Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Simbolik Awal Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting

Puji Lestari Kurniasih (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Fitri Ramadhini (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis simbolik awal anak usia 4-5 Tahun. Penelitian dilaksanakan di PAUD Mawar, Pondok Kopi,Jakarta Timur. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di PAUD Mawar sebanyak 6 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data kuantitatif diperoleh persentase kenaikan kemampuan menulis simbolik awal anak 44% pada pra penelitian dan pada siklus I sebesar 66%. Hasil tersebut menunjukkan kesesuaian dengan hipotesis tindakan terjadi kenaikan dari pra penelitian ke siklus I melebihi 20% maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis simbolik awal anak usia 4-5 tahun di PAUD Mawar. Hasil analisis data kualitatif menemukan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis simbolik awal anak. Anak dapat membuat coretan menyerupai huruf, angka, bentuk dan gambar. Peningkatan tersebut dinyatakan signifikan. Kegiatan finger painting dapat membuat anak aktif dan memberikan pengalam langsung terhadap sensoris anak.

Full Text:

PDF PDF

References


Mulyasa. (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Einon, Dorothy. (2004) Things To Do To Play & Learn. London: Hamlyn. Essa, Eva L. (2008). Introduction To Early Childhood Education. USA: Wadsworth. Jalongo, Mary Renck. (2007). Early Childhood Language Arts. New York: Pearson. Lee, Catherine. (1990). The Growth and Development of Children Fourth Edition. London: Longman, Morrow, Lesley Mandel, et. all. (2003). Best Practices in Literacy Instruction. New York: Guilford Press. Otto, Beverly. (2010). Language Development In Early Childhood. New Jersey: Pearson Education. Santrock, John W. (2008). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana. Schickedanz, Judith A. et. all. (2001). Understanding Children And Adolescents. USA: Allyn & Bacon. Seefeldt, Carol and Barbara A. Wasik. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta: Indeks. Smith, Jeffrey Trawick. (2003). Eearly Childhood Development. New Jersey: Pearson Education. Weaver, Mary. (2003). 365 Kegiatan Untuk Anak Usia Dini Alih Bahasa Irawati Savitri. Jakarta: PT. Primamedia Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205