Analisis Strategi Marketing Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah Menggunakan Layanan Pembiayaan Cicilan Emas Pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Panyabungan

Author


Andi Saputra(1), Erfiana Siregar(2), Azizatur Rahmah(3Mail), Lara Maisiska(4),
(1) ,
(2) ,
(3) ,
(4) ,

Mail Corresponding Author
Article Analytic

Available online: 2025-11-16  |  Published : 2025-11-16

Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 11 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran digunakan untuk menarik minat pelanggan dalam menggunakan layanan angsuran emas di PT Bank Syariah Indonesia KCP Panyabungan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT Bank Syariah Indonesia KCP Panyabungan adalah strategi 7P. P pertama (Product/Produk) merujuk pada layanan angsuran emas di BSI KCP Panyabungan yang menarik karena menyediakan produk emas fisik yang dapat disimpan atau dijual, sekaligus sebagai investasi sesuai prinsip Syariah. P kedua (Price/Harga) adalah harga kompetitif yang ditetapkan secara nasional sehingga meningkatkan kepercayaan nasabah karena dianggap adil dan transparan. P ketiga (Place/Tempat) menerapkan strategi distribusi tersegmentasi yang menargetkan ibu rumah tangga, nasabah prioritas, dan nasabah walk-in, didukung oleh kantor yang strategis dan mudah diakses. P keempat (Promotion/Promosi) dilakukan langsung di lapangan dengan pendekatan tatap muka yang informatif dan persuasif, memperkuat pemahaman dan ketertarikan masyarakat. P kelima (People/Orang) melibatkan seluruh karyawan secara aktif dalam pemasaran, baik langsung maupun melalui media sosial, dengan pelayanan ramah dan profesional. P keenam (Process/Proses) menyediakan proses pengajuan angsuran emas yang cepat, mudah, dan transparan, memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pelanggan. P ketujuh (Physical Evidence/Bukti Fisik) mencakup lingkungan kantor yang bersih, nyaman, dengan fasilitas lengkap, memperkuat citra positif BSI KCP Panyabungan di mata pelanggan.
Kata kunci: Minat, Pemasaran, Pembiayaan Angsuran Emas.

References


Andespa Roni. 2011, Metodologi Penelitian Bisnis, Pekanbaru: Alaf Riau.

Diah, M., & Zulhamdi, Z. (2022). Implementasi Murabahah Pada Perbankan Syariah. Al-Hiwalah: Journal Syariah Economic Law, 1(1), 53-74.

Ilyas, R. (2019). Analisis Risiko Pembiayaan Bank Syariah. Bisnis: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 7(2), 189-202.

Ismail.(2018). Manajemen Perbankan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kasmir. (2013). Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler P. (2018). Marketing Management Edisi 14. Global Edition. Pearson. Prentice Hall.

Maharani, Dina, And Muhammad Lathief Ilhamy Nasution. (2024). “Analisis Upaya Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Keunggulan Tabungan Ib Makbul Pada Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi.” Jurnal Bisnis Dan Ekonomi 6 (2).

Marsaulina, Kiki. 2024. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji Pada PT. Bank Muamalat Indoensia KCU Padangsidimpuan.” UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Saidah, N., Suprihanto, J., & Wikaningtyas, S. U. (2019). Upaya Pengembangan Pemasaran Jasa Pendidikan Pada Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Kebumen (Doctoral dissertation, STIE Widya Wiwaha).

Yahya M. (2012). Jurus Cerdas Investasi Emas. Jakarta: Laskar Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.