Penerapan Media Video Edukasi terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun

Andi Nur Azia (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Nurlina Nurlina (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Fadhilah Latief (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media video edukasi terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Muttahid Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-pretest. Subjek dalam penelitian ini adalah satu kelas yang terdiri dari 10 anak usia 5-6 tahun. Intrumen yang digunakan berupa rubrik penilaian teknik ceklis anak yang mencakup aspek percaya diri, tanggu dan adaptif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan skor kemandiri anak setelah diberi penerapan berupa pemutaran media video edukasi. Hal ini menujukkan bahwa penggunaan media video edukasi dapat memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan kemandirian anak usia dini. Dengan demikian, media ini dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi anak dilingkungan PAUD

Keywords


Media Video Edukasi, Kemandirian, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Asmi, N., & Latief, F. (2024). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Karakter Religius Anak Kelompok B1 Di Ra Aisyiyah Bontorita Kabupaten Takalar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(4).

Mutalib, A., & Latief, F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Pembelajaran Audio Visual pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Herlina Tikatukang Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur: Improving the Ability to Recognize Number Symbols Through Audio Visual Learning Media for Children Aged 4-5 Years at Herlina Tikatukang State Kindergarten, Adonara District, East Flores Regency. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 252-260.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadits Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.

Said, M. A., Arsyad, M., & Nurlina, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 14 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 3(2), 120183.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan media video pembelajaran tematik anak usia dini 5-6 tahun berbasis kearifan lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094.

Tahirah, I., Akib, T., Intisari, I., Ilyas, S. N., Usman, U., & Fadhilah, F. (2024). Peningkatan Konsep Bilangan Melalui Video Pembelajaran Interaktif Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Ahrissa Syadina Takalar. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(2), 70-83.

Wahyuningsih, S., Dewi, N. K., & Hafidah, R. (2019). Penanaman nilai kemandirian anak usia dini melalui konsep sistem among (asah, asih, asuh). Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).

Zuroidah, E. (2022). Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis Remaja. Maddah: Journal of Advanced, 119–131.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v5i1.16161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Andi Nur Azia




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205