THE USE OF CODE-SWITCHING IN ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT STATE ISLAMIC COLLEGE OF JURAI SIWO METRO (An Analysis of the students’ language attitude toward English-Indonesian Code Switching)
Abstract
Dalam proses belajar mengajar, beberapa siswa menggunakan bahasa Indonesia-Inggris dan sebaliknya, sebab mereka fikir sangatlah susah menjelaskan suatu topik menggunakan bahasa inggris. Oleh karena itu, sangat diperlukan pembelajaran sikap berbahasa atau berinteraksi dengan mengalihkan kode berbahasa Inggris-Indonesia atau Indonesia-Inggris “Code Switching”. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengivestigasi sikap berbahasa siswa terhadap alih kode bahasa Inggris-Indonesia dalam pembelajaran diruang kelas. Selajutnya, penelitian ini menggunakan pendekatan qualitatif serta menggunakan tekhnik purposive sampling yg didasarkan pada tujuan peneliti atas dasar hal-hal tertentu. Kemudian, ada 6 mahasiswa STAIN Jurai Siwo Metro pada semester 4 yang menggunakan alih kode bahasa Inggris-Indonesia dalam pembelajaran diruang kelas. Observasi, interview, dan skala semantic differential sebagai alat pengumpulan hasil data. Dan dari hasilnya, diketahui bahwa mahasiswa menggunakan alih kode bahasa Inggris-Indonesia dalam pembelajaran diruang kelas. Alasan utama dikarenakan penggunaan alih kode bahasa Inggris-Indonesia sebagai strategi yang interaktif, dan bisa memfasilitasi pembelajaran serta mereka bisa lebih mengerti dengan menggunakan alih kode bahasa Inggris-Indonesia. Lebih lanjutnya, sikap berbahasa mereka itu merupakan sikap berbahasa yang positif. Hal itu diketahui dari hasil tabel data dari alat pengumpulan data yang diberikan kepada mahasiswa bahwa 50% positif, 33% antara positif dan negatif dan 17% negatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Chaer and Leonie Agustina, Sosiolinguistik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Alenezi, Abdullah A., “Students’ Language Attitude towards Using Code-switching as
A Medium of Instruction in The College of Health Sciences ; An Exploratory
Study”, ARECLS Vol 7, 2010
Ammon, Ulrich, et al., Sociolinguistics, Berlin: Walter de Guyter, 2005
Ariffin, Kamisah and Misyana Susanti Husin, “Code-switching and code-mixing
of English and Bahasa Malaysia in Content-Based Classrooms;
Frequency and Attitudes”, The Linguistic Journal Vol5, June, 2011
Ary, Donald, et.al., Introduction to Research in Education, USA: Wadsworth,
Ayeomoni, “Code-switching and Code-mixing; Style of Language Use in
Childhood in Yoruba Speech Community”, Nordic Journal of African
Studies Vol15, 2006
Bhatia, Tej K. and William C. Ritchie, The Handbook of Billingualism, United
Kingdom: Blackwell Publishing, 2006
Borlongan, Ariane Macalinga, “University Students’ Attitudes towards English-
Tagalog Code-Switching in Classroom Instruction”, TESOL Journal Vol
, December, 2012
Bullock, Barbara E. and Almeida Jacqueline Toribio, The Cambridge Handbook
of Linguistic Code-switching, Cambridge: Cambridge University Press,
Cantone, Katja F., Code Switching in Bilingual Children, Germany: Springer,
Chalak,Azizeh, “Motivation and Attitudes of Iranian Undergraduate EFL
Students towards Learning English”, GEMA online Vol 10, 2010
Cook, Vivian, Second Language Learning and Language Teaching, London:
Hodder Education, 2008
Creswell, John W.,Research Design-Qualitative Quantitative and Mixed Methods
Approaches, USA : Sage Publication, 2003
Gomez, G.N.N., “The Impact of Regional Differences on Elementary School
Teachers’ Attitudes towards Their Students’ Use of Code Switching in
South Texas School Distirct”, Profile Vol 14, April, 2012
Halliday, M.A.K., On language and Linguistics, London: Continuum, 2003
Halliday, M.A.K., The Language of Early Childhood, London: Continuum, 2003
Josiane F. Harmers and Michel H. A. Blanc, Bilinguality and Bilingualism,
Cambridge: Cambridge University Press, 2004
Liu, Meihua and Shan Zhao, “Current Attitudes on Mainland Chinese University
Students”, Academy Publisher Vol 2, September, 2011
McKay, Lee Sandra and Nancy H. Hornberger, Sociolinguistics and Language
Teaching, Cambridge : Cambridge University Press, 2009
McKay, Lee Sandra and Nancy H. Hornberger, Sociolinguistics and Language
Education, Bristol: Multilingual Matters, 2010
McKenzie, Robert M., The Social Psychology of English as a Global Language;
Attitudes, Awareness, and Identity in the Japanese Context, London:
Springer, 2010
Myers-Scotton, Carol, Multiple Voices; An Introduction to Bilingualism, United
Kingdom: Blackwell Publishing, 2006
Qahfarokhi, Sabzevar Amir, “The Impact of Task Difficulty and Language
Proficiency on Iranian EFL Learners’ Code Switching in Writing“,
Theory and Practice in Language StudiesVol 2, March, 2012
Richards, Jack C., and Schmidt Richard, Longman Dictionary of Language
Teaching and Applied Linguistics, London : Longman, 2002
Romaine, Suzanne, Bilingualism,United Kingdom: Blackwell Publishing, 1995
Schendl, Herbert and Laura Wright, Code-switching in Early English, Berlin:
Walter de Guyter, 2011
Spolsky, Bernard, Sociolinguistic, New York: Oxford University Press, 1998
Wardhaugh, Ronald, An Introduction to Sociolinguistics, United Kingdom:
Blackwell Publishing, 2006
DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v3i02.1208
Refbacks
- There are currently no refbacks.
English Education: English Journal for Teaching and Learning
Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online : 2579-4043
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia
Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022
Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id
View My Stats