Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dan Penerapannya pada Anak Usia Dini di TK IT Al-Farabi

Nurul Amelia (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Tebing Tinggi, Indonesia)
Nadia Aisya (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Tebing Tinggi, Indonesia)

Abstract


Metode berbasis proyek adalah metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada  semua  jenjang pendidikan. Model pembelajaran yang diawali dengan tahapan mengumpulkan informasi berupa gagasan dan pertanyaan anak-anak sesuai dengan topik yang dipilih   lalu dikembangkan menjadi kegiatan belajar dan eksplorasi. Pembelajaran menggunakan metode berbasis proyek siswa mengembangkan suatu proyek baik secara individu  ataupun secara kelompok untuk menghasilkan suatu produk. Topik dalam pendekatan  proyek harus konkret, dekat dengan pengalaman pribadi anak, menarik, memiliki  potensial secara emosional dan intelektual berkaitan kehidupan sehari-hari sehingga anak dapat aktif dan kreatif dalam memecahkan masalah. Metode penelitian kualitatif, prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian penerapan  metode berbasis proyek pada anak usia dini, dibagai menjadi 3 diantaranya adalah: pembelajaran proyek total, pembelajaran proyek parsial dan pembelajaran proyek okasional. Model pembelajaran project based learning merupakan alternatif dalam menyampaikan pembelajaran pada anak usia dini di TKIT AL-FARABI karena dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah sehari-hari pada anak usia dini di TKIT AL-FARABI.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum

Al-Tabany Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Berk L.E danA.Winsler.scaffolding children learning:Vygotsky and Early Childhood education. Washington DC:NAECY:1995.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2012 . Konsep Strategi Pembelajaran. PT. Refika Aditama. Bandung .

Hardini dan Dewi. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu.Yogyakarta: Familia.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia. Bogor.

Isjoni. 2010. Model Pembelajaran Anak Usia Dini (cetakan ke-1). Bandung:Alpabeta.

Katz, Lilian G. 2001. Young Investigators The Project Approach In The Early Years. New York: Teacher College Press.

Kemendikbud Kemendikbud.2013. Permendikbud nomor 146 Tentang kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak..Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, 2012 Manajemen PAUD, Bandung : PT RemajaRosdakarya,

Ngalimun.2013. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta:AswajaPresindo..

Priansa dan Ani. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Roopnarine Roopnarine Jaipaul L dan James E. Johnson. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sani,Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum2013. Jakarta: Budi Aksara.2014.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutirman, 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif.

Winastwan Gora dan Sunarto, 2010, Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK . Jakarta:Flex Media Komputindo.

Anisa Yunita Sari, Retno Dwi Astuti, Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini dalam jurnal jurnal.narotama.ac.id

DeniErnawati,(2013), Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan kemampuan Bersosialisasi Anak Pada Pembelajaran Di Kelompok B Tk Genengsari 01 Polokarto Sukoharjo Tahun 2012/2013, dalam jurnal https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/8345, Surakarta: 20.

Ida Arsani Dewi, (2015), Penerapan Metode Proyek Melalui Kegiatan 3M Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A Tk Negeri Pembina dalam e-journal pgpauduniversitaspendidikanganesha. vol 3 No 1, singaraja.

MutiaraMagta,(2019) Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok A, dalam Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24 No. 2,

Tin Rustini, (2012) Pengaruh Penerapan Metode Proyek Terhadap Perkembangan Kemampuan Bersosialisasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun, dalam jurnal CAKRAWALA DINI Vol 3, No 2,SUMEDANG.

Zakiyah Ismuwardani, Implementation of Project Based Learning Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Students on Poetry Writing Skills, dalam jurnalJournal of Primary Education. vol 8 (1) (2019) : 51 – 58.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205