Kebijakan Penguatan Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Akreditasi PAUD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya kepala sekolah dalam memenuhi Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) guna meningkatkan akreditasi PAUD, dengan studi kasus di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 1 Padangsidimpuan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menerapkan berbagai strategi, termasuk pemetaan kompetensi guru, peningkatan kualifikasi melalui program PPG dan RPL, serta penguatan sistem rekrutmen dan pembinaan berkelanjutan. Namun, upaya ini masih terkendala oleh tantangan seperti keterbatasan anggaran, rendahnya insentif finansial bagi guru, dan disparitas kualitas tenaga pendidik antar daerah. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa 70% lembaga telah melakukan pemetaan kompetensi secara sistematis, meskipun 30% guru belum memenuhi kualifikasi minimal. Kolaborasi dengan perguruan tinggi dan pemanfaatan dana BOS turut mendukung peningkatan kapasitas PTK, meski belum optimal. Implikasi penelitian menekankan pentingnya kebijakan afirmatif dari pemerintah, termasuk penyediaan insentif, pelatihan terstruktur, dan pendanaan yang merata. Kepemimpinan kepala sekolah dan sinergi antar pemangku kepentingan menjadi kunci keberhasilan pemenuhan Standar PTK, yang tidak hanya berdampak pada peningkatan akreditasi tetapi juga transformasi kualitas pembelajaran PAUD. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pendekatan holistik dan evaluasi kebijakan yang lebih inklusif untuk menjawab tantangan di tingkat implementasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Busron, B., & Rachmi, T. (2020). Analisis Capaian Standar dan Pemanfaatan Hasil Akreditasi PAUD Provinsi Banten. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2335
Darliana Sormin, R. S. N. H. (2020). UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI TK ABA I PADANGSIDIMPUAN. BUNAYYA, Jurnal PGMI STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara, Vol I No. 3.
Fiky Syafiqoh. (2022). Akreditasi Meningkatkan Penjaminan Mutu PAUD Dintinjau dari Kinerja Kepala Sekolah. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.57251/ped.v2i1.326
J. Moleong, L. (2010). Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.
John Creswell. (2015). Riset Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Mawarni Purnamasari, & Na’imah, N. (2020). Peran Pendidik dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.990
Pemerintah Pusat. (2003, July 8). https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003. Pemerintah Pusat.
Pemerintah Pusat. (2009). https://www.mediafire.com/file/altzuraz0nszm1k/permendiknas-no-58-tahun-2009%2Blampiran-standar-paud.pdf. Pemerintah Pusat.
Prihantoro, A., & Setiawati, F. A. (2023). Keberhasilan Pendampingan Akreditasi Satuan PAUD Sejenis: Penelitian Kasus Tunggal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4007
Sugiyono. (2021). Buku Metode Penelitian Pendidikan (kuantitatif,kualitatif,kombinasi R&D dan Penelitian Pendidikan. In Penerbit ALFABETA BANDUNG.
Yuliantina, I. (2020). Pentingnya akreditasi satuan PAUD. Banpaudpnf.Kemdikbud.Go.Id.
DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v5i1.15676
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rosmaimuna Siregar, Faridi Faridi, Tobroni Tobroni
Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:
Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733
e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com