Pentingnya Asesmen Berbasis Perkembangan dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Desi Tri Anggereni (Universitas Islam Negeri Al-Azhaar Lubuk Linggau, Indonesia)
Fitria J (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Novita Loka (Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah Indralaya, Indonesia)
Sri Utami (Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah, Indonesia)
Eko Purnomo (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)

Abstract


Asesmen berbasis perkembangan merupakan pendekatan penilaian yang menekankan proses pertumbuhan anak secara holistik dan berkesinambungan yang mencakup keenam aspek perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan asesmen berbasis perkembangan dalam pendidikan usia dini yang berjumlah 22 orang anak di TK Pertiwi Indralaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Pertiwi telah menerapkan asesmen melalui observasi naturalistik, catatan anekdot, dan portofolio. Secara persentase, aspek perkembangan anak berada pada kategori baik sampai sangat baik, yaitu: kognitif (BSH 40,90%, BSB 31,81%), bahasa (BSH 36,36%, BSB 50%), motorik halus dan kasar (BSH 45,45%, BSB 54,54%), sosial-emosional (BSH 40,90%, BSB 36,36%), dan moral-spiritual (BSH 50%, BSB 50%). Asesmen digunakan tidak hanya untuk merancang pembelajaran yang adaptif, tetapi juga sebagai jembatan komunikasi antara guru dan orang tua. Penerapan ini selaras dengan Kurikulum Merdeka dan teori perkembangan dari Piaget, Erikson, Vygotsky, dan Gardner. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan waktu, pelatihan, dan pemanfaatan teknologi masih menjadi hambatan. Penelitian ini memberikan implikasi dalam dunia pendidikan usia dini khususnya pada sumber wawasan dalam menerapkan asesmen berbasis perkembangan yang efektif untuk menilai proses perkembangan anak

Keywords


Asesmen berbasis perkembangan, pendidikan anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Afipah, H. (2022). Perkembangan bahasa anak usia 4 tahun melalui asesmen observasi di TK Sejahtera Kota Bekasi. … : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. http://cemerlang-paud-pancasakti.ac.id/index.php/cemerlang/article/view/7

Alfarizi, M., & Loka, N. (2025). Peran Penting Orang Tua dalam Meningkatkan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bermain Edukatif. Bunayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(01), 28–37.

Anggraini, W., Nasirun, M., & Yulidesni. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.31-39

Azizah, F., & Salehudin, M. (2023). Media game edukasi di gadget: studi literatur manfaat dan dampaknya terhadap perkembangan anak usia dini. Journal of Instructional and …. https://journal.iel-education.org/index.php/JIDeR/article/view/265

Baruta, Y. (2023). Asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka: Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=QQLJEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA9&dq=asesmen+asesmen+berbasis+perkembangan+anak+usia+dini&ots=XIemLsSGFv&sig=1tHh86mFLeWfXAnRv7AGyeuB0UI

Dewi, I., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Instrumen Asesmen Untuk Mengukur Perkembangan Fisik Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. https://www.academia.edu/download/97443350/20548.pdf

Dewi, T. K., Jasmani, J., Latifa, B., & Suryana, D. (2023). Asesmen Sosial Emosional Kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Bakti 38 Ranah Baru. In Jurnal Pelita PAUD.

Dini, J. (2023). Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Perangkat Pembelajaran dalam Membuat Penilaian Pembelajaran di PAUD. In Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. academia.edu. https://www.academia.edu/download/98282808/pdf.pdf

Eva, N., Riswari, A. A., Rahmah, A. N., & ... (2021). Asesmen Kesulitan Belajar Akibat Kecanduan Gadget pada Anak Usia Sekolah Dasar berdasarkan Pandangan Perkembangan Kognitif Piaget. … Psikologi Dan Ilmu …. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1175

Fahdan, N. A., & Pratama, R. S. (2025). Strategi Meningkatkan Partisipasi Anak dalam Kegiatan Olahraga di PAUD. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15.

