THE CORRELATION OF STUDENTS’ MOTIVATION AND ATTITUDE TO STUDENTS’ ENGLISH ACHIEVEMENT AT GRADE VIII SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN

Magdalena Magdalena (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Studi ini bertujuan mendeskripsikan hubungan motivasi dan sikap dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat lima hasil penelitian, yaitu: 1) Terdapat hubungan motivasi dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Berdasarkan nilai  was 0.381, hubungan keduanya dinyatakan lemah. 2) Terdapat hubungan sikap dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Berdasarkan nilai  was 0.441, hubungan keduanya dinyatakan cukup. 3) Terdapat hubungan motivasi dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan, ketika variabel sikap dikontrol. Berdasarkan nilai  was 0.209, hubungan keduanya dinyatakan lemah. 4) Tidak terdapat hubungan sikap dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan, ketika variabel motivasi dikontrol. Berdasarkan nilai  was 0.114, hubungan keduanya dinyatakan tidak ada. 5) Terdapat hubungan motivasi dan sikap dengan prestasi belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Berdasarkan nilai  was 0.234, hubungan ketiganya dinyatakan lemah.


Full Text:

PDF

References


Abraham H. Maslow, Motivation and Personality. Jakarta: publishers, 1970.

Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner, Jakarta: 2009.

Arikunto, Suharsimi,Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: BumiAksara, 2005

Benjamin Ball, Motivation Theories, Pearson Education limited England: Longman, 2002.

Carol Sansone, Judith M, Harackiewicz, The Search for Optimal Motivation and Performance, Landon: Academic Press, 2000.

Charles Galloway, Psychology Learning and Teaching, United States of America, 1976.

Cornelius J. Konig, Integrating Theories of Motivation. New York: Office Sneers Snipes, 1982.

David C. Berliner, Handbook of Educational Psychology. New York, Simon and Schuster Macmilan, 2003.

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Guy R. Lefrancois, Psychology for Teaching, (Six Edition).

Hamzah B. Uno, Teori Motivasi & Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Hartati, Nara & Evelina, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Henry Guntur Tarigan, Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa, 1990.

Jafre, Mohamad Zinol Abidin. “EFL Students’ Attitude towards Learning English Language: The Case of Libyan Secondary School Students”. Asian Social Science vol 8, No 2. February 2012.

Jhon T. Ghutrie, Allan Wigfield and Kathleen C. Perencevich, Motivating Reading Comprehension CORI, Mahwah, New Jersey London, 1988.

Mardianto, Psikologi Pendidikan Landasan untuk Pengembangan Strategi Pembelajaran, Medan:Perdana Publishing, 2012.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Nunan, David, Practical English Teaching, America: The Mc. Grow Hill Companies, 2003.

Pickens, Jeffery, Attitude and Perceptions, USA: Harrisburg.

Ross, H. Brian, The Psychology of Learning and Motivation, London: Elsevier Academic Press, 2004.

Sansone Carol, Harackiewicz Judith M, The Search for Optimal Motivation and Performance, Landon: Academic Press, 2000.

Schwarz, Norbertand Gerd Bohner, Attitude and Construction, UK: Blackwell, 2001.

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Sudjana, Nana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Di Sekolah, Bandung: Sinar Algesindo, 1996.

Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2003.

Syaiful Bahri Djamarah,Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Wiley, Handbook of Motivational Counseling, New York: Steel, P. & Arvey, 2002.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v4i01.1196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats