Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Untuk Mengenal Bilangan 1 – 10 Melalui Implementasi Pembelajaran Model Make A Match di RA Muslimat NU 006 Bareng Babadan Ponorogo

Achmad Riza Maulana ()
Muhammad Azam Muttaqin (, Indonesia)

Abstract


ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas 2022/2023 dengan menerapkan metode pembelajaran Make-A-Match pada anak kelompok A RA Muslimat NU 006 Bareng, Babadan, dan Ponorogo, kemudian mengenali 1 sampai dengan 10 untuk perkembangan kognitifnya. melihat peningkatan. Semuanya ada 12 siswa. Jenis penelitian ini memanfaatkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada semester II anak Kelompok A di RA Muslimat NU006 Bersama semester II tahun 2022/2023. Teknologi akuisisi data melalui observasi dan dokumentasi. Statistik deskriptif berdasarkan analisis refleksi siklus kemudian digunakan untuk menganalisis data ini. Hasil analisis data kondisi awal sebesar 22%, namun meningkat menjadi 34,5% pada siklus I dan menjadi 48,5% pada siklus II. Dari penjelasan di atas disimpulkan bahwa anak kelompok Bersama A RA Muslimat NU 006 mengalami peningkatan perkembangan kognitif 100% ketika mengenali 1 - 10 setelah menggunakan metode pembelajaran Make A Match yang merupakan kriteria berkembang sangat baik. Anda dapat melampirkannya.


Full Text:

PDF PDF

References


Ali Wardhana Manalu, (2021) Perkembangan Kognitif Terhadap Pembelajaran Matematika, Jurnal: Dirasatul Ibtidaiyah, 1 (1), 59-71.

Arikunta, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Depdiknas. 1996. Metodik Khusus Pengembangan Bahasa di TK. Jakarta.

Depdiknas. 2000. Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa. Bandung.

Depdiknas. 2000. Permainan Membaca dan Menulis di Taman Kanak-kanak. Jakarta.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Muliawan, Jasa Ungguh. 2009. Manajemen Play Group dan TK. Yogyakarta: Diva Press.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pres.

Sudono, Anggani. 1995. Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Pustaka Pealajar.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205