Pengukuran Kesiapan Sekolah : Analisis Empirik Berdasar Teori Tes Klasik

Fitri Ramadhini (IAIN Padangsidimpuan)
Leoly Ahadiathul Akhiriah Nasution (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian  ini  adalah  penelitian  kuantitatif deskriptif  guna melihat kualitas Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) sebagai salah satu dari berbagai alat tes untuk mengukur kesiapan seorang anak memasuki sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa TK IT Darul Hasan Padangsidimpuan yang akan memasuki Sekolah Dasar. Jumlah subjek penelitian  adalah  37 orang  anak  TK B.  Alat  ukur  yang  dipakai  pada penelitian  ini  adalah Nijmeegse  Schoolbekwaamheids  Test  (NST)  dan  juga  observasi. Berdasarkan hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  dari  37  orang  subyek,  sejumlah 35 orang anak dengan persentase  94,6%  dinyatakan memiliki kesiapan untuk masuk sekolah dasar.  Sejumlah 1 orang anak dengan persentase 2,7% dinyatakan cukup siap atau dipertimbangkan untuk masuk sekolah dasar. 1 orang anak dengan persentase 2,7% dinyatakan belum siap untuk masuk sekolah dasar. Aspek yang paling menonjol tingkat kematangannya adalah aspek ketajaman pengamatan pada subtes 4 yaitu sebanyak 100% yaitu sejumlah 37 orang anak. Serta aspek menguraikan cerita pada subtes 9 sebanyak 100% yaitu sejumlah 37 orang anak. Aspek yang paling kurang adalah motorik halus yaitu 56,75 % sejumlah 22 orang anak dikatakan matang atau siap. Secara deskriptif, aspek-aspek kesiapan memasuki sekolah dasar sangat erat kaitannya dengan kognitif diantaranya adalah pemahaman tentang besaran, jumlah, dan perbandingan, pengamatan kritis, pengamatan dan kemampuan membedakan, konsentrasi, pengamatan tajam, memahami cerita, penilaian situasi dan menggambar orang adalah aspek-aspek yang dinyatakan masuk dalam kategori cukup optimal. Sedangkan pada spek yang terkaitan dengan kemampuan motorik halus masuk dalam kategori belum optimal.


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2005). Tes prestasi dan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Azwar, S. (2007). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya.

Azwar, S. (2012a). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Azwar, S. (2012b). Reliabilitas dan validitas edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damayanti, A. K. (2016). Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar ditinjau dari Dukungan Orangtua dan Motivasi Belajar. PSIKOVIDYA, 20(1), 16–25.

DINI, K. S. A. U. (t.t.). PENGARUH TAYANGAN KARTUN EDUKATIF TERHADAP.

Hasibuan, A. S., Nelwati, S., & Mardison, S. (2020). Hubungan Kesiapan dengan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 6(1), 37–43.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Mariyati, L. I. (2017). Usia dan jenis kelamin dengan kesiapan masuk sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMG, halaman, 331–334.

Mariyati, L. I., & Affandi, G. R. (2016). Tepatkah Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST) untuk Mengukur Kesiapan Sekolah Siswa Sekolah Dasar Awal pada Konteks Indonesia?(Analisis Empirik Berdasar Teori Tes Klasik). Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 194–211.

Marwati, E., Hasan, S., & Andriani, D. (2017). Kesiapan Memasuki Sekolah Dasar Pada Anak di TKIT Attaqwa Gumawang Tahun 2016. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 93–108.

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M. J., & Fachrozi, I. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Pramudyani, A. V. R., & Maharani, E. A. (2018). PELATIHAN NST.(NIJMEEGSE SCHOOLBEKWAN TEST) UNTUK DETEKSI DINI KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR SEBAGAI BENTUK PROFESIONALISME GURU. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 221–234.

Pratiwi, W. (2018). Kesiapan anak usia dini memasuki sekolah dasar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 1–13.

Sartika, D., Halimah, L., & Annisa, N. (2011). Studi Eksplorasi Mengenai Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Ditinjau Dari Hasil Tes NST di Paud Cihanjuang dan Paud Cikutra Indah Bandung. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 2(1), 9–18.

Sudarmo, M. N. P., & Mariyati, L. I. (2018). Kemampuan problem solving dengan kesiapan masuk sekolah dasar. Psikologia: Jurnal Psikologi, 2(1), 38–51.

Sulistyaningsih, W. (1998). Kesiapan bersekolah ditinjau dari jenis pendidikan prasekolah anak dan tingkat pendidikan orang tua [PhD Thesis]. Universitas Gadjah Mada.

Supartini, E. (2006). Pengukuran Kesiapan Sekolah. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 2(2).




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205