Data Processing Procedures for Assessing Child Development in RA DWP Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta

Jamuna Ulfah (Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta, Indonesia)

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pemrosesan data tentang penilaian di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini diadakan di RA DWP UIN SUKA Yogyakarta dan dilaksanakan selama enam hari di tahun 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif oleh Miles dan Huberman dan dengan mengumpulkan data melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penilaian yang dilakukan di lembaga-lembaga ini tetap sama seperti di Taman Kanak-kanak pada umumnya. Apakah menggunakan daftar cek, kinerja, pengamatan kerja, portofolio, tugas, catatan anekdot dan percakapan. Memasukkan hasil dari penilaian kepada orang tua juga hampir sama dengan institusi lainnya. Namun perbedaannya, RA DWP UIN SUKA Yogyakarta memiliki dua kartu laporan. Pada rapot pertama berfungsi untuk menampilkan penilaian anak-anak secara umum sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013 yang telah diberlakukan dan digunakan oleh seluruh institusi pendidikan di Indonesia. Dan rapot kedua adalah rapot untuk menampilkan hasil perkembangan agama anak-anak secara pribadi atau lebih dikenal dengan kecerdasan spiritual anak. Persiapan penilaian dilakukan berdasarkan kebutuhan dan juga sedikit modifikasi dari kurikulum 2013 yang berlaku. Generasi yang cerdas dan dibutuhkan oleh suatu bangsa adalah generasi yang dapat mengerti dan memahami bahwa hidup tidak hanya untuk satu hari dan mati, tapi hidup adalah seribu detik untuk suatu hari pembalasan nanti.


Full Text:

PDF

References


Anhusadar, La Ode. 2016. “Kreativitas Pendidik Di Lembaga PAUD.” Jurnal Al-Ta’dib 9 (1). Arndt, Sonja, and Marek Tesar. 2015. “Early Childhood Assessment in Aotearoa New Zealand: Critical Perspectives and Fresh Openings.” Journal of Pedagogy 2. https://doi.org/10.1515/jped-2015-0014. “Design Research Kuantitatif Kualitatif Dan Mixed Creswell.” n.d. Accessed October 24, 2019. https://www.scribd.com/doc/166463047/Design-Research-Kuantitatif-Kualitatif-Dan-Mixed-Creswell. Intan Fazrin, Wildiana, Trianti, Baba, Amalia, & Smaut. 2018. “Pendidikan Kesehatan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Pada Anak Di Paud Lab School UNPGRI Kediri.” Jurnal of Community Engagement in Healt 1 (2). Jannah, Miftahul. 2015. “Tugas-Tugas Perkembangan pada Usia Kanak-Kanak.” Vol. 1. Latif, Mukhtar, Zukhairina, Rita Zubaidah, and Muhammad Afandi. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini (Teori & Aplikasi). Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ZnA-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA315&dq=kumpulan+teori+tugas-tugas+perkembangan+anak+usia+dini&ots=_1pxqt1KRL&sig=JDxLJ8qn9DlHyBBooWUHL35LnnM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false. Masnipal. 2018. Menjadi Guru PAUD Profesional. Edited by Anwar Kholid. Cet. 1. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. www.rosda.co.id. Meggitt, Carolyn. Terj. W. Agnes Theodora. 2012. Memahami Perkembangan Anak. Edited by Bambang Sarwiji. Cet. 1. Jakarta Barat: Permata Puri Media. Muawanah. 2018. “Implikasi Psikologi Perkembangan Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Vijjacariya 5 (2): 113–28. Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo. Nasional, Kementrian Pendidikan. 2010. Pedoman Penilaian Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Tidak diterbitkan. Rahman, Ulfiani. 2009. “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 12 (1): 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4. Rudiyanto, Ahmad. 2016. Perkembangan Motorik Kasar Dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Lampung: Darussalam Pres Lampung. Siswanto, Wahyudi, Lilik Nur Kholidah, and Sri Umi Mintarti. 2010. Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak (Pedoman Penting Bagi Orang Tua Dalam Mendidik Anak). Ed. 1,Cet. Jakarta: AMZAH. Sit, Masganti. 2015. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jilid 1. Medan: PERDANA PUBLISHING. Stringher, Cristina. 2016. “Assessment of Learning to Learn in Early Childhood: An Italian Framework.” Italian Journal of Sociology of Education 8 (1): 102–28. https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2016-1-6. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. n.d. Wahyudin, Uyu. 2010. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: CV. Valah Production. Yuliani Rohmah, Elfi. 2010. “Perkembangan Psikologis Anak Mi/Sd: Studi Atas Dampak Kepergian Ibu Sebagai Tkw Ke Luar Negeri.” Penelitian Keagamaan Dan Sosial-Budaya 4 No. 1: 127–46. Zahro, Ifat Fatimah. 2015. “Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi 1 (1): 92–111.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205