IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING ABILITY BY USING INTERVIEW TECHNIQUE AT GRADE XI SMA NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN

Nurmadinah Hasibuan ()

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah siswa dalam kemampuan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah: mendeskripsikan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan teknik wawancara di kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan teknik wawancara pada kelas XI SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan desain Hopkins yang terdiri dari empat tahap. Itu adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Untuk mengatasi masalah siswa dalam berbicara peneliti menerapkan teknik wawancara. Peneliti menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Apalagi peserta penelitian ini adalah kelas XI IPA-2 (38 siswa) dan ada kolaborasi dengan guru bahasa Inggris. Sedangkan data diturunkan antara tes berbicara, observasi, dan wawancara. Kehamilan siswa di latar belakang masalahnya adalah 68 (5,26%). Skor siswa pada siklus 1 adalah 65,57 (15,78%) dan nilai siswa pada siklus 2 adalah 80,31 (94,73%). Dari nilai rata-rata siswa di latar belakang masalah dan pada siklus 1, tidak menunjukkan perbaikan. Kemudian, peneliti terus menerus melakukan siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 dan siklus 2, hal tersebut menunjukkan peningkatan nilai mean siswa dan persentase siswa. Jadi, peningkatan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan teknik wawancara sangat baik kategori (sangat tinggi). Masalah siswa dalam aksen sulit diucapkan kata-kata. Permasalahan dalam tatabahasa sulit dilakukan dalam membangun kalimat dan menggunakan kata kerja bantu. Masalah dalam kosa kata sulit dicari kata-kata yang tepat. Soal kelancaran sulit dikelompokkan kata-kata. Masalah dalam pemahaman sulit dalam memahami kata-kata. Soal aksen dipecahkan dengan memotivasi mereka dalam melatih pengucapannya. Permasalahan dalam tatabahasa dipecahkan dengan memberikan penjelasan lebih banyak tentang konteks bahasa dan kata kerja axuliary. Masalah dalam kosakata dipecahkan dengan memberi tip dalam menghafal kosa kata dan memberi kosa kata yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Masalah dalam kelancaran dipecahkan dengan memotivasi mereka dan memberi pengisi dalam pidato mereka. Masalah dalam pemahaman dipecahkan dengan memotivasi mereka untuk menghafal kosakata sehingga bisa mengerti makna kalimat atau pertanyaan.

Keywords


Speaking, Interview and SMA

Full Text:

PDF

References


Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta: Ciputat Press, 2005.

Bachman, Lyle F., Fundamental Consideration in Language Testing, New York: Oxford University Press, 1990.

Brown, H. Douglas, Teaching by Principle: An Interactive Approach to Language Pedagogy, New Jersey: Englewood Cliffs, 1994.

Burns, Anne, Doing Action Research in English Language Teaching,New York: Routledge, 2010.

Chamot, Anna Uhl, The Learning Strategies Handbook, Longman: Addison Wesly Longman, Inc, 1999.

Chaney, A. L. and T.L. Burke, Teaching Oral Communication in Grades K-8, Boston: Allyn& Bacon, 1998.

Creswell, John W., Research Design: Qualitative, Qualitative, and Mixed Methods Approaches, USA: Sage Publication, 2003.

Freseman, Diane Larsen, Technique and Principles in Language Teaching As a Second Language, New York: Oxford University Press.

Gay, L.R. and Peter Airasian, Education Research: Competence for Analysis and Application, USA: Prentice Hall, Inc, 2000.

Harmer, Jeremy, The Practice of English Language Teaching, London: Longman, 2001.

Hartono, Statistik: UntukPenelitian,Yogyakarta: PustakaPelajar Offset, 2004.

Hasibuan, Ida Royani, “Improving Students’ Speaking Skill by Using Simulation Technique at Grade XI SMK Negeri 1 Padangsidimpuan in 2012 Academic Year”, (Unpublished Thesis), Padangsidimpuan: STAIN, 2012.

Hornby, A.S., Oxford Advanced Learner’s Dictionary, New York: Oxford University Press, 1995.

Hughes, Arthur, Testing for Language Teachers, USA: Cambridge University Press, 1990.

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan: Mediapersada, 2012.

Johnson, Andrew P., A Short Guide to Action Research Second Edition,America: Pearson Education, 2005.

Listriyana, Teaching Speaking Skill through Interview at the Eight Grade Students of SMP PGRI 9 Denpasar in Academic Year 2013/2014, (Unpublished Thesis), Denpasar: Mahasaraswati Denpasar University, 2014.

Muhammad Muhsin Khan dan Muhammad Taqi-ud-Din Al-Hilali, The Noble Qur’an, Jakarta: Al-Huda, Kelompok Gema Insani, 2014.

Mukoroli, Joseph, “Effective Vocabulary Teaching Strategies for The English For Academic Purposes ESL Classroom” www.digitalcollections.sit.edu, accessedatNovemver 23rd, 2014 retrieved on 08: 20 pm.

Nunan, David, Designing Tasks for the Communicative Classroom,Cambridge: Cambridge University Press, 1989.

Ommaley, J. Michael, Authentic Assessment for English Language Learners, USA: Addison- Wesley Publishing Company, 1996.

Rangkuti, Ahmad Nizar, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan, Bandung: Citapustaka Media, 2014.

Richards, Jack C. and Willy A. Renandya, Methodology in Language Teaching An Anthology of Current Practice, Cambridge: University Press, 2002.

Riduwan, Belajar MudahPenelitian Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2012.

Slavin, Robert E., Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice, Second Edition, London: Allyn And Bacon, 1995.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Penerbit Al Fabeta, 2009.

Syafei,Anas, Pronounciation:Theory and Practice, Jakarta: Depdikbud, 1988.

Turk,Chistopher, Effective Speaking Communicating in Speech, British: British Library Publication Data, 1985.

Ubaydillah Ibnu Sholihin, “Defenition of Speaking Skill”, www.blogspot.com, accessed at November 23rd, 2014 retrieved on 08:20 pm.

Verderber, Rudolph F. and Kathleen S. Verderber, The Challenge of Effective Speaking, USA: University of America, 2008.

Weir, Cyril J., Communicative Language Testing, (New York: Prentice Hall, 1990), p. 76.

Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana, 2009.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v5i2.1185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats