FAKTOR KONSUMEN DALAM MEMILIH TEMPAT BELANJA DI ERA 4.0
Abstract
Hadir tempat belanja baru ditambah dengan perbedaan generasi menjadi hal pentingnya untuk diketahui factor yang menjadi penentu konsumen dalam memutuskan tempat belanja dilihat dari factor demograsi konsumen.Populasi konsumen produk fashion retail offline dan online dengan jumlah tidak diketahui pasti maka sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sebanyak 195 responden di DKI. Dengan alat analisis diskiriman yang digunakan hasil penelitian ini menunjukan bahwa factor pendidikan dan pendapatan yang menjadi penentu konsumen dalam memutuskan tempat belanja di retail offline ,online atau keduanya. Hal ini dikaitkan dengan perbedaan generasi konsumen yang ada saat ini dari segi pendidikan dan pendapatan konsumen. Kunci pemasar yang berhasil harus memutukan focus menjual di satu tempat belanja yang sesuai kelompok konsumen mereka sasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Suleman, D. (2018). Faktor penentu keputusan konsumen Indonesia memilih tempat belanja disebuah e-commerce (Theory of Planned Behavior). Jurnal Doktor Manajemen, Vol.1(No.1), pp 1-9.
Suleman, D., Ali, H., Nusraningrum, D., & Ali, M. M. A. (2019). Perceived Ease of Use, Trust and Risk toward Attitude and Intention in Shopping for Online Fashion Products In Indonesia. Archives of Business Research, Vol.7(No.4), pp.240-253. https://doi.org/10.14738/abr.74.6482
Suleman, D., Suharyadi, D., Rusiyati, S., Sabil, Riftiasari, D., & Marwansyah, S. (n.d.). How trust,risk toward attitude when shopping retail online. Dinasti International Journal of Education Management and Social Science, 1(4), Pp :487-492.
Suleman, D., Zuniarti, I., Marginingsih, R., Sabil, Nurhayaty, E., Rachmawati, S., Pramularso, E. Y., & Sari, I. (2019). Competition between offline and online stores: when it comes to shopping for fashion products, which store will be the choice of Indonesian consumers? International Conference on Global Innovation and Trends in Economy, 1–14. https://easychair.org/publications/preprint/8drP
Suleman, D., Zuniarti, I., & Sabil, sabil. (2019). Consumer Decisions toward Fashion Product Shopping in Indonesia: The effects of Attitude, Perception of Ease of Use, Usefulness, and Trust. Management Dynamics in the Knowledge Economy, Vol.7(no.2), pp.133-146; https://doi.org/DOI 10.25019/MDKE/7.2.01
Suleman, D., Zuniarti, I., Setyaningsih, E. D., Yanti, V. A., Susilowati, I. H., Sari, I., Marwansyah, S., Hadi, S. sudarmono, & Lestiningsih, A. S. (2019). Decision model based on technology acceptance model (TAM) for online shop consumers in Indonesia. Academy of Marketing Studies Journal, 23(4), Pp: 1-14.
Wijaya, T. (2010). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Graha ilmu.
Winasis, S., Terminanto, A., & Badawi, A. (2018). Building a winning Team : casae of tanah abang main Branch, orivate Bank ABC. Internasional Conference on Industrial Engineering and Operations Management.
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2019). SPSS Complete: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS Edisi ke-2. Salemba infotek.
Zuniarti, I., Suleman, D., Rachmawati, S., Sabil, & Rusiyati, S. (2020). How Ease of use, usefullness toward attitude of shopping at online retail. Dinasti International Journal of Education Management and Social Science, 1(4), Pp :448-453.
DOI: https://doi.org/10.24952/tijaroh.v6i1.2422
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.