Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Penerapan Model Pembelajaran Make a Match KB Armilla Nusa Desa Mekarwangi

Mei Siti Nurmedisyah (STKIP Muhammadiyah Kuningan, Indonesia)
Nika Cahyati (STKIP Muhammadiyah Kuningan, Indonesia)

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas 2022/2023 subyek penelitian adalah anak KB Armilla Nusa Desa Mekarwangi yang berjumlah 10 anak. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi  dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match di KB Armilla Nusa Desa Mekarwangi. Jenis penelitian ini memanfaatkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada semester I tahun 2022/2023. Analisis data digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendapatkan hasil terdapat peningkatan kemampuan mengenal huruf anak setelah pemberian tindakan dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match. Berdasarkan tindakan prasiklus diperoleh ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak sejumlah 2 anak atau 20%. Siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak sejumlah 4 anak atau sebesar 40%. Siklus II ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak mengalami peningkatan sejumlah 6 anak atau sebesar 60%. Siklus III diperoleh ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak sejumlah 8 anak atau sebesar 80%. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa anak KB Armilla Nusa mengalami peningkatan 80% ketika mengenal huruf setelah menerapkan model pembelajaran Make A Match yang merupakan kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Full Text:

PDF

References


Etivali, A. U. Al, & Kurnia, A. M. B. (2019). Pendidikan pada anak usia dini. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2), 212–236.Fauhah, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar …, 9, 321–334.Juniarti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Abjad Pada Anak Kelompok B Di TK Tunas Baru Tombang Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu.Karoma, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lima Huruf Vokal Melalui Media Bola Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun, 1(1), 60–66.Kemampuan, M., Huruf, P., Iyah, H., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2013). Linda Purwanti Sri Widayati, 1–5.Nelawati, N. C., Karsono, K., & Palupi, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 394. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.35365Nelawati, N. C., Palupi, W., Maret, U. S., & Maret, U. S. (2019). Jurnal Kumara Cendekia PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD PENDAHULUAN Pendidikan merupakan segala usaha yang dilaksanakan dengan sadar dan bertujuan mengubah tingkah laku manusia ke arah yang lebih , 7(4), 394–402.Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12372Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283Siti Nurul Fazriah1), Astuti Darmiyanti2), N. R. (2021). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1, Oktober 2021, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7376Suhartini, P. (n.d.). Taman, D I Sabrina, Kanak- Kanak Lampung, Sukarame Bandar.Tiyasa. (2018). Pertiwi, A. D. (2016). Study deskriptif proses membaca permulaan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 8(2), 127–135.Trisniawati. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 Tk Aba Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i1.5874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205