Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Peran

Ratna Nila Puspitasari (IAIN Ponorogo, Indonesia)
Aida Faizatur Rahma (IAIN Ponorogo, Indonesia)

Abstract


Bermain peran merupakan suatu metode untuk penguasaan bahan pembelajaran melalui pengembangan imajinasi anak serta anak berperan sebagai subjek pembelajaran aktif. Kegiatan bermain peran yang dibahas dalam kajian ini salah satunya ialah meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini pada peserta didik di kelompok A3 TA Al-Manaar Al Islamiyah Ngabar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemampuan sosial anak usia dini melalui metode bermain peran, subjek penelitian ini adalah anak-anak tingkat usia 4-5 tahun pada kelompok A3  TA Al-Manaar Al Islamiyah Ngabar. Objek penelitian adalah kemampuan sosial emosional anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan berupa penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi.  Peningkatan sosial emosional anak usia dini dengan menggunakan metode bermain peran ini mengalami peningkatan yang baik. hal ini terlihat dari perilaku anak mampu menunggu giliran saat bermain, mampu mentaati peraturan permainan, anak mampu bekerja sama dengan temanya, bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, dan percaya diri. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang sudah diuraikan dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini di kelompok A3 TA Al-Manaar Al Islamiyah Ngabar. 


Keywords


social emotional; early childhood; role play.

Full Text:

PDF

References


Age, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Denham, S. A., Bassett, H. H., Thayer, S. K., Mincic, M. S., Sirotkin, Y. S., & Zinsser, K. (2012). Observing Preschoolers’ Social-Emotional Behavior: Structure, Foundations, and Prediction of Early School Success. The Journal of Genetic Psychology, 173(3), 246–278. https://doi.org/10.1080/00221325.2011.597457

Djunaidi, F. A. M. and M. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.

Gandana, Y. and G. (2018). Alat Permainan Edukatif. Ksatria Siliwangi.

Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 2.

laila Qodari Gilang wahyuningrum, D. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini). UAD PRESS.

Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54. https://doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67

Moleong, L, J. (1995). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Pattiliam, H. (2005). Metode Pengembangan Kualitatif. Alfabeta.

Puspitasari, R. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 40–46. https://doi.org/10.23960/jpa.v8n1.24204

Puspitasari, R. N. (2022). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Melalui Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Di Era New Normal. ASGHAR : Journal of Children Studies, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5749

Rahmi, S., Wahyuningsih, S., & Sujana, Y. (2014). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Empati Pada Anak Kelompok B TK Islam Bakti IX Kerten Tahun 2013/2014. Kumara Cendekia. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/32248%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/viewFile/32248/21470

Roestyah. (2010). Straegi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Rohayati. (2016). Faktor yang Berhubungan Dengan Perkembangan Sosial Emosi Anak. Jurnal Keperawatan, 12(1), 73–80. http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JKEP/article/view/353

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susilowati, W. O. (2021). Perkembangan Sosial Emosional AUD Berbasis Karakter. CV Media Sains Indonesia.

Syifauzakia, D. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Literasi Nusantara.

Tiel, J. M. Van. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Gifted. Prenadamedia Group.

Toharudin. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasi untuk Pendidik yang Profesional. Lakeisha.

Wardati, Z. (2019). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak pada Habib Alby Home Schooling. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(2), 261. https://doi.org/10.22373/jie.v2i2.4185

Widiastuti, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Role Playing Di Kelompok Bermain. Satya Widya, 34, 80.




DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v3i2.8805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ratna Nila Puspitasari, Aida Faizatur Rahma




Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini has indexed by:


Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jl.T. Rizal Nurdin No.Km 4, RW.5, Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara 22733

            e-mail: ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com 

            P-ISSN:    2797-3107           E-ISSN: 2797-0205