Strategi Orang Tua Mendidik Anak Usia Dini dalam Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Ardi Al Amin, M. D. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik, 2(1), 11. https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.4945
Arsana, G. W., Sepud, I. M., & Sujana, I. N. (2020). Tindak Pidana Pembunuhan yang Dilakukan oleh Anak. Jurnal Preferensi Hukum, 1(2), 186–190. https://doi.org/10.22225/jph.1.2.2386.186-190
Auliya, F., Pranoto, Y. K. S., & Sunarso, A. (2020). Kecerdasan Moral Anak Usia Dini. Pemalang: Nasya Expanding Management.
Djuwita, W. (2020). Parenting, Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam Bingkai Pendidikan Karakter dan Nilai Profetik Islam. Mataram: Sanabil.
Fepriyanti, U., & Suharto, A. W. B. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru dan Orang Tua Siswa. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 135–146. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v26i1.4587
Hamzah, A. (2019). Penelitian Berbasis Proyek Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Kajian Teoritik & Contoh-contoh Penerapannya. Malang: Literasi Nusantara.
Hidayat, M. A., Muhadar, M., & Muchtar, S. (2020). Analisis Kriminologis Atas Pembunuhan Yang Dilakukan Oleh Anak (Studi Kasus di Makassar Tahun 2017-2019). Al-Qaḍāu: Jurnal Peradilan dan Hukum Keluarga Islam, 7(1), 93–106. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/al-qadau.v7i1.14893
Ishaq. (2021). Pendidikan Pancasila. Jakarta: Kencana.
Kansil, & Christine. (2011). Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. Jakarta: Rineka Cipta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Seri Pendidkan Orang Tua: Komunikasi Dengan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lubis, M. A. (2018). Pembelajaran ppkn (teori pengajaran abad 21 di SD/ MI). Yogyakarta: Samudra Biru.
Lubis, M. A., Sabri, Hamidah, & Azizan, N. (2022). Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan SD/MI: buku ajar untuk PGSD/PGMI. Yogyakarta: Samudra Biru.
Luthfillah, N., Elan, & Rachman, B. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(1), 35–41. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.74
Marbella, R. (2021). Penguatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sejak Usia Dini di Kalangan Anak-anak Lingkungan I Tanah Seribu Kota Binjai. JPKM: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 21–31. Diambil dari http://jpkm.lkispol.or.id/index.php/Journal_description/article/view/4
Nurgiansah, T. H. (2021). PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER JUJUR. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 33–41. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/31424
Nurwardani, P., Saksama, H. Y., Kuswanjono, A., Munir, M., Mustansyir, R., Nurdin, E. S., … Festanto, A. (2016). Buku ajar mata kuliah wajib umum pendidikan Pancasila. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.
Prasetyo, N. (2011). Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Pratama, N. Y. P., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Moral Bangsa yang Terkikis Akibat Benturan Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 962–968. Diambil dari https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1046
Sarinah, & dkk. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: PPKn di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Deepublish.
Slamet, Irdyansah, A., Irnawati, I., & Tugino, T. (2022). Penanaman Nilai-nilai Pancasila dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. MANGGALI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 76–84. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.1969
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Sutisna, M., Sucherman, U. U., Suandi, D., Sukatmi, S., & Kumalasari, S. (2022). Urgensi Pendidikan Pancasila Sejak Dini Bagi Generasi Z. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 327–338. https://doi.org/https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1518
Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Peserta Didik di dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Civics, 13(2), 188–198.
YunanS, A., & Soerjanegara. (2000). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jilid 3 Kelas 3. Bandung: Angkasa.DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i2.6021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:
Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733
e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com