Farida, F. (2018). Upaya Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4263

Habsy, B. A., Malora, P. I., Widyastutik, D. R., & Anggraeny, T. A. (2024). Teori Jean Piaget vs Lev Vygotsky dalam Perkembangan Anak di Kehidupan Bermasyarakat. In TSAQOFAH. academia.edu. https://www.academia.edu/download/106554076/Artikel_Kelompok_2.pdf

Handayani, F. F. (2022). Permainan Tradisional Lulu Cina Buta: Stimulasi Keterampilan Sosial Emosional Anak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1–13. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/9609%0Ahttps://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/download/9609/4281

Handayani, N. N. L. (2022). Assesmen Portofolio Dalam Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Dasar Kognitif Dan Kemampuan Bahasa Anak. … : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://www.e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/kumarottama/article/view/399

HASANAH, L., FITRIYANI, K., WIDYADHARI, N. S., JANNAH, U., & HASANAH, M. (2023). Pelaksanaan Teknik Asesmen Formal dan Informal Pada Pembelajaran Matematika Untuk Anak Usia Dini: IMPLEMENTATION OF FORMAL AND INFORMAL ASSESSMENT TECHNIQUES IN MATHEMATICS LEARNING FOR EARLY CHILD. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 8–17.

Hasanah, R. (2020). Implementasi Penilaian Pembelajaran Dalam Kurikulum Enterpreneur Kids Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Khalifah Baciro Yogyakarta. Jurnal CARE (Children Advisory Research and …. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/6872

Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan kognitif anak usia dini melalui penggunaan media game edukasi digital berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood. https://aulad.org/index.php/aulad/article/view/98

Islami, C. C., & Gustiana, E. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling AUD Berbasis Tugas Perkembangan untuk Meningkatkan Perilaku Prososial. Jambura Early Childhood Education …. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/161

Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2022). Konsep dasar teori perkembangan kognitif pada anak usia dini menurut jean piaget. Khazanah Pendidikan. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/10974

Karta, I. W., Astawa, I. M. S., Buahana, B. N., & ... (2022). Implementasi Asesmen Otentik pada Pembelajaran di Masa Covid-19 dalam Mengoptimalkan Tumbuh-Kembang Anak Usia Dini. In … Anak Usia Dini. academia.edu. https://www.academia.edu/download/95493189/pdf.pdf

Khotimah, K., & Agustini, A. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini. … Pendidikan Islam Anak Usia Dini. https://jurnal.staithawalib.ac.id/index.php/altahdzib/article/view/196

Kurniah, N., Agustriana, N., & Zulkarnain, R. (2021). Pengembangan asesmen anak usia dini di lingkungan guru paud. In Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah ….

Kurniati, E. (2025). Teori Sosiokultural Vygotsky untuk Anak Usia Dini. Jurnal Studi Pendidikan Anak Usia Dini. http://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jspaud/article/view/703

Linda, L., & Mayar, F. (2022). Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran. Aulad: Journal on Early Childhood. http://repository.unp.ac.id/38096/

Loka, N., & Annisak, A. (2025). Implementation of Parent and Teacher Collaboration in Instilling Character Values in Early Childhood: A Case Study at KB Al Farah, Seri Kembang III Village. Kiddie: Early Childhood Education and Care Journal, 2(2), 95–104.

Loka, N., & Diana, R. R. (2022). Improving Cognitive Ability Through Educational Games in Early Childhood. JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 2(1), 50–59. https://doi.org/10.14421/joyced.2022.21-05

Loka, N., & Sabila, R. T. (2024). Balancing Challenges and Opportunities: Enhancing Early Childhood Cognitive Skills Through Digital Tools. GENIUS: Indonesian Journal of Early …. https://genius.uinkhas.ac.id/index.php/gns/article/view/187

Maghfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). Penerapan metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 51–65.

