Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Pengenalan konsep bilangan sebagai keterampilan pra matematika bagi anak bertujuan agar anak dapat memecahkan masalah dalam kesehariannya. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan Penelitian Tindakan kelas atau disebut juga Classroom Action Research sebagai jenis penelitiannya, yaitu penelitian tindakan, dilakukan oleh guru sendiri di dalam kelas yang bertujuan untuk meningkatkan praktik mengajar dalam pembelajaran khususnya merefleksi tindakan praktis untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa. Media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint yang diterapkan pada anak usia dini di kelompok A, di KB Sirojul Athfal mengalami peningkatan keefektifan yaitu 60.61% pada pra siklus, siklus I sebesar 75.38% dan pada siklus II mencapai 84.09%. Media pembelajaran interaktif di desain menggunakan sebagaian besar gambar kartun yang menarik minat anak dan di berikan animasi-animasi dan suara instruksi penggunaan sehingga anak lebih mudah memahami dalam menggunakannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Suharsimi Arikunto, Supardi, Suhardjono (2021). Penelitian Tindakan Kelas:Edisi Revisi. Jakarta:PT Bumi Aksara
Imam Gunawan, S.Pd., M.Pd. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta:PT Bumi Aksara
Alni Fitri Rahayu, Ernawulan Syaodih dan Nur Faizah Romadona (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Pendekatan Experiential Learning. Edukids. 6 (1) tahun 2019
Erna Roostin (2021), Analisis Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 3-4 Tahun dengan Media Montessori Number Rods. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 6 (2):801-808
Febby Ristyadewi1 , Nila Fitria. Peningkatan Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun dengan Menggunakan Game PowerPoint. Jurnal AUDHI. 5(20) : 82-9543
Wulanda Aditya Azis (2016). Analisis Kualitatif Pemanfaatan Komputer dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi. 2(2):26-42
Lovandri Dwanda Putra, Ishartiwi. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mengenal Angka dan Huruf Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 2(2) : 169-178
https://kbbi.web.id, [Online] Kamus Besar Bahasa Indonesia
Ahmad Sarwat, Lc. 6 Desember (2022). Hadist Mencari Ilmu di Waktu Kecil. Eramuslim Media Islam Rujukan
Shofia Magfiroh, Dadan Suryana (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Dalam Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1):1560-1566.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2015) . Modul Pembelajar, Media Pembelajaran Https://Repository/kemdikbud.go.id
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2020). Modul 4 Merancang dan Membuat Media Pembelajaran Digital untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat GTK
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa. (2016). Modul Guru Pembelajar Taman Kanak-Kanak. Pedagogik : Media dan Sumber Belajar. Bandung : PPPPTK dan PLB
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2020). Modul 3 Media Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Moda Pembelajaran Jarak Jauh : Daring dan Luring. Jakarta:Direktorat GTK
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa. (2016). Modul Guru Pembelajar Taman Kanak-Kanak. Pedagogik : Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di TK. Bandung : PPPPTK dan PLB
DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i2.8410
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yanti Sopianti
Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:
Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733
e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com