratikno, H. (2024). Mengenal Gangguan Speech Delay pada Anak Usia Dini Menurut Kajian Psikolungustik. 4(1), 47–50. https://doi.org/doi.org/10.29313/jrpgp.v4i1.4075

Jannah, R., Djoehaeni, H., & Romadona, N. F. (2024). Upaya Orang Tua dalam Menangani Anak Usia Dini dengan Speech Delay. Aulad : Journal on Early Childhood, 7(3), 723–733. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.770

Masitoh. (2019). Gangguan Bahasa Dalam Perkembangan Bicara Anak. Elsa, 17(1), 61–64.

Mirantisa, F. A., Wirman, W., Firdaus, M., & Lestari, S. S. (2021). Komunikasi Terapeutik Berbasis Kartu (Flash Card) Pada Anak Dengan Gangguan Bicara (Speech Delay) Di Eka Hospital Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 5(1), 53–62. https://doi.org/10.36341/jka.v5i1.1691

Mulyani, A. N., & Siagian, I. (2023). Analisis Faktor - Faktor Penyebab Gangguan Berbicara Pada Anak. Pena Literasi, 6(2), 220. https://doi.org/10.24853/pl.6.2.220-227

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Qurotul Aini, & Putri Alifia. (2022). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia 6 Tahun Di RA An-Nuur Subang. Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dan Al-Qur’an, 1(1), 8–17. https://doi.org/10.33511/ash-shobiy.v1n1.8-17

Rahim, N., Yuhasriati, & Fauzi, S. N. (2021). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara anak yang Speech Delay di PAUD Ksya Ulee Kareng Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 6(1), 1–10.

Rahmah, F., Kotrunnada, S. A., Purwati, P., & Mulyadi, S. (2023). Penanganan Speech Delay pada Anak Usia Dini melalui Terapi Wicara. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 99–110. https://doi.org/10.32678/assibyan.v8i1.8279

Riyyana, M., Muzil, J., Susanti, Y., & Hijriati. (2024). Analisis Penyebab Keterlambatan Berbicara Pada Anak Usia 3 Tahun Di Rumoh Terapi Tabina. 2(1), 34–42. https://doi.org/doi.org/10.31604/nunchi

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Sardi, M., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2022). Studi Kasus Strategi dalam Menangani Speech Delay Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 07 Aceh Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Siti Aminah, & Ratnawati. (2022). Mengenal Speech Delay Sebagai Gangguan Keterlambatan Berbicara Pada Anak (Kajian Psikolinguistik). JALADRI : Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda, 8(2), 79–84. https://doi.org/10.33222/jaladri.v8i2.2260

Taqiyah, D. B., & Mumpuniarti, M. (2022). Intervensi Dini Bahasa dan Bicara Anak Speech Delay. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3992–4002. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2494

Wibowo, J. W., & Pratikno, H. (2025). Gangguan Terlambat Berbicara Pada Anak Usia Dini ( Speech Delay ). 3(1), 58–65. https://doi.org/10.47861/khirani.v3i1.1529

Yulinawati, C., Huda, N., & Aziz, H. (2024). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Kejadian Speech Delay pada Anak usia 24-60 Bulan. Jurnal Promotif Preventif, 7(1), 169–177. https://doi.org/10.47650/jpp.v7i1.1205

Yuniari, N. M., & Juliari, I. G. A. I. T. (2020). Strategi Terapis Wicara Yang Dapat Diterapkan Oleh Orang Tua Penderita Keterlambatan Berbicara (Speech Delay). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 564–570.

Zahra, S., & Sit, M. (2024). Eksplorasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini: Analisa Faktor, Indikator, Dan Tahapan Perkembangan. 5(2), 278–288. https://doi.org/doi.org/10.53515/cej.v5i2




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v5i1.15585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Eliza Sapitri, Hijriati Hijriati, Rizka Adelya, Syifa Shahiba Tajuddin




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205