Mareta, S., & Loka, N. (2024). Peran Penting Guru dan Sekolah dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 8(02), 66–75.

Marhun, M., & Sobarna, A. (2023). Perbedaan Kreativitas Melalui Permainan Balok Model Permainan Konstruktif (PKPK) Anak Laki-Laki dan Perempuan Kelompok B di TK An-Nasya. In Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher ….

Mulyana, E. H., Sumardi, S., & ... (2022). Pengembangan Model Pelatihan Reflektif Asesmen Alternatif Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. … Pendidikan Anak Usia Dini. http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/golden_age/article/view/9866/0

Nugraheni, S. (2022). PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING KELOMPOK B TK PAMARDI SIWI MAGUWOHARJO …. digilib.uin-suka.ac.id. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56382/

Nurwahyuni, E., & Mahyuddin, N. (2021). PENILAIAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI UMUR 5-6 TAHUN PADA MASA NEW NORMAL DI TAMAN KANAK-KANAK RIDHOTULLAH PADANG. JURNAL CIKAL CENDEKIA. https://journal.upy.ac.id/index.php/CIKAL/article/view/1663

Payong, M. R. (2020). Zone of proximal development and social constructivism based education according to Lev Semyonovich Vygotsky. In Jurnal pendidikan dan kebudayaan missio.

Rahayu, A. K., Maranatha, J. R., & ... (2023). Analisis Implementasi Penilaian Perkembangan Anak Pada Kurikulum Merdeka Di Tk X Kabupaten Kuningan. … Pendidikan Anak …. https://jurnal.kalimasadagroup.com/index.php/pandu/article/view/558

Rahmawati, N. I., Fajriani, D., Suriyanto, B., Hidayat, A., & Ngundiati, N. (2023). Penggunaan Quizizz Sebagai Media Asesmen Formatif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ekonomi Materi Sistem Pembayaran. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7236–7248.

Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617.

S. Hasnah, H. Nurul, R. Etika, S. K. (2021). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Mengenal Angka 1-10 Melalui Media Bahan Alam Di Raudhatul. 2020–2021.

Sarwindah, S., Marini, M., & ... (2023). Rancangan Sistem Informasi Cheklist sebagai Media Asesmen Perkembangan Anak pada TK Nurul Yaqin. … Teknologi Informatika Dan …. https://journal.thamrin.ac.id/index.php/jtik/article/view/1720

Sofariah, S., Mulyana, E. H., & Lidinillah, D. A. M. (2020). Pengembangan Asesmen Model Stem Pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam Untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anakusia Dini. In Jurnal PAUD Agapedia. academia.edu. https://www.academia.edu/download/75260594/12656.pdf

Suardipa, I. P. (2020). Sociocultural-revolution ala Vygotsky dalam konteks pembelajaran. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak …. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/931

Syah, M. E., Damayanti, E., & Zahara, I. (2023). Mengerti anak usia dini: landasan psikologi PAUD. Feniks Muda Sejahtera.

Wahyuningsih, I. (2024). Implementasi Asesmen Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di Tarbiyatul Athfal Az-Zahra’Rifa’iyah Bojong Minggir. SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1, 161–169.

Wardani, G. A., & Hakim, T. F. L. (2023). Penerapan Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 12 Di SMAN 1 Pacet Mojokerto. Education Achievement: Journal …. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jsr/article/view/1219

Wiresti, R. D., & Na’imah, N. (2020). Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 36–44. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.53

Wulan, D. S. A. (2020). Penggunaan Portofolio dalam Penilaian Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di PAUD Al Wafi Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. In Jurnal Usia Dini E-ISSN. download.garuda.kemdikbud.go.id. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2307392&val=3900&title=Penggunaan Portofolio dalam Penilaian Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di PAUD Al Wafi Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat

Zuhra, N. (2022). Kesulitan Guru Dalam Menilai Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Az-Zahra. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v5i1.15660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Desi Tri Anggereni, Fitria J, Sri Utami, Eko Purnomo




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205