Penerapan Permainan Sentra Persiapan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Inklusi

Fatma Wati (, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyusunan metode pembelajaran pusat pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan sangat menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran centre games yang digunakan guru dalam menggugah tumbuh kembang anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian tentang penyusunan play center yang dilakukan oleh guru disesuaikan dengan tema dan sub tema, metode yang digunakan guru dalam penyusunan play center dapat mengembangkan pemahaman anak. Model pendidikan anak yang semacam ini merupakan suatu korelasi atas suatu dunia pendidikan dunia yang intergratif yang muncul sebelumnya. Dunia pendidikan segregatif yaitu suatu pendidikan yang memisahkan antara kaum difabel dengan non difabel seharusnya dalam dunia pendidikan tidak boleh memilih bulu tentang siapa anak itu dan bagaimana fisik si anak maupun dari mana berasal anak itu dalam suatu persekolahan tidak boleh melakukan suatu perpisahan antara anak normal dan anak norma karena semua anak memilik hak yang salam terhadap dunia pendidikan. Sebelumnya ada suatu anggapan bahwa pencampuran kelompok difabel dan anak  non-difabel akan terpengaruh dalam proses pembelajaran anak-anak non- difabel karena ada suatu alasan yang lain yaitu bahwasanya anak-anak difabel membutuhkan pendidikan yang khusus yang berbeda perlakuannya dengan anak- anak.

Full Text:

PDF

References


Anas Sudjono. (2008). Pengatar Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Remaja Grafindo Persada. Anggani, S. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: PT Grasindo. Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Bouland, D. C. T. H. B. (1998). Active Learning Ofthrees: Active Learning Series. New Jersey: Dale Seymour Publ. Gita, R. S. D. (2018). Peningkatan pembelajaran sains anak usia dini melalui pengenalan bagian tanaman berbasis alam di tk ar-rahim jember. SELING Jurnal Program Studi PGRA, 4(1), 86–93. Hernani. (2015). Manajemen pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK). Jurnal Anak Berkebutuhan Khusus, 3(2). Ibda, F. (2015). Teori Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita, 3(1). Jamaris, M. (2006). Perkembangan Anak Usia Taman Kanak- Kanak. Jakarta: PT Grasindo. Mahabbati, A. (2010). Pendidikan Inklusif untuk Anak dengan Gangguan Emosi dan Perilaku (Tunalaras). Jurnal Pendidikan Khusus, Vol. 7, pp. 52–63. Netti, H. (2006). Buku Pendidikan-Pendidikan Usia Dini. Riau: Quantum. Numpuniarti. (2010). Perspektif Humanis Religius dalam Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(2). Permendiknas. (2006). Pedoman Penerapan Pendekatan BCCT dalam PAUD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Paud. Purwandari. (2009). Layanan Terapi Suportif bagi Anak Tunalaras Tipe Social Withdrawal. Jurnal Pendidikan Khusus, Vol. 5, pp. 25–43. Rahayu, S. N. (2013). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. Sumiyati. (2011). PAUD Inklusi: PAUD Masa Depan. Yogyakarta: Cakrawala. Suparno, H. dan E. P. S. H. dan E. P. (2012). Pengembangan Keterampilan Vokasional Produktif bagi Penyandang Tunarungu Pasca Sekolah melalui Model Sheltered-Workshop berbasis Masyarakat. Jpk: Jurnal Pendidikan Khusus, Vol. 4. Susanti, S. M., & Buton, U. M. (n.d.). Manajemen pengelolaan lingkungan belajar paud berbasis masyarakat. W John Santrock. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kereta Kencana. Gross. C. M. Science Concepts Young Children Learn Through Water Play. Dimensions of Early Childhood Vol 40. No 2. 2012. Usia Dini. Jurnal PendidikanVol.1 No. 1. 2017. Di akses tanggal 30 september 2019 pukul 10:00 Wib Nurlina Jalil, Sit Hawa. Penerapan Media Audio Visual (Laptop) Dalam meningkatka Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Al- Athfal, Vo. 1. No. 1. 2018. Mursalina, Manajemen Program Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen Program Satuan. Vo.5, No. 01. (2017) Bustami, Murniati, Cut Zahri Harum. Manajemen Pendidikan Paud Al- Fath Sabang. Jurnal Administrasi, Vo. 1, No. 2. November (2012),




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205