Asesmen Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Gesikan

Nadia Aisya (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Tebing Tinggi, Indonesia)
Nurul Amelia (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Hikmah Tebing Tinggi, Indonesia)

Abstract


Asesmen adalah upaya untuk mendapatkan data atau informasi dari proses dan hasil pembelajaran peserta didik ,Hasil dari asesmen juga menjadi panduan bagi guru menentukan sejauh mana perkembangan yang telah dilalui peserta didik serta mengelola pembelajaran di kelas. Sedangkan perkembangan bahasa merupakan aspek penting bagi anak, sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk berpikir, mengekspresikan perasaan, dan menerima pikiran dan perasaan orang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif, prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukan asesmen perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di Bustanul Athfal Aisyiyah Gesikan sudah cukup bagus dilihat dari teknik penilaian yang digunakan oleh guru. Penilaian yang dilakukan guru secara bertahap dalam rentang waktu yang telah ditentukan untuk melihat kemajuan perkembangan bahasa anak setelah mengikuti pembelajaran yang diberikan guru

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam, 2014, Metodologi penelitian kualitatif. Yogyakarta: AR-RUZZ

Dahlia, 2018, Psikologi Perkembangan, Terj: Triwibowo, (Yogyakarta: Pustaka pelajar). Gabungan. Jakarta: Kencana.

Dina Khairiah, (2018). Perkembangan Fisik, Intelegensi, Emosi dan Bahasa AUD, Vol 1, edisi 1. Jurnal Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1 (1), 1-17.

Dina Khairiah, (2018). Assesmen Perkembangan Sosio-emosional Anak usia Dini, Jurnal Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1 (2), 1-22.

George S.Morrison, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Saat ini Edisi ke 13, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Harun, Rasyid, 2014, Pengembagan Instrumen Asesmen Autentik Bagi Anak Usia Dini, Jurnal Seminar Evaluasi Pendidikan. Hlm 741

John W.Santrock, 2010, Psikologi Pendidikan, Terj: Yudisantoso, (Jakarta: Prenada Media).

Masnipal, 2013, Siap Menjadi Guru dan Pengelolan Paud Profesional, (Jakarta: PT- Elex Media Komputindo).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Lampiran I.

Samsunuwiyati Mar’at, 2005, Psikolinguistik: Suatu Pengantar, (bandung: PT Refika aditama).

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi, (Mixed MEDIA.Methods). Bandung: ALFABETA.

Suyanto, Slamet, 2003, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

William Surya Hartanto, 2018. Deteksi keterlambatan bicara dan bahasa pada anak. Cermin Dunia Kedokteran, 45(7), 545–266. http://www.childencyclopedia.com/sites/default/files/textes-experts/en/622/early-identification-of- language-delay.pdf

Yusuf, Muri, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205